Memilih Gigi Palsu Lepasan yang Tepat

Halo, Sahabat Audy!

Saat ingin memasang gigi palsu, kamu tidak boleh asal pasang. Ada prosedur yang perlu dilakukan. Terpenting, pilih terlebih dulu gigi palsu seperti apa yang ingin kamu pasang, baik itu gigi palsu lepasan atau gigi permanen.

Apabila kamu ingin menghemat biaya, gigi palsu lepasan bisa jadi solusi yang tepat. Tak perlu mengeluarkan banyak biaya, kamu pun bisa mengatasi masalah gigi ompong. Gigi palsu lepasan ini bisa dibuat mirip dengan gigi asli.

Proses pemasangan gigi palsu biasanya membutuhkan waktu antara 2 hingga 3 minggu sebelum gigi tiruan ini dipasang di area rongga mulut. Berikut beberapa tahap yang perlu dilakukan sebelum memasang gigi tiruan lepasan!

  1. Rongga mulut akan diperiksa terlebih dulu oleh dokter gigi
  2. Adanya foto rontgen untuk mengecek posisi gigi dan tulang agar lebih detail
  3. Gigi perlu dicabut terlebih dulu apabila masih ada sisa akar
  4. Pencetakan gigi dilakukan apabila rahang sudah bersih
  5. Proses pembuatan gigi palsu sesuai cetakan gigi di laboratorium
  6. Tahap terakhir, pemasangan gigi palsu oleh dokter gigi

Adapun jenis gigi palsu lepasan sebagai berikut!

  1. Gigi palsu akrilik

Gigi palsu ini dipasang jika gigi yang hilang hanya sebagian. Bahannya terbuat dari akrilik yang disertai kawat. Fungsinya untuk menyambungkan gigi palsu dengan gigi asli yang masih ada di rahang. Merupakan jenis yang paling umum dan ekonomis.

  1. Gigi palsu berbahan lentur / fleksi

Gigi palsu berbahan lentur memiliki bentuk yang hampir sama dengan gigi palsu berbahan akrilik. Gigi palsu ini tidak membutuhkan kawat supaya bisa menempel di gusi. Jenis gigi palsu ini pun lebih tipis. Warnanya pun mudah disesuaikan. Secara estetis lebih baik jika dibanding dengan gigi palsu akrilik. Salah satu jenis yang sering digunakan adalah Valplast.

  1. Gigi palsu kerangka logam

Gigi palsu ini memiliki bagian gigi pengganti yang melekat pada dasar berwarna merah muda (menyerupai gusi) dan frame yang terbuat dari logam berkualitas tinggi. Merupakan jenis yang paling nyaman digunakan. Selain itu, frame bisa dibuat lebih tipis, kuat, dan tahan lama.

  1. Gigi palsu penuh

Gigi palsu jenis ini biasanya digunakan oleh lansia. Biasanya terbuat dari bahan akrilik dan dipasang jika seluruh gigi telah hilang.

Gigi palsu lepasan juga memiliki beberapa keunggulan, diantaranya seperti mudah dilepas pasang sendiri, lebih mudah dibersihkan, cocok untuk berbagai kasus kehilangan gigi. Pada awal menggunakan gigi palsu, mungkin ada rasa kurang nyaman seperti aneh dan mengganjal di mulut. Namun, seiring berjalannya waktu rasa ini akan hilang.

Apabila selama penggunaan gigi palsu terdapat masalah seperti gusi berdarah ataupun bau mulut yang berlebihan, ada baiknya untuk segera konsultasikan ke Dokter Gigi. Pemeriksaan rutin akan bermanfaat untuk mencegah timbulnya masalah tersebut.

Apabila Sahabat Audy ingin melakukan pemasangan gigi palsu lepasan, kamu bisa datang langsung ke klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu. Di Audy Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh Dokter Gigi Spesialis yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.

Yuk, segera berkunjung ke klinik Audy Dental sekarang!