Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memasang Behel

Halo, Sahabat Audy!

Punya gigi yang rapi tentu menjadi dambaan setiap orang. Sebab, bisa meningkatkan rasa percaya diri saat bersosialisasi dengan orang lain. Sayangnya, tidak semua orang bisa memiliki gigi yang indah. Untuk mewujudkan hal ini, ada sebagian orang memilih memasang behel atau kawat gigi agar lebih estetik.

Ketika ingin memasang behel, kamu tidak boleh asal pasang. Hal ini karena setiap orang memiliki kondisi gigi yang berbeda-beda. Pasanglah di klinik dokter gigi dengan tim Dokter Gigi Spesialis Orthodonti yang sudah terpercaya kualitasnya. Saat sudah melakukan pemasangan, kamu juga perlu secara rutin melakukan perawatan. Namun, sebelum memasang kawat gigi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya sebagai berikut!

  1. Foto Rontgen Panoramic

Sebelum memasang kawat gigi, biasanya dokter akan menyarankan untuk foto rontgen panoramic terlebih dulu. Tujuannya untuk melihat susunan gigi mulai dari akar dan kondisi tulang rahang. Melalui foto rontgen ini, dokter bisa mengambil keputusan gigi rencana perawatan gigi kamu, termasuk menentukan apakah ada gigi yang perlu dicabut ataupun tidak. Tujuan dari pencabutan ini bisa membantu gigi bergeser ke arah yang diinginkan selama proses perawatan.

  1. Membuat Cetakan

Ketika tahap foto rontgen sudah selesai, saatnya membuat cetakan gigi. Ini berfungsi untuk memudahkan visualisasi kondisi kamu di luar mulut dan bisa sebagai pembanding kondisi awal dengan kondisi akhir. Cetakan ini juga berguna untuk menyesuaikan pemasangan kawat pada gigi.

  1. Konsultasi pada Dokter Gigi Spesialis Orthodonti

Konsultasi merupakan hal yang penting sebelum melakukan pemasangan kawat gigi. Saat konsultasi, kamu bisa memutuskan kawat gigi seperti apa yang akan digunakan. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui rencana perawatan dan hasil yang diharapkan nantinya.

  1. Pahami Pantangannya

Ada beberapa pantangan yang harus kamu taati sebelum memutuskan memasang kawat gigi. Biasanya dokter akan menganjurkan kamu untuk tidak mengkonsumsi makanan yang lengket dan manis, minuman bersoda, minuman berenergi, atau makanan yang terlalu keras untuk mencegah kerusakan pada kawat gigi.

  1. Jangka waktu penggunaan

Perawatan menggunakan kawat gigi memang membutuhkan waktu yang lama. Supaya gigi rapi secara permanen, pemasangan kawat gigi memakan waktu minimal 1 tahun bahkan lebih. Kamu pun perlu bersabar dan selalu rutin cek ke dokter.

Apabila Sahabat Audy ingin melakukan pemasangan kawat gigi, kamu bisa datang langsung ke klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu. Di Audy Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh Dokter Gigi Spesialis Orthodonti yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.

Yuk, segera berkunjung ke klinik Audy Dental sekarang!