Kebiasaan Buruk yang Bikin Karang Gigi Menumpuk

Halo, Sahabat Audy!

Menumpuknya karang gigi bisa mengganggu kesehatan gigi, lho! Efeknya muncul aroma tidak sedap pada gigi. Kalau sudah begini, rasa percaya diri pun akan menurun.

Munculnya karang gigi tidak memberikan tanda atau gejala bahkan keluhan. Sering kali karang gigi menumpuk tanpa disadari. Namun, apabila terus dibiarkan karang gigi bisa menyebabkan masalah kesehatan pada gusi dan gigi. Beberapa penyakit yang bisa muncul diantaranya seperti radang gusi, gigi goyang, hingga gigi tanggal.

Untuk mencegah masalah ini, rajin membersihkan gigi sangatlah penting. Selain itu, kamu juga  harus rutin memeriksakan kondisi kesehatan gigi ke dokter gigi. Saat karang gigi mulai menempel segera diatasi dengan prosedur scaling.

Proses Terbentuknya Karang Gigi

Lalu bagaimana sih karang gigi bisa muncul? Karang gigi terbentuk karena adanya penumpukan plak hingga terjadinya proses mineralisasi. Plak ini berbentuk lapisan tipis yang muncul dari sisa makanan dimulut. Saat plak tidak dibersihkan dalam 24-72 jam jadilah karang gigi. Semakin lama, karang gigi semakin keras dan sulit untuk dibersihkan.

Karang gigi bisa terbentuk karena beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut!

  1. Kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut.
  2. Tidak rutin menggosok gigi atau menggunakan dental floss.
  3. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol atau merokok.
  4. Kondisi mulut kering karena memiliki penyakit autoimun, efek samping obat-obatan maupun gangguan tiroid.
  5. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.
  6. Kurangnya mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah.

Jika tidak cepat dibersihkan, bakteri yang terdapat pada karang gigi bisa menyebabkan rusaknya gigi dan gusi.

Cara Mencegah Timbulnya Karang Gigi

Sebelum terlambat, sebaiknya cegah karang gigi berkembang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya karang gigi, diantaranya sebagai berikut!

  1. Sikat gigi secara teratur minimal dua kali sehari menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan berukuran kecil agar menjangkau area yang sempit.
  2. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mengendalikan karang gigi. Selain itu, kamu juga perlu menggunakan obat kumur antiseptik yang berguna untuk membunuh bakteri.
  3. Hindari makanan yang mengandung gula, tepung dan karbohidrat. Sebab, bisa menyebabkan merusak dan menyebabkan timbulnya karang gigi.
  4. Konsumsi banyak air putih untuk meminimalisir terbentuknya plak.
  5. Hindari rokok yang bisa menyebabkan timbulnya karang gigi.

Apabila karang gigi sudah terbentuk, sebaiknya segera bersihkan dengan datang langsung ke klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu. Di Audy Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh dokter gigi yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.

Yuk, segera berkunjung ke klinik Audy Dental sekarang!