Tahu Nggak, Alasan Kamu Harus Memutihkan Gigi?

memutihkan gigi

Punya tampilan gigi yang putih mengkilap seperti porselen memang menjadi impian banyak orang. Umumnya, gigi putih mengkilap ini lebih sering terlihat di kalangan artis-artis saja. Kamu pasti masih sangat jarang menemukan orang sekitar yang memutihkan giginya.

Karena ini, banyak yang mengira memutihkan gigi merupakan aktivitas ‘elit’ dan ‘mewah’. Padahal, sebenarnya memutihkan gigi bisa dilakukan siapa saja (dengan mudah) dan nggak memakan biaya yang masif.

Selain itu, nggak hanya untuk sekadar gaya-gayaan saja, memutihkan gigi sebenarnya juga mempunyai banyak manfaat lainnya. Lima alasan ini bisa berikut bisa membuatmu terdorong untuk memutihkan gigi!

1. Bertambahnya umur

memutihkan gigi

Via – Andersonlawgroup

Bagian luar gigi dilapisi oleh lapisan email pelindung. Lapisan inilah yang membantu gigi tampak putih. Apakah kamu tahu kalau lapisan email ini menipis seiring bertambahnya umur? Semakin tipis lapisan ini, semakin mudah gigi kamu menguning atau bahkan menghitam!

Ketika lapisan email menipis, warna di bawah lapisan dentin akan mulai tampak. Selain itu, gigi juga akan memproduksi dentin lebih. Dentin merupakan lapisan bagian dalam gigi berwarna kuning yang mudah banget menyerap apapun yang berwarna kuning atau cokelat.

Karena dentin dan penipisan email yang mempengaruhi kekuningan gigi, maka disarankan untuk melakukan bleaching, biar gigi tampak lebih bersih alami.

2. Menghentikan kebiasaan buruk mulut

memutihkan gigi

Via – Yahoo

Penyebab menguningnya gigi nggak hanya karena bertambahnya usia saja, jenis makanan dan minuman yang kamu konsumsi pun mempengaruhi tingkat keputihan gigi.

Bagi kamu pecinta teh, kopi, wine, cola, alkohol, atau kunyit, kamu harus berhati-hati karena makanan dan minuman ini bisa membuat gigi kamu terlihat kuning. Bukannya sekadar kuning yang bisa hilang kalau kamu sikat gigi saja, ya.

Tapi gigi akan kuning secara permanen apabila kamu terus-terusan mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut tanpa mengambil tindakan pemulihan.

Nah, kamu nggak mau kan punya gigi yang terlihat kuning? Bayangkan, hanya karena mengkonsumsi makanan dan minuman saja gigi kamu bisa menguning apalagi kalau kamu mengisap bahan kimia pada rokok?

Nggak hanya menguning saja, gigi kamu malah akan terlihat hitam kalau kamu terus-terusan mengisap zat tar dan nikotin pada rokok.

Bagi kamu yang sedang dalam proses berhenti merokok, kamu harus mencoba memutihkan gigi kamu. Akan ada efek samping yang membuat kamu lebih sayang gigi dan enggan untuk kembali merokok.

3. Mengembalikan keputihan gigi yang kuning karena obat

memutihkan gigi

Via – esteticaa

Memang nggak semua penyebab kuningnya gigi adalah karena kesalahanmu, seperti contohnya merokok. Gigi kuning juga bisa disebabkan karena obat dan benturan keras.

Benturan keras yang mungkin terjadi ketika kamu masih berusia muda bisa menyebabkan formasi lapisan email terganggu. Karena inilah, gigi akan terus-terusan tampak kuning.

Selain benturan keras, obat-obatan pun bisa membuat gigimu terlihat kuning. Kalau sudah sakit memang mau nggak mau harus meminum obat. Tapi, nggak semua obat bereaksi baik terhadap keputihan gigi.

Bahkan, obat kumur yang mengandung bahan kimia klorida juga bisa menyebabkan gigi kuning, loh! Wah, jadi lebih pilih mana ya, gigi kuning atau nafas bau? Mending memilih memutihkan gigi lah!

