Blog Detail

Pasang Behel Bandung

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Behel?

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Behel

Susunan gigi yang tidak teratur tentu menganggu penampilan dan penggunaan mulut untuk mengunyah makanan. Gigi yang tidak teratur juga sangat rentan terkena penyakit gigi dan mulut seperti sariawan akibat luka saat mengonsumsi makanan dan berbagai kerusakan gigi akibat bekas makanan yang mudah sekali tersangkut pada sela-sela gigi yang tidak teratur.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, pemasangan behel bisa menjadi pilihan karena bermanfaat baik dalam membentuk susunan gigi yang lebih rapi. Untuk mendapatkan hasil perawatan yang maksimal, maka kamu harus mengikuti tahapan perawatan sebagai berikut:

1. Pemeriksaan Awal

Pada pemeriksaan awal ini kamu perlu berkonsultasi dengan dokter gigi yang akan merawat dan mendiskusikan hasil treatment yang diinginkan beserta rencana perawatannya. Dokter gigi akan memberikan surat pengantar untuk melakukan rontgen / xray untuk mengetahui kondisi gigi kamu. Pemeriksaan xray yang dilakukan minimal 2 pemeriksaan, yaitu xray cephalometri dan xray panoramic.

Pemeriksaan xray penting dilakukan untuk mengetahui apakah ada faktor penyulit yang bisa menghambat proses perawatan dengan behel gigi. Kegunaan lain dari xray ini adalah untuk mengetahui bentuk dan hubungan rahang. Selain itu dokter gigi akan membuat model gigi dari bahan cetak sebagai panduan untuk melakukan perawatan sekaligus informasi kondisi gigi awal.

Semua pemeriksaan awal ini bisa kamu lakukan di Audy Dental dengan fasilitas yang lengkap, harga yang terjangkau dan mutu yang terjamin.

2. Pemasangan Behel Gigi

Setelah dokter gigi mempelajari kasus yang dihadapi dan pasien sudah menyetujui rencana perawatan dan hasil yang ingin dicapai maka pemasangan behel gigi bisa dilakukan. Proses pemasangan memerlukan waktu sekitar 1-2 jam tergantung tingkat kesulitan. Terkadang pemasangan behel gigi dilakukan secara bertahap untuk membantu proses adaptasi pasien terhadap benda asing di dalam mulut.

3. Kontrol Rutin

Selama masa perawatan kamu diwajibkan untuk kontrol rutin dengan dokter gigi yang merawat. Frekuensi kontrol berbeda-beda tergantung dari jenis behel gigi yang digunakan. Pasien behel metal atau behel ceramic disarankan melakukan kontrol rutin setiap 3-4 minggu sekali, sedangkan untuk pasien behel damon bisa melakukan kontrol minimal 4-8 minggu sekali. Dalam kontrol rutin tersebut, dokter gigi akan melakukan pengecekan terhadap kondisi gigi kamu, melakukan penggantian karet pada behel metal ataupun behel ceramic, dan juga mengganti kawat sesuai dengan tahapan yang diperlukan.

Karet elastis yang lama tidak diganti akan menjadi tempat bersarangnya plak dan akan kehilangan daya elastisitasnya sehingga masa perawatan akan semakin lama. Lama masa perawatan tergantung dari kasus yang dihadapi dan komitmen dari pasien untuk melakukan kontrol rutin. Jika pasien mengikuti jadwal kontrol rutin, pada umumnya perawatan bisa selesai dalam waktu 18-36 bulan.

4. Paska Perawatan

Setelah hasil yang diinginkan tercapai maka dokter gigi akan melepas behel gigi kamu dan melakukan pembersihan menyeluruh. Setelah itu dokter gigi akan melakukan pencetakan kembali pada gigi kamu. Setelah masa perawatan selesai, kamu diwajibkan untuk menggunakan retainer untuk mencegah susunan gigi kembali ke bentuk semula ataurelapse. Masa penggunaan retainer biasanya 2 kali masa perawatan, tapi bisa berbeda tergantung dari keadaan gigi.

Oh iya, untuk memasang behel pastikan tempat yang kamu temui adalah dokter yang terpecaya ya. Karena penggunaan behel mempunyai resiko, baik jangka pendek maupun jangka panjang, maka pemasangan behel sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi yang memiliki kompetensi di bidang ortodonti.

Dokter gigi spesialis ortodonti atau biasa disebut orthodontis adalah dokter gigi yang mengambil program pendidikan dokter gigi spesialis ortodonti yang mempelajari lebih dalam mengenai ortodonti. Jadi orthodontis ini memiliki kewenangan untuk merawat gigi kamu menggunakan alat bantu yang disebut behel gigi atau kawat gigi. Seperti di Audy Dental, kamu bisa menemukan dokter gigi spesialis ortodonti yang bisa kamu percaya untuk pemasangan behel di Bandung dan pastinya lebih aman dan juga harganya terjangkau.

Bagaimana? Tertarik untuk memasang behel? Hubungi Audy Dental segera untuk informasi lebih lanjut ya.