Blog Detail

6 Cara Mencegah Gigi Berlubang pada Orang Dewasa

Gigi berlubang merupakan masalah kesehatan gigi yang paling umum terjadi, tidak jarang banyak yang menderita rasa sakit akibat lubang pada gigi. Kamu tentunya tidak ingin dong mengalaminya, lalu gimana sih cara mencegahnya?

1. Waspada jika mulutmu kering

Mulut kering bisa menjadi efek samping dari konsumsi obat atau gejala penyakit tertentu. Kondisi mulut yang kering bisa meningkatkan
resiko gigi berlubang.

2. Sikat gigi setidaknya 2 kali sehari dengan pasta gigi berflouride

Rutin menyikat gigi merupakan langkah pertama pencegahan gigi berlubang. Sikat gigimu di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur dengan menggunakan pasta gigi berflouride.

3. Gunakan benang floss setiap hari

Pada saat kamu menyikat gigi, ada bagian sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh bulu sikat gigi. So, kamu perlu rutin membersihkannya dengan menggunakan benang floss.

4. Aplikasi fluoride tambahan

Fluoride tambahan yang dioleskan ke permukaan gigimu berfungsi untuk menambah kekuatan gigi. Konsultasikan dengan dokter gigi kami untuk perawatan ini.

5. Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur yang mengandung serat yang bermanfaat untuk mencegah plak penyebab gigi berlubang menempel di permukaan gigimu.

6. Periksa gigi secara teratur setiap 6 bulan sekali

Dengan pemeriksaan rutin, kamu bisa tahu kondisi gigimu dan melakukan perawatan sedini mungkin.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan cara menjaga gigimu supaya bebas dari lubang. Jangan lupa kontrol rutin ke Audy Dental setahun dua kali ya!

Baca juga:

All About Cara Memutihkan Gigi 

Gigi Bungsu Miring? Perlukan Dioperasi? 

Share :
Facebook Twitter Plusone Pinterest Email