4. Membantu meningkatkan karisma

memutihkan gigi

Via – Dentewest

Ini dia alasan dan tujuan utama banyak orang memutihkan gigi. Ya, untuk meningkatkan tingkat karisma dan kepercayaan diri! Memang nggak bisa dipungkiri kalau gigi yang terlihat putih bersih saat bicara atau tersenyum mampu membuka kesempatan baru.

Nggak percaya? Menurut sebuah studi, putihnya gigi mampu mempengaruhi persepsi orang tentang kualitas hidup kamu! Secara nggak sadar kamu bakal senyum lebih lebar, berbicara lebih pede, dan mengeluarkan aura positif ketika bertemu dengan orang lain.

Buktinya, studi tersebut bahkan menunjukkan kalau gigi putih sangat membantu proses wawancara kerja juga. Bukan magic, tapi karena gigi putih meningkatkan tingkat kepercayaan diri kamu dan ini saja sudah cukup untuk membuat kesan pertama yang oke.

5. Membersihkan gigi dari noda

memutihkan gigi

Via – Royalfashionist

Bagi kamu yang pernah menggunakan behel gigi, pasti kamu merasakan susahnya menggosok gigi. Apalagi pada beberapa minggu pertama. Biasanya, nggak jarang timbul kemalasan menggosok gigi yang membuat kesehatan gigi kamu semakin berkurang.

Akibatnya, noda-noda semakin melekat dan gigi semakin menguning.

Nah, selain sikat gigi teratur, solusi pasti yang bisa kamu lakukan adalah dengan memutihkan gigi. Dengan memiliki gigi yang sudah putih, kamu pasti akan melakukan perawatan gigi yang lebih untuk menghindari gigi kembali kuning!

Kebanyakan orang yang giginya ‘terlahir’ kembali berwarna putih akan merasa sayang jika menjadi kuning lagi. Sehingga dengan memutihkan gigi, mereka akan menjadi rajin gosok gigi dan flossing! Kamu akan lebih sadar terhadap kesehatan mulut kamu!

Nah, cukup dengan lima alasan di atas kamu bisa mengerti lebih dalam megnapa bleaching gigi itu sebenarnya lebih baik dilakukan.

Biasanya, jika sudah memiliki niat memutihkan gigi, masalah selanjutnya adalah bingung kemana mencari tempat bleaching yang terpercaya. Setuju banget kalau memutihkan gigi nggak bisa sembarangan dan lebih baik langsung dengan ahlinya? Nggak perlu khawatir, karena klinik gigi Audydental menyediakan servis bleaching gigi yang terjamin hasilnya! Buktinya:

memutihkan gigi

Contoh gigi yang melalui proses pemutihan dari sebelum dan sesudah; Via – Audydental

Percaya deh, setelah kamu memiliki gigi yang putih kinclong, kamu akan merasakan sendiri keuntungannya baik dari segi kesehatan mulut maupun segi sosial. Yuk, kembalikan warna putih merona gigi dari sekarang!

Baca juga Ini 5 Mitos Behel Gigi yang Banyak Dipercayai Orang-orang! Kamu Salah Satunya?

Baca juga Beberapa Cara Praktis untuk Memutihkan Gigi

Sumber gambar utama: Groupon

Share on:
Facebook Twitter Plusone Pinterest Email

All About Cara Memutihkan Gigi

klinik-veneer-gigi-di-jakarta

Berasa ngga pede dengan gigi kamu yang kusam atau kuning? Udah menyikat gigi sesering mungkin tapi gigi tetap terlihat gelap? Gimana sih caranya supaya gigi bisa lebih putih dan senyum bisa lebih cemerlang.  Kali ini Audy Dental ingin mengupas sedikit mengenai pemutihan gigi. Tapi terlebih dulu, kamu mesti tau apa saja penyebab warna kusam pada gigi, karena beda penyebab, beda juga cara memutihkannya.

Ada 2 penyebab kenapa gigi terlihat kusam, bisa akibat factor dari dalam atau luar gigi. Berikut detailnya:

1. Faktor Luar

Noda stain rokok, kopi, teh, cola, red wine, sisa lem behel atau makanan berwarna lainnya bisa menempel di permukaan gigi dan menimbulkan bercak warna coklat/hitam/kuning di permukaan gigi dan bikin gigi menjadi kusam.

