Amankah Membeli Pemutih Gigi yang Dijual Bebas secara Online?

Halo, Sahabat Audy!

Gigi yang putih dan bersih tentu menjadi idaman banyak orang. Tapi jangan sampai asal pakai bahan pemutih gigi ya! Sebab, tidak semua pemutih gigi yang dijual secara bebas aman, lho. Lebih baik, pilih yang pasti-pasti saja sesuai rekomendasi dokter gigi.

Pemutih gigi biasanya memiliki kandungan peroksida (karbamid atau hidrogen peroksida). Pada umumnya, kadar aman yang digunakan untuk pemutih gigi yang bisa digunakan di rumah adalah 3-20% saja. Namun, jika kamu membeli pemutih gigi yang dijual secara online tanpa mengikuti instruksi penggunaan yang direkomendasikan dokter gigi, kadar bahan aktif ini bisa menjadi terlalu tinggi hingga merusak enamel gigi. Mengerikan, ya?

Gigi yang diputihkan secara berlebihan dengan dosis pemutih yang tinggi bisa membuat gigi jadi lebih sensitif dan rentan mengalami kerapuhan. Semakin sering dan lama terpapar bahan kimia yang terkandung pada pemutih gigi risikonya tentu semakin tinggi. Efek samping lain yang bisa dialami seperti iritasi dan sensasi terbakar pada gusi dan jaringan lunak di sekitar gigi.

Terlebih lagi, apabila prosedur pemutihan gigi di rumah tidak dilakukan dengan menggunakan tray yang pas dengan gigimu, hal ini bisa mengakibatkan iritasi gusi. Risiko lain bisa membuat gel tidak sengaja tertelan.

Jika kamu ingin memutihkan gigi, percayakan perawatan yang terbaik dengan dokter gigi. Bahan pemutih gigi yang digunakan akan dipilih sesuai dengan kadar yang aman dan disesuaikan dengan kondisi gigi saat ini.

Pantangan Pasca Pemutihan Gigi

Setelah melakukan pemutihan gigi, kamu harus menjaga gigimu secara baik dan benar. Hindari mengkonsumsi minuman bersoda, teh, kopi hingga minuman beralkohol. Kebiasaan merokok pun sangat perlu dihentikan sebab ini bisa membuat gigimu kembali menguning.

Selain itu, kamu juga perlu membiasakan gosok gigi sebanyak 2 kali sehari, yaitu saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Untuk hasil yang maksimal, gunakan pasta gigi dan obat kumur. Tentu saja tujuannya untuk mempertahankan warna gigi agar tidak kembali menguning. 

Apabila Sahabat Audy ingin memutihkan gigi, kamu bisa datang langsung ke klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu. Di Audy Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh dokter gigi yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.

Yuk, segera berkunjung ke klinik Audy Dental sekarang!