Bau Mulut: Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Bau Mulut - Audy Dental Dokter Gigi di Jakarta

Penyebab Bau Mulut

Dear sahabat Audy, apakah kamu memiliki masalah dengan bau mulut? Sebenarnya apa ya penyebab dari bau mulut? Yuk disimak penjelasan Audy berikut ini!

Bau Mulut dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:

1. Gigi berlubang atau keropos
  2. Gigi bungsu dengan posisi yang miring sehingga memudahkan terselipnya makanan dan infeksi gusi. Makanan yang terselip menjadi sulit dibersihkan dan mengalami pembusukan oleh kuman di dalam mulut. Akibatnya timbul bau yang tidak sedap.
  3. Tidak rutin membersihkan karang gigi. Karang gigi selalu terbentuk di permukaan gigi. Oleh karena itu pembersihan karang gigi dianjurkan minimal 6 bulan sekali. Penumpukan karang gigi dan plak akan menginfeksi gusi dan menyebabkan gusi berdarah, gusi bengkak, dan muncul bau yang tidak sedap
  4. Penumpukan bakteri, jamur, atau sisa makanan yang menempel di permukaan lidah, umumnya menyebabkan dipermukaan lidah terlihat bercak kekuningan/putih
  5. Makanan seperti Petai, Bawang, Jengkol, durian
  6. Minuman beralkohol karena menyebabkan mulut kering
  7. Kurang baiknya pembersihan mulut pada pengguna kawat gigi
  8. Penyakit umum seperti diabetes, gangguan ginjal, pilek/flu, gangguan pencernaan, penyakit sinus
  9. Merokok

Tips Cara Mengatasi Bau Mulut

Berikut kami berikan tips cara menghilangkan bau mulut:

1. Menggosok gigi dengan teratur dan menyeluruh dari gigi, lidah sampai gusi minimal 2 kali dalam sehari yakni sebelum bangun tidur dan sesudah sarapan pagi.
  2. Bagi pemakai behel (kawat gigi), gunakan sikat gigi khusus orthodontic yang memiliki lekuk khusus untuk dapat masuk ke sela-sela kawat gigi
  3. Rutin membersihkan karang gigi minimal 6 bulan sekali, terutama bila gusi sering berdarah saat menyikat gigi
  4. Periksakan ke dokter gigi, apakah anda memiliki masalah gigi berlubang, keropos, radang gusi, atau gigi bungsu miring
  5. Menyikat lidah dengan menggunakan sikat lidah searah ke arah luar mulut