Mau Menambal Gigi? Kenali Berbagai Jenis Tambalan Gigi Ini

tambal gigi resin komposit

Hai, Sahabat Audy!

Kamu pasti merasa sebal kalau gigi kamu ternyata sudah berlubang. Selain rasanya nyeri dan bikin pusing kepala, kamu juga pasti merasa khawatir ketika kamu mengunyah makanan atau meminum minuman yang panas atau dingin. Duh, rasanya pasti sakit banget ya!

Ketika sudah mengetahui kondisi gigimu berlubang, maka langkah terbaik adalah dengan segera menambalnya, Sahabat Audy. Untuk memulainya, kamu pasti akan bertanya-tanya jenis tambalan apa yang tepat untukmu, juga tentunya sesuai dengan kondisi gigimu.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah jenis tambalan gigi yang bisa Sahabat Audy jadikan alternatif cara untuk mengobati gigi berlubang. Yuk, simak terus!

Amalgam

Salah satu bahan tambalan gigi adalah amalgam, yaitu sebuah logam yang terdiri dari berbagai senyawa aktif di alam seperti perak, timah, tembaga, hingga merkuri. Karena campurannya yang banyak mengandung logam, maka jenis tambalan ini dapat bertahan hingga sepuluh tahun.
Meski dapat bertahan lama, seperti yang kita ketahui bahwa di dalam amalgam mengandung zat merkuri yang merupakan zat berbahaya bila bereaksi di dalam mulut dan tubuh. Oleh karena itu, biasanya jenis tambalan ini tidak terlalu direkomendasikan oleh dokter gigi.

tambalan gigi amalgam
tambalan gigi amalgam

Emas Kuning

Pernahkah Sahabat Audy melihat beberapa orang tua yang memiliki gigi emas? Mungkin mereka pernah bercanda kalau memasang gigi emas itu adalah investasi. Tapi itu tidak sepenuhnya keliru lho Sahabat Audy, karena memang bahan emas adalah salah satu logam terbaik yang dimiliki bumi. Kandungan emas yang minim racun dan tidak korosif menjadikannya logam yang sering jadi alternatif untuk menambal gigi, apalagi umur tambalan emas paling tahan lama untuk digunakan, bisa sampai 15 tahun bahkan lebih.

Resin komposit

Tidak hanya logam, tambalan gigi juga bisa dilakukan dengan bahan resin. Ketika dijadikan bahan tambalan gigi maka ia akan dicampur menjadi resin komposit yang terdiri dari partikel plastik dan kaca halus.
Meski bukan yang terbaik, bahan resin komposit ini terbilang kuat dan memiliki kelebihan dapat menyatu dengan warna gigi yang asli. Untuk ketahanan, resin komposit memiliki jangka waktu kurang lebih selama lima tahun.

tambal gigi resin komposit

Glass ionomer cement (GIC / semen ionomer kaca)

Glass ionomer cement (GIC) atau semen ionomer kaca adalah jenis tambal gigi yang terbuat dari akrilik dan material kaca khusus. Bahan ini berwarna putih, tapi tidak bisa memberikan warna yang sama dengan gigi. Semen ionomer kaca paling sering digunakan untuk anak-anak, terutama untuk menutupi tambalan di bawah garis gusi. Keuntungan lainnya adalah semen ionomer kaca dapat melepaskan fluoride, sehingga bisa membantu melindungi gigi dari kerusakan lebih lanjut.

tambal gigi glass ionomer cement

Porselen

Satu lagi jenis tambalan yang populer adalah porselen. Seperti resin, porselen memiliki tampilan warna yang bentuk yang mirip dengan gigi asli. Selain itu, ia juga memiliki kekuatan yang bagus dan tahan terhadap tekanan gigi maupun abrasi. Meski begitu, pembuatannya memerlukan ketelitian yang tinggi dan rumit sehingga membutuhkan keahlian khusus.

pasang-gigi-porselen-di-jakarta

Nah Sahabat Audy, sekarang kamu sudah mengetahui apa saja jenis tambalan untuk mengobati gigi berlubang. Jangan ragu untuk segera bertemu dengan dokter gigi langgananmu ya! Kalau kamu belum memilikinya, maka akan sangat tepat bila memilih Audy Dental karena kamu akan mendapatkan servis terbaik yang sesuai dengan kondisi gigimu. Selain memiliki fasilitas lengkap, Audy Dental juga memiliki dokter yang pakar serta professional di bidangnya.

Yuk, datangi cabang Audy Dental terdekat di kotamu ya!