Odontektomi, Pencabutan Gigi Bungsu yang Miring

Halo, Sahabat Audy!

Pernah dengar istilah Odontektomi? Bagi yang belum tahu, odontektomi adalah operasi yang dilakukan untuk mengangkat gigi bungsu yang tidak tumbuh sempurna (impaksi). Odontektomi ini termasuk ke dalam jenis operasi kecil atau minor yang bisa dilakukan dengan bius (anestesi) lokal. Meski pada kasus yang lebih serius, bisa juga digunakan anestesi umum.

Sebelum odontektomi dilakukan, Dokter Gigi akan menganalisis foto rontgen untuk melihat posisi gigi bungsu dan anatomi di sekitarnya. Prosedurnya bisa dilakukan dalam satu kali kunjungan. Setelah disuntikkan obat anestesi lokal, akan dilakukan prosedur pembersihan kemudian dokter akan melakukan sayatan pada gusi dan pengambilan sebagain tulang rahang untuk mempermudah proses pencabutan gigi. Di akhir prosedur, luka akan dijahit untuk menghentikan pendarahan dan mempercepat penyembuhan.

Masalah impaksi bisa terjadi karena adanya gangguan pertumbuhan gigi geligi. Karena gigi bungsu tumbuh terakhir kali, maka sering kali tidak terdapat ruang sisi pada gusi sehingga membuat gigi bungsu tumbuh secara tidak sempurna. Pada kondisi ini, umumnya gigi geraham bungsu tumbuh pada posisi miring atau bahkan tumbuh dengan arah yang berbeda-beda. Bisa horizontal, menjauh dari gigi geraham kedua hingga tumbuh keluar maupun ke dalam.

Apabila impaksi gigi bungsu tidak segera diatasi, bisa merusak gigi lain yang berada di dekatnya. Kerusakan tulang rahang maupun saraf juga bisa terjadi. Efeknya akan sering mengalami sakit gigi maupun gusi bengkak.

Gejala impaksi gigi bungsu:

  1. Saat diraba gusi dan rahang bagian belakang terasa sakit.
  2. Gusi berwarna merah di bagian belakang, bengkak dan bernanah.
  3. Gusi yang bengkak membuat lidah tidak simetris.
  4. Sulit membuka mulut.
  5. Sakitnya terasa hingga ke kepala.

Impaksi merupakan masalah umum yang sering terjadi dan berpotensi menjadi sarang penyakit akibat sulitnya membersihkan dari sisa-sisa makanan yang kelamaan akan menimbulkan beberapa keluhan seperti di atas. Lalu, apakah odontektomi wajib dilakukan?

Bila kelainan gigi yang dialami sangat berat dan menimbulkan gangguan pada fungsi dan kegiatan sehari-hari, tentunya odontektomi wajib dilakukan.

Apabila Sahabat Audy ingin memeriksakan impaksi gigi bungsu, kamu bisa datang langsung ke klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu. Di Audy Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh dokter gigi yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.

Yuk, segera berkunjung ke klinik Audy Dental sekarang!