Macam-Macam Perawatan Gigi untuk Anak

Macam-Macam Perawatan Gigi untuk Anak

Halo, Sahabat Audy!

Bisa dibilang, mengajak anak ke dokter gigi itu susah-susah gampang. Tidak jarang, anak merasa ketakutan kalau diajak ke dokter gigi. Padahal ke dokter gigi tidak menyeramkan seperti yang mereka bayangkan. Apalagi sekarang sudah banyak klinik dokter gigi yang ramah anak dengan suasana klinik yang terasa menyenangkan. Jadi, si kecil tidak perlu takut lagi.

Salah satunya seperti Klinik Audy Dental yang ramah anak, dengan bagian khusus untuk anak yaitu Audy Kids. Audy Kids memiliki tim Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak. Tidak hanya itu, ruangannya pun didesain semenarik mungkin agar anak-anak merasa nyaman. Tidak ada lagi image menakutkan datang ke dokter gigi.

Klinik ini memiliki ruang tunggu dan ruang bermain yang seru sehingga anak tidak merasa bosan. Selain itu, ada juga pemberian rapor kesehatan gigi dan mulut yang diisi di setiap kunjungan anak, sehingga kesehatan gigi anak dapat terpantau. Beberapa pelayanan perawatan gigi yang bisa dilakukan di Audy Kids di antaranya sebagai berikut!

Pemeriksaan gigi secara rutin

Penting sekali membiasakan anak untuk memeriksakan giginya secara rutin sejak dini. Tentu saja agar masalah gigi dan mulut dapat segera ditangani. Jika tidak, kerusakan gigi yang terjadi akan semakin parah.

Edukasi kesehatan gigi

Tidak hanya mengatasi permasalahan gigi, di Audy Kids anak akan diajarkan cara menyikat gigi dengan benar. Selain itu mengajarkan anak menjaga kebersihan mulut, kebiasaan makan yang baik hingga pentingnya check up reguler.

Pembersihan secara rutin

Tujuan pembersihan secara rutin ini berguna untuk membersihkan plak dan noda yang menempel di permukaan gigi anak. Sebab, permukaan gigi yang bersih merupakan bagian kesehatan gigi dan mulut anak.

Aplikasi fluoride

Fluoride baik untuk anak-anak. Sebab, faktor risiko gigi berlubang pada anak tergolong tinggi. Oleh karena itu, pengaplikasian fluoride salah satu cara mencegah terjadinya gigi berlubang dan memberi kekuatan pada gigi.

Penambalan gigi anak

Sebelum lubang pada gigi anak semakin besar dan menimbulkan rasa sakit, penambalan bisa jadi solusi yang tepat. Penambalan yang dilakukan pun menggunakan bahan sewarna gigi.

Sealant untuk mencegah gigi berlubang

Untuk mencegah gigi berlubang, sealant bisa jadi solusi yang tepat. Gigi yang memiliki permukaan berkelok memiliki resiko gigi berlubang, pengaplikasian sealant pun perlu dilakukan.

Perawatan saluran akar dan mahkota gigi

Untuk mengatasi gigi berlubang, perawatan saluran akar dan mahkota gigi perlu dilakukan agar gigi tidak terinfeksi. Setelah melakukan perawatan saluran akar, dilanjutkan dengan restorasi mahkota gigi.

Ekstraksi

Pencabutan atau yang dikenal dengan istilah ekstraksi perlu dilakukan untuk mengatasi kerusakan gigi agar tidak semakin meluas. Cara ini untuk mencegah kerusakan gigi tidak menjalar ke jaringan sekitar gigi.

Space maintainer

Saat anak kehilangan gigi, rongga mulut anak perlu dirawat dengan space maintainer untuk menjaga ruang gigi yang hilang. Ini akan menjadi tempat tumbuhnya gigi pengganti.

Perawatan trauma

Kasus trauma seperti gigi patah karena jatuh, terbentur atau kecelakaan bisa diatasi dengan perawatan ini. Dokter gigi anak di Audy Kids akan segera membantu mengatasi masalah ini.

Perawatan ortodonti

Di Audy Kids juga ada perawatan ortodonti bagi anak. Susunan gigi yang rapi tentu akan meningkatkan rasa percaya diri.

Perawatan gigi pada anak berkebutuhan khusus

Anak dengan autism, ADHD, Down syndrome dan kondisi lain perlu penanganan khusus dari dokter gigi anak.  Di Audy Kids, tim dokter gigi anak siap membantu.

Jika anak mengalami permasalahan gigi, direkomendasikan segera periksa dan konsultasi pada Dokter Gigi Spesialis. Kamu bisa datang langsung ke klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu. Di Audy Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh dokter gigi yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.

Yuk, segera berkunjung ke klinik Audy Dental sekarang!