behel gigi 1

4 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Pasang Behel

Setelah proses pemasangan behel, pasti ada yang terasa berbeda di dalam mulut kamu. Mungkin ada rasa tidak nyaman karena kamu masih dalam tahap adaptasi dengan behel yang baru dipasang. Nah, simak tips di bawah ini untuk membantu kamu melewati hari-hari pertama setelah pemasangan behel.

1. Makan makanan yang lunak pada beberapa hari pertama

Sebaiknya konsumsi makanan lunak seperti bubur, puding, yoghurt, jelly, atau makanan penutup seperti cheesecake dan es krim yang bertekstur lembut untuk membantu adaptasi proses pengunyahan pada gigi-gigi kamu.

2. Kumur dengan air garam hangat

Air garam hangat berperan sebagai antiseptik alami dan dapat mengurangi gejala radang pada saat awal pemasangan behel.

3. Minum obat pereda nyeri

Pada saat behel dipasang, terjadi pergerakan gigi yang mungkin menimbulkan rasa sakit. Jika rasa sakitnya berlebihan hingga mengganggu aktivitasmu, kamu bisa minum obat pereda nyeri. Sebaiknya konsultasikan dulu hal ini dengan dokter gigi kamu, ya.

4. Pasang wax pada bagian yang terasa tajam

Jika terdapat ujung kawat atau bracket yang terasa tajam, kamu bisa menempelkan wax ortho untuk menutup bagian yang tajam.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja yang perlu dilakukan setelah pasang behel. Konsultasikan dengan tim dokter spesialis ortho di Audy Dental untuk perawatan behel kamu ya.

Baca juga artikel lain:

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Pasang Behel

Kapan Pemasangan Behel/Kawat Gigi Dimulai? 

Berbagai Jenis Behel yang Ada Saat Ini

Share :
Facebook Twitter Plusone Pinterest Email