3 Macam Behel Berdasarkan Cara Pemasangannya

behel gigi 4

Dear sahabat Audy,

Kawat gigi, dalam istilah kerennya disebut behel atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan dental braces, memiliki fungsi utama untuk meratakan gigi. Pada era sekarang ini, orang – orang sudah mulai memikirkan penampilan fisiknya mulai dari yang terlihat sampai yang tak terlihat, dari ujung kaki sampai ujung rambut. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan penampilan paripurna yang tidak hanya membuat seseorang percaya diri namun juga bisa memberikan aura positif bagi orang – orang di sekitarnya.

Bagian dari tubuh manusia yang sering menjadi fokus dari perawatan adalah rambut, kulit, dan gigi. Gigi menempati posisi penting dalam tubuh manusia, selain sebagai organ pencernaan mekanik, gigi juga mampu mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh seseorang. Gigi bahkan disebut sebagai bunga senyuman karena mempengaruhi kualitas senyuman. Namun, gigi bisa menjadi bumerang bagi sebagian orang karena bentuk dan strukturnya yang tidak rata seperti yang diinginkan.

Ada dua penyebab utama ketidakteraturan pada gigi, yaitu penyebab langsung dan penyebab tidak langsung. Penyebab langsung meliputi gigi susu yang tanggal sebelum waktunya, gigi yang tidak tumbuh, gigi yang berlebih, tanggalnya gigi tetap, gigi susu tidak tanggal walaupun gigi tetap penggantinya telah tumbuh, bentuk gigi tetap tidak normal, dan kebiasaan buruk seperti bernafas lewat mulut, mengisap jari, dan proses penelanan yang salah. Sedangkan untuk faktor penyebab yang tidak langsung atas gigi yang tidak rata umumnya timbul karena faktor keturunan, faktor gangguan sewaktu masih janin, gangguan keseimbangan kelenjar endokrin, dan lain-lain.

Untuk kamu yang tidak memiliki gigi yang teratur, terdapat suatu metode perawatan gigi yang disebut dengan behel. Pada mulanya, pemasangan behel dilakukan untuk tujuan kesehatan yaitu untuk merapatkan gigi agar tidak terlalu renggang sehingga akan lebih mudah mengunyah makanan, mengembalikan bentuk rahang atas dan bawah yang tidak simetris, dan menata gigi yang berdesakan agar terlihat lebih rapi. Namun pada perkembangannya, banyak orang yang memasang behel untuk tujuan keindahan semata. Bahkan untuk kalangan ABG dan remaja, memasang behel dianggap sebagai suatu tren yang sangat keren untuk diikuti. Apa pun itu alasannya, pemasangan behel tidak boleh dilakukan secara sembarangan apalagi oleh orang yang bukan ahlinya. Jangan sampai hanya karena tergiur oleh biaya yang murah, kamu kemudian terburu – buru untuk melakukan prosedur ini.

Yuk, Loyal Customer, simak penjelasan kami berikut ini mengenai beberapa jenis behel berdasarkan cara pemasangannya!

1. Behel Gigi Permanen

behel gigi 4

Behel gigi jenis ini adalah suatu metode pemasangan behel pada gigi yang melekat pada waktu yang cukup lama untuk mendapatkan susunan gigi seperti yang diinginkan. Bahkan jangka waktunya bisa mencapai dua tahun lebih. Tentu perlu kesabaran lebih ketika kamu menerapkan behel gigi jenis ini.

2. Behel Gigi Lepasan

Behel gigi lepasan, seperti namanya, dapat dipasang dan dilepas sewaktu – waktu. Dibuat dari penampang plastik, behel gigi lepasan dicetak menyesuaikan bentuk gigi dan rahang pemakai. Behel ini dapat dilepas ketika kamu makan, menggosok gigi, ataupun aktivitas lain, lalu dipasangkan kembali ketika aktivitas tersebut telah selesai.

3. Retainer

behel gigi lepasan

Retainer adalah suatu behel gigi yang berbentuk kawat yang diaplikasikan pada akhir perawatan gigi. Penggunaan behel jenis ini mampu menstabilkan posisi gigi yang cenderung akan terus mengalami pergeseran seiring waktu. Sehingga pada intinya, retainer perlu secara teratur dilakukan.

Itulah macam behel gigi berdasarkan cara pemasangannya yang bisa menjadi informasi dan patokan bagi Loyal Customer. Kini Loyal Customer tidak perlu minder lagi karena memiliki gigi yang kurang rapi. Behel gigi hadir sebagai solusi nyata untukmu dalam merapikan struktur gigi. Namun, hal yang perlu dicatat adalah untuk memilih klinik yang terpercaya agar semua proses dilakukan secara profesional dan memberikan rasa aman, seperti yang dilakukan di Audy Dental. Sehat selalu, Sahabat Audy!

Baca juga:

Jalan Panjang Perawatan Kawat Gigi

5 Perbedaan Klinik Gigi Legal dan Ilegal