2. Faktor Dalam

Faktor ini berasal dari dalam gigi. Bisa macam-macam penyebabnya seperti antibiotic tetrasiklin, kelebihan fluor, gigi yang udah mati akibat terbentur atau lubang/keropos, seperti gambar di bawah ini, dsb

contoh-gigi-antibiotik-veneer-di-jakarta

Ini Contoh gigi dengan stain tetrasiklin

Selain faktor di atas, individu yang satu dengan lainnya memiliki variasi warna dasar gigi yang berbeda-beda. Ada yang memang aslinya putih dan ada juga yang aslinya kuning.  Ini biasaya memang karena faktor genetik yang dimiliki dan faktor penambahan usia.

Lalu, gimana sih cara memutihkannya? Secara umum ada 3 cara agar gigi lebih putih tergantung penyebabnya:

1. Polishing

Polishing atau dipoles giginya dengan menggunakan alat khusus di dokter gigi. Cara ini efektif untuk menghilangkan noda/stain yang menempel di permukaan gigi seperti noda rokok, kopi, teh, cola, wine, dsb. Bila gigimu kusam karena faktor luar cara terbaik untuk mencerahkan gigi adalah dengan dipolish. Biasanya polishing dilakukan sepaket dengan pembersihan karang gigi.  Tapi bila warna dasar giginya memang kuning, setelah dipolish kamu bisa lanjutkan dengan proses bleaching.

noda-rokok-kopi-dengan-scaling-dan-polishing-di-jakarta

 Di sebelah kiri ini contoh pewarnaan luar, dan disebelah kanan sesudah dibersihin karangnya dan polishing

2. Bleaching

Bleaching adalah prosedur pemutihan gigi dengan menggunakan obat bleaching khusus. Ada 2 macam teknik bleaching, yakni bleaching internal dan bleaching eksternal

A. Bleaching dari Dalam (internal), digunakan untuk memutihkan gigi yang udah mati akibat terbentur atau berlubang. Bleaching hanya dilakukan di satu/dua gigi yang mati yang lebih gelap dibandingkan warna gigi sekitarnya. Caranya, setelah root canal treatment (perawatan saluran akar) selesai, gigi kemudian diberi obat pemutih yang dimasukkan ke dalam lubang gigi dan ditambal. Biasanya butuh beberapa kali visit agar warna gigi bisa sama dengan gigi sebelahnya baru kemudian gigi bisa ditambal permanen.

bleaching-gigi-hita-di-jakarta

Ini contoh foto gigi mati yang diputihkan dengan metode bleaching dari dalam

B. Bleaching dari Luar (eksternal), digunakan untuk memutihkan seluruh gigi depan atas dan bawah yang tujuannya mengubah warna dasar gigi yg kuning menjadi lebih putih dengan cara obat bleaching dioles dari permukaan luar gigi. Prosedurnya bisa  2 macam:

a.      Home bleaching

Gigi diputihkan dirumah saat malam hari selama kurang lebih 2 minggu. Prosedurnya biasanya gigi kamu dicetak dulu untuk dibuatkan tray (sendok bleaching) yang mirip invisalign dan kamu dibekali gel bleachingnya selama 2 minggu. Prosedurnya, setelah kamu menyikat  gigi malam, gel diletakkan di tray dan dipakai ke gigi selama tidur. Efeknya biasanya akan terlihat dalam 1 – 2 minggu pemakaian.

b.      In Office Bleaching (paling popular  saat ini)

Prosedur bleaching dilakukan di ruangan dokter gigi dan hanya membutuhkan sekali kunjungan dengan durasi kurang lebih 90 menit. Prosesnya pertama kali gusi kamu diberikan pelindung gusi, lalu gigi kamu dioles dengan gel bleaching kemudian disinar. Ada juga bahan bleaching yang ngga perlu penyinaran. Hasil putihnya biasanya akan langsung terlihat sesudah proses bleaching selesai. Biasanya gigi yang kuning bisa naik hingga 8 tingkat putihnya setelah dibleaching. Namun, respon antar individu bisa berbeda-beda. Pada kasus gigi gelap karena antibiotic tetrasiklin atau karena fluorosis bleaching biasanya tidak memberi respon putih yang maksimal setelah dibleaching. So, gigi tersebut akan lebih efektif diveneer atau dicrown. 🙂

cara-memutihkan-gigi-di-jakartaIni contoh gigi sebelum dan sesudah proses bleaching

klinik-pemutihan-gigi-di-jakarta (2)klinik-bleaching-gigi-di-jakarta

 

