8 Tips Sebelum Berkunjung ke Klinik Gigi Jakarta

8 Tips Sebelum Berkunjung ke Klinik Gigi Jakarta

Menjaga kesehatan gigi dan mulut penting dilakukan, salah satunya dengan pemeriksaan rutin dengan dokter gigi di klinik gigi Jakarta. Pasalnya menggosok gigi 2 kali sehari, membersihkan gigi dengan benang gigi, dan berkumur dengan obat kumur saja tidak cukup untuk mendukung kesehatan gigi dan mulut.

Sahabat AUDY disarankan untuk membersihkan gigi secara medis oleh dokter gigi. Prosedur pembersihan gigi harus dilakukan minimal enam bulan sekali. Pembersihan gigi diperlukan untuk menghilangkan penumpukan karang gigi dan membantu mencegah penyakit gusi.

Selain itu, berkunjung ke klinik gigi Jakarta dan melakukan pemeriksaan juga dapat mendiagnosis penyakit atau masalah gigi sejak awal sehingga perawatan atau pengobatan pun akan bisa cepat dilakukan.

Sayangnya, kebanyakan orang berkunjung ke dokter gigi tanpa persiapan. Banyak juga yang tidak menyampaikan keluhan dengan jelas sehingga dokter gigi melakukan perawatan kurang maksimal. Untuk itulah berikut ini adalah beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum berkunjung ke klinik gigi Jakarta. Yuk, simak ulasan lebih lengkapnya!

Tips Sebelum ke Klinik Gigi Jakarta

Melansir dari WebMD, Berikut adalah 7 tips sebelum berkunjung ke klinik gigi Jakarta:

1. Bersihkan gigi secara teratur

Membersihkan gigi secara berlebihan baik menggunakan sikat atau benang gigi tidak langsung menjadikan gigi sehat dan terbebas dari masalah, melainkan justru akan bisa melukai gigi atau gusi. Menjaga kebersihan gigi dengan menggosok gigi, menggunakan dental floss, dan mouthwash sebaiknya dilakukan dengan teratur sesuai anjuran pemakaian. 

2. Tulis pertanyaan dan keluhan

Banyak orang merasa takut atau cemas sebelum ke klinik gigi Jakarta. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dental anxiety. Gejalanya mirip dengan gangguan kecemasan pada umumnya, seperti gelisah, berkeringat, overthink, merasa kelelahan, sulit berkonsentrasi, dan sulit mengingat banyak hal.

Oleh karena itu, menulis keluhan yang selama ini dialami akan sangat membantu dokter gigi menemukan dan menyelesaikan masalah gigi dan mulut yang Sahabat AUDY alami.

3. Hindari konsumsi alkohol atau kopi sebelum ke dokter gigi

Alkohol merupakan bentuk anestesi yang dapat mengganggu prosedur medis. Alkohol dan kafein juga meningkatkan risiko mual dan muntah, serta mengubah cara tubuh bereaksi terhadap obat bius. Oleh karena itu, hindari konsumsi alkohol dan kopi sehari sebelum berkunjung ke klinik gigi Jakarta.

Apabila Sahabat AUDY merasa takut atau cemas sebelum ke dokter gigi, bicarakan dengan dokter sebelum janji temu agar dokter dapat melakukan berbagai hal untuk menenangkan Sahabat AUDY.

4. Beri tahu riwayat kesehatan 

Beri tahu apa pun riwayat penyakit, konsumsi obat, dan tindakan medis yang Sahabat AUDY alami meski tidak berhubungan dengan gigi. Jangan lupa juga beri tahu riwayat alergi, kondisi jantung, dan Sahabat AUDY sedang hamil atau tidak. Hal ini membantu dokter gigi melakukan berbagai tindakan medis dan pengobatan.

5. Gusi berdarah merupakan tanda untuk segera ke klinik gigi Jakarta

Tanda-tanda dini penyakit gigi dan mulut adalah gusi berdarah. Jika Sahabat AUDY mengalami gusi berdarah setelah menyikat gigi seminggu berturut-turut, sebaiknya segera buat janji temu dengan dokter gigi di klinik gigi Jakarta. Hal ini agar berbagai masalah gigi dapat segera ditangani sesuai dengan kondisi Sahabat AUDY.

6. Tetap berkunjung ke klinik gigi meski tidak sakit gigi

Dalam kebanyakan kasus, masalah gigi tidak menunjukkan gejala apa pun sampai kondisinya parah. Misalnya, kondisi fraktur garis rambut. Sahabat AUDY tidak akan merasakan apa-apa sampai fraktur tersebut terbelah. Jadi, jangan pernah melewatkan janji dengan dokter gigi secara rutin, yaitu 6 bulan sekali.

7. Datang lebih awal

Jika Sahabat AUDY pasien baru, tentunya membutuhkan waktu lebih lama karena harus mengisi formulir dan masalah administrasi lainnya. Untuk itu, sebaiknya datang lebih awal ke klinik gigi Jakarta agar perawatan dapat dilakukan tepat waktu.

Selain itu, datang lebih awal akan membuatmu lebih mudah beradaptasi sehingga kecemasan semakin berkurang.

8. Lepaskan segala perhiasan mulut

Sebelum Sahabat AUDY menemui dokter gigi, harap lepaskan cincin lidah atau tindikan di mulut. Perhiasan mulut sangat tidak didukung oleh dokter gigi karena dapat menimbulkan masalah pada gigi. Perhiasan mulut juga akan menghalangi berbagai alat yang membantu mengatasi masalah mulut. Oleh karena itu, pastikan untuk melepas semua tindikan sebelum janji dengan dokter gigi.

Nah, sekarang Sahabat AUDY sudah tahu kan apa saja yang harus disiapkan sebelum ke klinik gigi Jakarta. Sekarang saatnya pilih klinik gigi Jakarta yang terbaik dalam hal kualitas dan layanannya, ya!. Sahabat AUDY dapat datang ke klinik AUDY Dental terdekat untuk mendapatkan berbagai layanan dari dokter gigi spesialis ahli dan berpengalaman di bidangnya, serta serta ditunjang oleh fasilitas yang terbaik.

Yuk, tunggu kapan lagi? Buat janji sekarang di sini.

 

Baca Juga:

Perhatikan Praktik Dokter Gigi Terdekatmu, Pastikan 5 Hal Ini Ya!

Alasan Kamu Harus Ke Dokter Gigi Setiap 6 Bulan Sekali