Blog Detail

Agar Gigi Kembali Putih, Ini 5 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Veneer Gigi

Hai, Sahabat Audy!

Sebagian besar orang pasti menginginkan tampilan gigi yang putih bersih agar mendukung penampilan serta membawa kesan positif dalam kehidupan sehari-hari. Tapi tentunya hal tersebut membutuhkan perawatan yang ekstra lho, Sahabat Audy.

Bagaimanapun, gigi kita akan terus bekerja normal seiring dengan aktivitas kita mengonsumsi makanan dan minuman. Zat-zat yang masuk dan diolah oleh mulut akan membuatnya terpapar pada permukaan gigi hingga mengakibatkan perubahan warna yang signifikan. Bila tak dibersihkan secara berkala, maka kondisinya akan lebih buruk dengan adanya bakteri dan plak yang bisa menggerus permukaan gigi hingga berlubang.

Nah, kebiasaan menggosok gigi minimal dua kali sehari itu sudah cukup bagus, tapi belum cukup untuk mengembalikan warna putih cerah dari gigi. Tentunya ada solusinya lho, salah satunya yaitu dengan melakukan veneer gigi. Nah, buat Sahabat Audy yang belum tahu pasti akan bertanya, apa itu veneer gigi? Berikut ulasannya, simak sampai tuntas ya!

Apa itu veneer gigi

Veneer adalah treatment untuk mewujudkan senyum putih cemerlang dengan cara melapisi gigi menggunakan material komposit atau porcelain. Hal ini bertujuan untuk mengganti tampilan permukaan gigi yang sebelumnya tidak putih/berwarna gelap sehingga menjadi putih kembali, dengan cara mengikir sedikit bagian permukaan gigi yang dipilih untuk nantinya lapisan buatan tersebut dapat ditempelkan secara permanen pada gigi.

Bahan yang digunakan untuk proses veneer gigi biasanya berupa bahan porselen, komposit, hingga keramik. Pemilihan dari bahan tersebut biasanya tergantung pada kasus pasien serta rekomendasi dokter gigi, namun untuk bahan porselen khususnya lebih populer karena lebih tahan lama dan memunculkan warna putih yang tidak mencolok dan senada dengan warna gigi asli.

Nah, untuk Sahabat Audy yang tertarik menggunakan veneer gigi, ada baiknya untuk mengetahui fungsi dari veneer gigi terlebih dahulu, diantaranya akan berguna untuk memperbaiki:

  • Gigi yang terkelupas atau patah
  • Gigi yang tidak asimetris atau besar sebelah
  • Gigi yang retak
  • Gigi yang tidak teratur
  • Gigi yang memiliki celah

Sebelum memasang veneer, tentunya Sahabat Audy harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter gigi untuk memastikan kasus dan rekomendasi yang akan dijalani. Rekomendasi lanjutan adalah tentang rencana perawatan yang meliputi pemilihan warna dan bentuk veneer yang cocok, kemudian melakukan foto gigi dan rontgen untuk memperkuat diagnosis dari kondisi gigi. Bila sudah sesuai, maka pemasangan veneer akan segera dilakukan.

Setelahnya, Sahabat Audy akan kembali diperiksa oleh dokter gigi untuk memastikan ukuran gigi yang harus dikikir untuk nantinya veneer akan ditempelkan ke permukaan gigi tersebut. Tentunya, tidak asal dikikir lho, Sahabat Audy. Dokter gigi akan memberikan kamu obat bius lokal agar dalam prosesnya tidak terasa sakit. Kemudian, gigi akan dicetak dan akan dikirim ke laboratorium untuk membuat lapisan veneer yang akan dipasang. Proses ini kurang lebih memerlukan waktu sekitar 2-4 minggu.

Veneer porcelain audy dental

Ketika lapisan veneer sudah jadi, Sahabat Audy akan menjalani proses pemasangan yang dimulai dengan membersihkan gigi secara menyeluruh, kemudian dokter gigi akan memeriksa ukuran, lapisan, serta warna dari veneer untuk ditempelkan pada gigi yang sudah dikikir sebelumnya. Untuk memperkuat hasilnya, akan dioleskan semen khusus untuk merekatkan veneer sekaligus diberikan sinar ultraviolet (UV) agar semen khusus tadi dapat mengeras dan tahan lebih lama.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, Sahabat Audy akan langsung bisa mengonsumsi makanan dan minuman seperti biasanya. Tentunya dengan keadaan gigi yang berbeda dan jauh lebih putih dong!

Nah, kalau Sahabat Audy tertarik dan berniat untuk memasang veneer gigi, maka bisa langsung datang ke klinik gigi Audy Dental pada cabang terdekat di kotamu. Tentunya, servis perawatan gigi seperti veneer dan lain sebagainya didukung oleh dokter yang profesional serta fasilitas yang modern dan canggih.

Tunggu apalagi, Sahabat Audy? Segera berkunjung ke klinik Audy Dental ya!

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.