Dan Ini contoh kasus lainnya ^__^

3. Veneer

Veneer adalah prosedur melapisi permukaan gigi dengan bahan komposit atau porselen.  Biasanya veneer bisa dilakukan pada kasus-kasus dibawah ini:

  1. Gigi kuning yang ngga memberi respon positif terhadap bleaching seperti gigi fluorosis atau tetrasiklin stain,
  2. Bila gigi memerlukan perbaikan bentuk dan ukuran selain faktor warnanya yang kusam
  3. Memutihkan gigi yang sudah banyak tambalan di bagian depan. Ini dikarenakan bila dengan bleaching warna tambalan tidak berubah, sehingga hasilnya akan terlihat belang dengan warna gigi lainnya setelah dibleaching
  4. Atau bila kamu menginginkan keputihan gigi yang maksimal yang ngga bisa dicapai dengan prosedur bleaching

Ngga seperti bleaching yang responnya ga bisa diprediksi, dengan prosedur veneer, kamu bisa merequest hasil akhir warna gigi yang diinginkan (terutama bila mengunakan bahan porselen). Namun kekurangannya, umumnya veneer membutuhkan pengasahan permukaan depan gigi setebal 1,5 mm untuk tempat dipasangnya veneer agar gigi tidak terlihat lebih maju setelah dipasang veneer.

veneer-pada-pewarnaan-antibiotik-di-gigi-di-jakarta

Ini contoh veneer pada gigi dengan kasus stain gigi akibat antibiotik tetrasiklin

veneer-gigi-di-jakarta

Ini contoh lainnya, bentuk gigi juga bisa sekaligus diperbaiki dengan menggunakan veneer 🙂

So, bisa disimpulkan cara memutihkan gigi sangat tergantung dari penyebab gigi berwarna gelap dan ekspektasi kamu ingin seputih apa dan apakah ingin skaligus diperbaiki bentuk dan posisinya.

Untuk itu, sbaiknya konsultasikan dengan dokter gigi ahli estetis terdekat dari kamu untuk mendapatkan solusi terbaik masalah gigi kusammu  yaa…^__^

Untuk info lebih lanjut atau konsultasi mengenai pemutihan gigi bisa langsung comment di bawah ini atau hubungi customer service kami:

Lusinta (Call)                         : 021 717 944 28

Ulfi (Call)                                : 021 2912 4856

Endri (SMS/Whatsapp)         : 0812 8257 5375 

Line                                        : @audydental (pakai@) 

Juz info, di Audy Dental sedang ada promo diskon untuk bleaching gigi in-office dan Veneer Gigi lho 🙂

Baca juga artikel kami lainnya:

– Veneer Gigi: Mewujudkan Hollywood Smile secara Instan

– Berbagai jenis behel yang ada saat ini

– Berbagai jenis gigi palsu

– Cari tau kenapa sih gigi yang ompong harus diganti dengan gigi palsu?

– Salah satu alternatif gigi palsu permanen yang nyaman

Untuk Lihat Contoh- contoh hasil perawatan gigi di Audy Dental bisa lihat disini: Smile Gallery

 

Sumber:

–           http://sddentalgroup.com/en/services-mibaek.html

–          http://carrelsdental.com/photo-gallery/

–          http://www.alwaysaboutsmiles.com/wp-content/uploads/cosmetic-case-91.png

–          http://www.smilebright.net/ba/bleaching.jpg

–          http://www.drbrettkerr.com.au/news/adults-invisible-braces-and more

–          http://www.alwaysaboutsmiles.com/wp-content/uploads/cosmetic-case-91.png

Share on:
Facebook Twitter Plusone Pinterest Email