Manfaat Mencabut Gigi yang Rusak

Halo, Sahabat Audy!

Saat gigi mengalami kerusakan, rasa sakit sering timbul hingga mengganggu kenyamanan. Supaya sakit gigi tidak terjadi secara terus-menerus ada baiknya untuk segera dicabut. Apalagi kalau kerusakannya sudah sangat parah. Gigi yang tidak dicabut justru akan mengganggu kesehatan mulut bahkan menyebar ke seluruh tubuh.

Banyak yang beranggapan mencabut gigi adalah hal yang menyeramkan. Padahal tidak seperti yang dikira karena pencabutan gigi baru akan dilakukan setelah obat bius yang diberikan pada pasien sudah bekerja, sehingga rasa sakitnya dapat terminimalisasi. Apabila gigi sudah dicabut, dokter gigi akan memberi kapas atau kasa untuk menghentikan perdarahan. Tingkat kesulitan mencabut gigi bermacam-macam, estimasi waktu yang diperlukan pun bervariasi.

Walaupun tampaknya mengerikan bagi anak-anak hingga dewasa, mencabut gigi ternyata punya banyak manfaat lho! Apa saja?

  1. Mencegah terjadinya infeksi

Di dalam bagian gigi terdapat akar yang terdiri dari pembuluh darah dan saraf yang disebut pulpa. Apabila gigi mengalami kerusakan, bakteri akan lebih mudah masuk ke area tersebut hingga mengakibatkan terjadinya infeksi.

  1. Menyelesaikan masalah gigi

Kerusakan gigi yang dialami tentu menimbulkan rasa sakit secara terus-menerus. Misalnya seperti kasus lubang pada gigi, infeksi gusi hingga patah pada gigi. Aktivitas setiap hari pun tidak bisa berjalan dengan baik akibat sakit gigi. Bahkan bisa mengganggu tidur di malam hari. Jika sudah begitu, mencabut gigi jadi solusi yang tepat.

  1. Mencegah impaksi gigi bungsu

Biasanya gigi geraham baru tumbuh saat usia 20-30 tahun. Di usia ini tidak ada tempat untuk gigi geraham tumbuh dengan baik. Akibatnya, gigi bungsu tumbuh dengan mendorong gigi lain yang menimbulkan rasa sakit. Selain itu, gigi bungsu ini sulit dibersihkan. Akibatnya jadi tempat penumpukan bakteri yang memicu berkembangnya plak. Gangguan yang bisa terjadi di antaranya gingivitis, karies maupun abses. Ada baiknya untuk segera dicabut apabila gigi bungsu mulai muncul di tempat yang tidak semestinya untuk menghindari beberapa masalah tersebut.

  1. Mencegah sinus

Gangguan pada gigi ternyata bisa memicu timbulnya sinus. Pencabutan gigi yang bermasalah bisa menghindarkan kamu dari gangguan hidung tersumbat dan sinus.

Apabila gigimu mengalami masalah, segera lakukan pencabutan. Tidak perlu takut karena mencabut gigi merupakan prosedur sederhana. Prosesnya pun akan singkat dan umumnya pain less. Namun, jika kamu menunda akan sangat berisiko terjadinya infeksi maupun komplikasi hingga bisa menimbulkan masalah serius.

Cabutlah gigi di tempat yang terpercaya dan dilakukan oleh dokter gigi berpengalaman. Kamu bisa datang langsung ke klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu. Di Audy Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh dokter gigi yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.

Yuk, segera berkunjung ke klinik Audy Dental sekarang!