Serupa Tapi Tak Sama Veneer vs Crown Gigi

Serupa Tapi Tak Sama Veneer vs Crown Gigi

Halo, Sahabat Audy!

Hingga saat ini masih banyak orang yang bingung dan sulit membedakan antara veneer dan crown gigi. Keduanya memang memiliki kemiripan karena terbuat dari bahan yang sama yaitu porcelain. Kira-kira apa ya bedanya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini ya!

Veneer

Veneer gigi merupakan salah satu prosedur medis yang berguna untuk memperbaiki penampilan gigi. Veneer ini bisa menutupi kekurangan pada gigi mulai dari ukuran, warna maupun bentuk gigi yang tidak estetik.

Veneer gigi akan ditempel untuk menutup area depan gigi saja, sedangkan crown gigi menutupi semua bagian dari mahkota gigi. Selain itu, ketebalan veneer hanya sekitar 0,5 mm, sedangkan crown gigi membutuhkan ketebalan material yang lebih banyak yaitu sekitar 1-1,5 mm.

Beberapa kondisi gigi yang bisa diperbaiki dengan veneer gigi yaitu:

  1. Gigi rusak atau patah
  2. Adanya rongga antara gigi yang tidak sama
  3. Kondisi gigi yang kurang wajar
  4. Gigi runcing
  5. Ukuran gigi yang lebih kecil
  6. Warna gigi yang gelap

Crown Gigi

Dental crown atau crown gigi merupakan pemasangan selubung gigi yang rusak. Crown gigi ini bisa disebut dengan mahkota tiruan gigi yang fungsinya mengembalikan bentuk, ukuran, kekuatan hingga melindungi gigi dari kerusakan. Crown gigi dipasang dengan cara membungkus bagian gigi di bagian atas tepi gusi. Pemasangan dental crown ini juga bisa memperbaiki tampilan gigi agar lebih baik.

Berikut beberapa kondisi yang membutuhkan pemasangan crown gigi:

  1. Gigi yang rentan mengalami pembusukan
  2. Gigi yang retak dan perlu dipersatukan
  3. Gigi yang sudah rusak
  4. Menutupi gigi berlubang
  5. Menutupi gigi yang berubah warna hitam atau kuning
  6. Menutupi gigi yang diimplan

Apabila Sahabat Audy ingin melakukan pemasangan veneer atau crown gigi, ada baiknya untuk konsultasi terlebih dulu ke Dokter Gigi Spesialis yang berpengalaman dan terpercaya. Kamu bisa datang langsung ke AUDY Dental terdekat di kotamu. Di AUDY Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh Dokter Gigi Spesialis yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.

Yuk, segera berkunjung ke AUDY Dental sekarang!