Hati-hati, Jangan Asal Pasang Gigi Palsu di Sembarang Klinik

Halo, Sahabat Audy!

Pemasangan gigi palsu di tukang/ahli gigi yang bukan tenaga medis profesional masih sering jadi pilihan sebagian orang. Banyak yang tergiur dengan harga yang murah, tapi justru sangat berbahaya bagi kesehatan. Tanpa adanya ilmu dan ketrampilan yang kompeten, pemasangan gigi palsu yang asal-asalan bisa mengakibatkan masalah kesehatan. Mulai dari menyebabkan bau busuk di area rongga mulut hingga terganggunya kesehatan tubuh seperti jantung, ginjal, otak maupun hati.

Memang, perawatan gigi di tempat yang berlabel “tukang/ahli gigi” memiliki biaya terjangkau. Tapi cobalah pertimbangkan ulang tentang dampaknya. Pemasangan gigi palsu di sembarang klinik biasanya tidak menggunakan prosedur perawatan dan pertimbangan yang tepat. Oleh karena itu, biayanya akan lebih besar lagi jika timbul efek samping yang tidak diharapkan. Beberapa masalah yang bisa muncul jika pemasangan gigi palsu dilakukan secara sembarangan antara lain:

Resiko penyakit menular

Penggunaan peralatan yang tidak steril dan higienis tentu bisa membahayakan kesehatan gigi dan mulut. Adanya perpindahan bakteri atau kuman dari pasien satu ke yang lain bisa memicu timbulnya penularan infeksi. Apabila sudah parah, infeksi ini bisa menyebar ke bagian anggota tubuh yang lain. Selain itu, peralatan yang digunakan juga tidak sesuai standar perawatan gigi dan mulut oleh dokter gigi.

Muncul gangguan gigi dan tulang rahang

Jika ini terjadi tentu akan sangat beresiko bagi kesehatan dan mengganggu kenyamanan dan. Risiko yang bisa ditimbulkan salah satunya adalah infeksi gigi dan gusi hingga menyebabkan abses yang meluas, sariawan dan luka pada gusi, serta kerusakan gigi dan tulang rahang di sekitar gigi palsu.

Gigi memiliki bentuk yang tidak sesuai

Sebelum melakukan pemasangan gigi, biasanya Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia akan menganalisa setiap gigi yang ingin dibuatkan tiruannya. Keadaan gigi dan jaringan pendukungnya akan dipertimbangkan terlebih dulu. Tukang/ahli gigi yang tidak memiliki standar dan pengetahuan justru akan membuat gigi tidak sesuai dengan harapan.

Sebelum melakukan pemasangan gigi palsu, ada baiknya kamu melakukan konsultasi terlebih dulu pada Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia. Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia ini berfokus pada pembuatan gigi tiruan untuk mengganti gigi yang hilang, mengalami kerusakan ataupun patah. Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia bisa mengerjakan semua kasus gigi palsu, mulai dari yang sederhana hingga rumit. Beberapa kasus gigi palsu yang bisa ditangani seperti:

  1. Pemasangan implan gigi
  2. Gigi tiruan lengkap
  3. Gigi tiruan sebagian lepasan
  4. Gigi tiruan permanen
  5. Gigi tiruan dengan penyesuaian rahang maupun gigitan seperti pasien dengan bibir sumbing, cedera wajah, kanker rongga mulut

Apabila Sahabat Audy ingin melakukan pemasangan gigi palsu, kamu bisa datang langsung ke klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu. Kamu juga bisa menanyakan berapa perkiraan biaya perawatan gigi yang diperlukan untuk mengatasi masalah gigimu. Selanjutnya, sesuaikanlah dengan budget yang dimiliki. Di Audy Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh dokter gigi yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.

Yuk, segera berkunjung ke klinik Audy Dental sekarang!