Ada Gejala Gigi Bungsu? Ini Cara Penanganan dan Biayanya

Hai, sahabat Audy!

Beberapa dari kita mungkin belum mengetahui apa itu gejala gigi bungsu, bahkan mungkin bisa terjadi mispersepsi karena mengira bahwa gejala ini muncul pada anak kecil karena terasosiasi oleh kata bungsu tadi. Sebenarnya, apa sih gejala gigi bungsu itu?

Gejala gigi bungsu adalah gigi geraham yang tumbuh terakhir, yang biasanya terjadi di akhir usia remaja pada usia 17 tahun hingga masa dewasa muda pada usia 25 tahun. Nah, kalau Sahabat Audy merasakan adanya rasa nyeri dan bengkak pada gusi bagian belakang, bisa jadi indikasinya disebabkan karena gejala gigi bungsu yang akan tumbuh.

Hal ini sering terjadi sebab tidak adanya ruang yang cukup untuk pertumbuhannya, dan akhirnya menekan di ruang tumbuh gigi yang sudah eksis sehingga akan terasa sangat menyakitkan. Lama kelamaan, rasa nyeri di gusi dan sekitar gigi akan mempengaruhi juga rasa sakit di daerah sekitar telinga.

Tidak cuma sakit loh Sahabat Audy, karena gejala gigi bungsu ini juga akan membuatnya rentan terkena masalah gigi berlubang karena sulit dijangkau ketika harus dibersihkan dengan sikat gigi. Selain itu, akan terjadi juga ketidakberaturan (impaksi) yang disebabkan karena gigi ini bisa tumbuh menyerong dan mendorong posisi gigi yang sudah eksis. Apabila tidak segera ditangani, maka terjadi hal yang lebih buruk seperti pembengkakan pada gusi (pericoronitis) dan terjadinya kista yang membentuk kantung berisi cairan di daerah tulang rahang.

Bagaimana cara penanganannya?

Sebelum mengalaminya, tentunya Sahabat Audy direkomendasikan untuk periksa rutin ke dokter atau klinik gigi minimal setiap 6 bulan sekali. Setelah mengetahui kondisi dan gejala dari gigi bungsu, dokter akan meminta untuk melakukan ronsen pada gigi untuk mengetahui letak dan bagaimana pertumbuhan gigi bungsu tersebut.

Bila dalam kondisi yang sudah dijumpai impaksi, maka dokter gigi akan mengirimkan rekomendasi lanjutan untuk diperiksa ke dokter spesialis bedah mulut untuk dilakukan evaluasi. Dokter spesialis bedah mulut nantinya akan menyarankan kamu untuk melakukan pencabutan (ekstraksi) tergantung pada kasus dan urgensi sebelum terjadinya permasalahan yang lebih pelik. Nah Sahabat Audy, tentunya mencabut gigi bungsu tidak semudah gigi lainnya karena letaknya memang berada di bagian paling belakang gigi, begitupula dengan arah pertumbuhan gigi yang menentukan lagi tingkat kesulitannya.

Untuk sebagian besar gigi bungsu sudah menyembul keluar di atas permukaan gusi, maka itu akan lebih mudah dicabut bila dibandingkan dengan yang masih sedikit menyembul atau justru tenggelam di dalam gusi. Bila sudah dalam kasus yang rumit, maka dokter bahkan bisa merekomendasikan untuk melakukan operasi gigi bungsu.

Berapa biaya operasi gigi bungsu?

Sahabat Audy mungkin bertanya-tanya, berapa sih biaya melakukan operasi gigi bungsu? Untuk berbagai kompleksitas kasus, range harga yang dipatok berkisar dari Rp2,5 juta – Rp 4 juta. Tentunya bisa jadi itu akan berbeda di masing-masing daerah begitupun dengan ketersediaan tenaga ahlinya.

Tapi Sahabat Audy tak usah khawatir, karena pemeriksaan maupun operasi gigi bungsu bila dilakukan di klinik gigi Audy Dental terdekat di kota kamu. Karena itu, segera konsultasikan permasalahan gigi kamu ke dokter spesialis gigi, juga dengan fasilitas terbaik yang dimiliki oleh Audy Dental.

Yuk, periksakan gigi segera!