10 Layanan Umum yang Ada di Klinik Gigi Surabaya

10 Layanan Umum yang Ada di Klinik Gigi Surabaya

Apa yang Sahabat AUDY harapkan saat berkunjung ke dokter gigi? Tentunya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan terkait gigi dan mulut. Namun, kebanyakan orang pergi ke dokter gigi saat mulai mengganggu, bukan ketika gejala yang muncul masih ringan.

Ingat, meski tanpa rasa sakit atau mengganggu, penyakit gigi dan mulut harus segera diselesaikan. Gejala yang ringan juga biasanya tak memerlukan biaya perawatan yang banyak.

Nah, penasaran apa saja layanan yang diberikan oleh klinik gigi termasuk klinik gigi Surabaya? Yuk, bahas infonya lebih lanjut!

Layanan Umum yang Ada di Klinik Gigi Surabaya

Berikut ini beberapa layanan umum yang ada di klinik gigi Surabaya:

1. Pemasangan behel gigi 

Tujuan pemasangan behel atau kawat gigi, yaitu memperbaiki susunan gigi yang tidak ideal. Perawatan behel ini biasanya dilakukan dalam jangka waktu 1-3 tahun bergantung dari ketekunan pasien dalam merawat kawat giginya. Jenis behel yang digunakan pun beragam yang disesuaikan dengan kebutuhan. Pemasangan behel gigi sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi spesialis yang ahli dan berpengalaman di bidangnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Pemasangan gigi palsu

Gigi palsu merupakan alat bantu untuk menggantikan gigi yang hilang dan jaringan gusi di sekelilingnya. Kehilangan gigi ini kerap diabaikan padahal dapat memengaruhi banyak hal seperti menurunnya fungsi mengunyah, berbicara, mengganggu penampilan, dan berpengaruh terhadap gigi lain yang masih tersisa.  

Terdapat 2 jenis gigi palsu, yaitu lepasan dan permanen. Hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Untuk gigi palsu lepasa terbagi lagi atas gigi palsu sebagai dan gigi palsu lengkap. 

Baca Juga: Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Pasang Gigi Palsu

3. Perawatan gigi anak

Perawatan gigi sejak masa anak-anak juga penting dilakukan ke klinik gigi, lho! Perawatan gigi mencakup pemeriksaan gigi secara rutin, edukasi kesehatan gigi, pembersihan gigi dengan mengaplikasikan fluoride, penambalan gigi anak, sealant untuk mencegah gigi berlubang, dan sebagainya. 

Perawatan gigi anak ini sebaiknya dilakukan minimal 6 bulan sekali. Harapannya, anak dapat membangun kebiasaan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut serta mencegah kerusakan.

Baca Juga: Jenis-jenis Perawatan Gigi Anak yang Perlu Dilakukan

4. Veneer gigi

Veneer merupakan lapisan tipis berbahan komposit atau porcelen yang dipasang pada permukaan gigi. Prosedur veneer dilakukan untuk memperbaiki bentuk gigi yang tidak proporsional serta mengamuflase noda di permukaan gigi.

5. Pemutihan gigi

Pemutihan gigi adalah prosedur untuk mencerahkan gigi dengan menghilangkan noda pada permukaan gigi. Terdapat 2 jenis prosedur, yaitu in office (dilakukan di klinik gigi) dan home bleaching (dilakukan sendiri di rumah). Pembeda dari keduanya terletak pada bahan yang digunakan dan efektivitas atau hasil yang akan didapat. Biasanya prosedur pemutihan gigi ini kerap banyak dipilih karena hasil yang didapat lebih instan, apabila dilakukan in office waktu yang dibutuhkan pun hanya 1 kali kunjungan dengan durasi 1-2 jam.

6. Menambal gigi

Menambal gigi merupakan layanan yang paling umum ada di klinik gigi Surabaya dan paling sering dibutuhkan. Prosedur ini dilakukan untuk memperbaiki gigi rusak atau berlubang. Metode penambalan dan bahan yang akan digunakan biasanya akan disesuaikan dengan kondisi gigi pasien.

7. Pembersihan gigi

Membersihkan gigi bukan hanya dilakukan sendiri di rumah, lho. Membersihkan gigi dari plak harus dilakukan oleh dokter gigi minimal enam bulan sekali. 

Bukan hanya plak, ada juga karang gigi yang lebih berbahaya. Karang gigi adalah penumpukan plak keras yang terbentuk pada gigi. Karang gigi ini terbentuk di bawah dan di atas garis gusi. Satu-satunya cara untuk menghilangkan kotoran ini adalah menemui dokter gigi untuk pembersihan gigi profesional. Membersihkan gigi secara teratur juga penting untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

8. Pencabutan gigi

Pencabutan gigi dilakukan di klinik gigi Surabaya dan sebaiknya jangan dilakukan sendiri. Pencabutan mungkin diperlukan jika gigi memiliki kondisi sangat rusak sehingga tidak dapat diperbaiki dengan restorasi gigi. Dalam beberapa kasus, dokter gigi mencabut gigi untuk mempersiapkan mulut pasien untuk perawatan ortodontik.

9. Perawatan Saluran Akar/Saraf Gigi 

Dahulu, gigi yang sakit seringkali harus dicabut. Saat ini, gigi yang rusak dapat diselamatkan melalui terapi saluran akar. Saluran akar adalah prosedur gigi yang digunakan untuk memperbaiki gigi yang terinfeksi atau rusak parah. Perawatan saluran akar biasanya dilakukan dengan beberapa kali kunjungan. Setelah prosedur ini selesai, barulah ke tahap akhir dengan penambalan.

10. Pemasangan dental crown

Dilansir dari WebMD, dental crown adalah prostesis gigi yang menggantikan bagian gigi yang terlihat. Dental crown ini berfungsi untuk memperkuat gigi, mengembalikan bentuk aslinya, dan memperbaiki penampilan. Mahkota gigi juga digunakan untuk menahan jembatan gigi pada tempatnya dan menutupi implan gigi.

Semua layanan di atas bisa dilakukan di klinik gigi AUDY Dental, lho! yang kini telah hadir di Surabaya. Percayakan tindakan di AUDY Dental yang merupakan klinik dokter gigi spesialis terbesar di Indonesia. AUDY Dental memiliki tim Dokter Gigi Spesialis terlengkap yang ahli dan berpengalaman di bidangnya.  

Sahabat AUDY bisa langsung berkunjung ke klinik gigi AUDY Dental untuk berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis terbaik, serta klinik gigi yang memiliki fasilitas terlengkap dan terpercaya dalam menangani kasus gigi.