Punya Gigi Sensitif, Bolehkah Memutihkan Gigi?

memutihkan gigi

Punya Gigi Sensitif, Bolehkah Memutihkan Gigi?

Dear sahabat Audy,

Penampilan gigi yang putih dan bersih dapat menunjang rasa percaya diri. Tak heran, banyak orang yang berlomba – lomba untuk memilikinya, termasuk mereka yang memiliki gigi sensitif. Salah satu cara yang mungkin dilakukan untuk itu adalah memutihkan gigi dengan menggunakan bahan pemutih gigi yang dijual bebas di pasaran. Selain murah, hasilnya juga cepat.

Sayang, medis tidak setuju dengan tindakan memutihkan gigi secara mandiri menggunakan bahan – bahan yang dijual bebas di pasaran. Ini karena tindakan tersebut berisiko tinggi menyebabkan efek merugikan, salah satunya adalah gigi sensitif.

Saat terjadi, gigi sensitif menyebabkan keluhan gigi terasa ngilu khususnya saat terpapar minuman atau makanan panas maupun dingin. Kondisi ini bisa sangat mengganggu aktivitas, bahkan menurunkan kualitas hidup orang yang mengalaminya.

Lantas, bagaimana jika seseorang yang sebelumnya sudah mengalami gigi sensitif namun ingin memutihkan gigi? Apakah tindakan ini mungkin untuk dilakukan?

Sebelumnya, kamu perlu tahu bahwa tindakan memutihkan gigi hanya dianjurkan untuk dilakukan di bawah pengawasan dokter gigi. Hal ini karena tindakan tersebut memiliki risiko, sehingga perlu banyak persiapan sebelum benar – benar diterapkan.

Pada tahap awal persiapan, kamu yang akan memutihkan gigi perlu melewati wawancara medis terkait kondisi rongga mulutmu. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah kamu mengalami gigi sensitif, punya tambalan gigi atau karang gigi, menderita gangguan sendi rahang, seriawan, tanda – tanda infeksi gigi atau alergi tertentu.

Setelah itu, dokter gigi mungkin akan mendiskusikan mengenai gaya hidup kamu, pola makan dan kondisi finansial. Ini karena semuanya diperlukan untuk menentukan jenis tindakan mana yang paling efektif dan efisien untuk pasien tersebut.

Bagaimana jika saat wawancara, dokter gigi mendapati kamu memiliki gigi sensitif atau masalah terkait rongga mulut lainnya? Apakah kamu tetap diperbolehkan untuk melakukan prosedur memutihkan gigi? Tentu saja. Namun sebelum prosedur dilakukan, kamu perlu melewati serangkaian perawatan untuk mengatasi masalah rongga mulutmu tersebut.

Dalam hal gigi sensitif, kamu perlu mengatasi rasa ngilu yang kerap muncul. Dokter biasanya akan menyarankan kamu untuk menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif dan pemberian fluoride selama 2 – 3 minggu sebelum tindakan pemutihan gigi. Atau, tindakan tersebut bisa dilakukan secara paralel saat prosedur pemutihan gigi berjalan.

Tak berhenti di situ, kamu juga mungkin akan disarankan untuk menggunakan bleaching tray yang diisi dengan gel yang mengandung sodium fluoride atau potassium nitrate 10 – 30 menit sebelum dan sesudah tindakan pemutihan gigi diterapkan. Dokter gigi juga mungkin akan menyarankan pasien untuk mengonsumsi obat anti radang non-steroid/nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) untuk meredakan rasa ngilu.

Menurut European Journal of Dentistry, pemberian vitamin gigi yang mengandung CPP-ACP (casein phosphopeptides – amorphous calcium phosphate) sebelum dan sesudah tindakan memutihkan gigi juga perlu diterapkan. Ini dilakukan untuk mencegah agar gigi tidak mengalami kerusakan lebih lanjut, sehingga tidak menyebabkan rasa ngilu setelah tindakan memutihkan gigi.

Nah, jadi, penderita gigi sensitif boleh saja memutihkan gigi. Selama dilakukan di bawah pengawasan dokter gigi yang ahli dan bersertifikasi, kamu tidak perlu khawatir akan segala efek samping yang mungkin terjadi. Hal penting yang perlu selalu diingat, baik penderita gigi sensitif maupun masyarakat pada umumnya, jangan sekali – kali melakukan prosedur memutihkan gigi secara mandiri. Selain berisiko tinggi, tindakan tersebut juga belum tentu memberikan hasil yang efektif mengingat bahan – bahan yang digunakan tidak pasti terjamin kualitasnya. Loyal Customer bisa mengunjungi klinik Audy Dental terdekat untuk mendapatkan perawatan pemutihan gigi di bawah pengawasan dokter gigi yang ahli dan bersertifikasi . Sehat selalu, Loyal Customer!

Baca juga:

Harga Pembersihan Karang Gigi

Harga Pasang Gigi Palsu