Aman ke Dokter Gigi di Masa Pandemi

Rasa khawatir akan penyebaran virus Covid-19 memang tidak bisa dipungkiri. Sebab, banyaknya penderita membuat kita was-was. Oleh karena itu, kita perlu hati-hati jika ingin keluar rumah. Salah satunya saat harus ke dokter gigi.

Di tengah pandemi, menggunakan layanan konsultasi dokter gigi online memang disarankan. Tapi, kalau memang kamu tetap perlu ke dokter gigi usahakan memilih klinik dokter gigi yang menerapkan protokol kesehatan agar tetap aman dan steril.

Berikut beberapa protokol kesehatan yang bisa diterapkan pada fasilitas kesehatan untuk mencegah penularan virus Covid-19 diantaranya sebagai berikut:

1. Sirkulasi udara yang baik

Penggunaan air purifier di dalam ruangan terbukti bisa memperbaiki kualitas udara. Apabila sirkulasi udara baik, partikel aerosol yang ada di dalam ruangan perawatan bisa diminimalisir.

1. Penggunaan APD lengkap pada tenaga kesehatan

Dokter gigi dan perawat perlu menggunakan APD secara lengkap pada saat melakukan tindakan. APD yang digunakan adalah level tertinggi sebagai proteksi pada pasien dan tenaga medis. Selain itu, tenaga medis juga perlu memperhatikan urutan pemasangan hingga melepas APD dengan benar.

1. Desinfeksi ruangan setiap pergantian pasien

Sebelum menerima pasien, ruangan perlu didesinfeksi terlebih dulu. Terutama area yang tersentuh oleh tenaga medis maupun pasien. Pembersih ruangan dan manajemen limbah medis perlu jadi prioritas utama selama pandemi Covid-19.

1. Sterilisasi setiap alat dan instrumen yang sudah dipakai

Alat dan instrumen medis yang sudah dipakai perlu disterilisasi sesuai protokol kesehatan. Ini perlu dilakukan secara rutin agar alat yang digunakan selalu dalam keadaan steril dan siap digunakan.

1. Adanya fasilitas penunjang yang lengkap

Fasilitas penunjang yang lengkap seperti farmasi, rontgen gigi, dental x-ray dan dokter gigi spesialis siap melayani. Adanya kelengkapan fasilitas rumah sakit ini, memungkinkan pasien tidak perlu pindah ke banyak tempat untuk memenuhi perawatan giginya.

Sebetulnya, pergi ke dokter gigi di tengah pandemi tak perlu takut. Terpenting adalah dengan memperhatikan protokol kesehatan pada diri sendiri dan klinik yang dituju. Apabila Sahabat Audy ingin memeriksakan gigi, kamu bisa datang langsung ke klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu. Di Audy Dental, protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Covid-19 dilakukan dengan ketat sebagai bentuk prioritas kami terhadap keamanan dan kenyamanan pasien.