Tips Merawat Gigi Sensitif

Halo, Sahabat Audy!

Sensasi ngilu dari gigi sensitif memang bisa mengganggu kenyamanan. Bagaimana tidak? Meskipun nyerinya hanya sesaat tapi rasanya begitu tajam. Makanan dan minuman dingin atau panas, manis, hingga gesekan sikat gigi bisa menyebabkan terjadinya gigi sensitif.

Salah satu cara mengatasi gigi sensitif bisa dengan menyikat gigi secara tepat. Selain itu, memilih pasta gigi juga memiliki peranan penting untuk menyembuhkan gigi sensitif. Berikut beberapa cara menyikat gigi pada gigi sensitif!

  1. Pilih sikat gigi yang memiliki bulu lembut

Sikat gigi berbulu lembut bagus untuk mengurangi risiko terjadinya luka pada gusi yang menyebabkan gigi sensitif. Perhatikan kepala sikat yaitu tidak boleh terlalu besar. Sesuaikan dengan ukuran rongga mulut agar dapat menjangkau area yang sulit dibersihkan.

  1. Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride

Pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride bisa membuat lapisan enamel gigi lebih kuat. Fluoride ini akan melindungi gigi dari serangan asam yang dapat mengurangi risiko terjadinya karies pada gigi. Apabila karies sudah terjadi, bisa menimbulkan lubang pada gigi. Akibatnya muncul rasa ngilu.

  1. Sikat gigi secara teratur

Sikat gigi secara sebanyak dua kali sehari sangat penting. Sisa makanan dan plak gigi yang menempel bisa dibersihkan secara menyeluruh. Sebab, apabila plak gigi tidak bersih bisa menyebabkan terjadinya peradangan ataupun gusi berdarah.

  1. Perhatikan teknik menyikat gigi

Sikatlah gigi dengan teknik yang benar agar plak yang menumpuk pada gigi bisa dihilangkan. Hindari gerakan atas bawah yang bisa menyebabkan terdorongnya gusi atas semakin naik dan gusi bawah semakin turun. Sebab, ini bisa menyebabkan terjadi gigi sensitif.

  1. Rutin mengganti sikat gigi 3-4 sekali

Segera ganti sikat gigi yang baru apabila sudah rusak. Sebab, apabila tidak diganti, plak yang menempel pada gigi sulit dibersihkan bahkan bisa melukai gusi. Saat gusi terluka, kondisi gusi akan turun dan akar gigi terbuka sehingga menjadi lebih sensitif.

Apabila gigi sensitif yang kamu alami tidak kunjung reda, ada baiknya untuk segera memeriksakan gigi ke klinik terpercaya. Kamu bisa datang langsung ke klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu. Di Audy Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh dokter gigi yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.

Yuk, segera berkunjung ke klinik Audy Dental sekarang!