Awas, Jangan Salah Pilih Gigi Palsu!

pasang-gigi-palsu-di-jakarta

Awas, Jangan Salah Pilih Gigi Palsu!

Dear sahabat Audy,

Demi menjaga senyum yang indah, penggunaan gigi palsu sangatlah penting bagi seseorang yang kehilangan satu atau beberapa giginya. Oleh karena itu, pemilihan desain dan bahan gigi palsu yang tepat harus diperhatikan. Belum lagi, penggunaan gigi palsu yang tidak sesuai bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan gigi dan mulut.

Namun, untuk kamu yang berniat memakai gigi palsu, kamu juga harus berhati-hati. Kini di pinggir jalan telah banyak berjajar kios ahli gigi yang menawarkan jasa pembuatan gigi palsu secara instan dan dibanderol dengan harga murah. Pembuatannya pun lebih cepat dibandingkan membuat gigi palsu di dokter gigi. Namun apakah gigi palsu tersebut sudah sesuai standar kesehatan gigi?

dokter gigi anak

Untuk pembuatan gigi palsu tentunya diperlukan serangkaian pemeriksaan yang akan dilakukan oleh dokter gigi. Hal yang paling penting untuk diperhatikan sebelum pemasangan gigi palsu adalah gigi yang rusak atau yang akan digantikan dengan gigi palsu harus sudah dilakukan pencabutan.

Karena pada praktiknya, kesalahan yang sering dilakukan oleh ahli gigi adalah mengkikir gigi yang rusak sampai habis sebatas gusi, sehingga masih menyisakan akar gigi, kemudian langsung menutupnya dengan gigi palsu lepasan berbahan akrilik.

Cara tersebut sebenarnya tidak tepat, karena dapat menyebabkan sisa akar gigi menjadi infeksi, sehingga menimbulkan rasa sakit dan juga berbau busuk. Selain itu, bagian yang harus diperhatikan pada saat menentukan desain gigi palsu adalah memperhatikan gigi tetangga serta gusi di sekitarnya.

Jangan sampai gigi palsu yang digunakan justru merusak gigi tetangga dan gusi disekitarnya. Gigi palsu lepasan yang terlalu cekat mencengkeram gigi tetangga maupun gusi disekitarnya dapat menyebabkan kerusakan gusi pada gigi.

Jika dibiarkan, hal ini akan menyebabkan pengikisan di bagian leher gigi dan penurunan gusi. Adapun berbagai jenis gigi palsu yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, tapi yang terpenting konsultasikan terlebih dahulu bersama dokter gigi yang terpecaya lakukan pemasangan gigi palsu hanya di dokter gigi bersertifikat yang telah teruji kualitas dan keamanannya.

Baca juga:

Mengenal proses implan gigi dan prosedurnya

Mengenal Dokter Gigi dan Spesialisasinya