Kenali Mitos Pasang Gigi Palsu Implan yang Beredar

Kenali Mitos Pasang Gigi Palsu Implan yang Beredar

Kerusakan gigi akibat tanggal, berlubang, atau trauma tidak jarang mengakibatkan gigi kita harus dicabut. Sayangnya kita terkadang masih bingung untuk memutuskan apakah akan menggunakan gigi palsu atau membiarkannya begitu saja. Hal ini tidak lepas dari berbagai mitos yang menyertai ketika pasang gigi palsu implan ataupun lepasan. Maka dari itu, kita akan bahas lengkap tentang hal tersebut di bawah ini. 

Kenali Perbedaan Gigi Palsu Implan dan Lepasan

Saat ini setidaknya kita mengenal ada dua macam gigi palsu. Yaitu, gigi palsu non permanen atau lepasan, dan gigi palsu permanen yang salah satu jenisnya kita kenal juga dengan gigi palsu implan. Untuk perbedaan keduanya tentu saja gigi palsu permanen tidak bisa dilepas dan dirancang untuk dapat bertahan lama. 

Untuk mendapatkan layanan keduanya, Sahabat AUDY bisa berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis, terutama Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia. Prosthodontist sendiri merupakan cabang spesialisasi dari seorang dokter gigi yang berfokus pada berbagai permasalahan pembuatan gigi palsu atau tiruan. Dengan berkonsultasi pada ahlinya, tentunya kamu tidak perlu khawatir gigi tiruan yang akan dipasang akan bermasalah nantinya. 

Dalam biaya dan waktu perawatan, tentu saja gigi palsu lepasan jauh lebih mudah diakses dan biayanya lebih murah. Sementara untuk pasang gigi palsu implan membutuhkan prosedur yang cukup panjang dan rumit. Mulai dari pemeriksaaan, hingga tindakan operasi pemasangan penyangga dan mahkota gigi yang bisa memakan waktu satu hingga dua bulan.  

Baca juga: Serba-Serbi Pasang Gigi Palsu Permanen: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui

Mitos Pasang Gigi Palsu Implan

Memasang gigi palsu implan sebenarnya memiliki banyak manfaat, namun tidak sedikit yang masih mempercayai beberapa mitos di bawah ini seperti dilansir dari Pusatimplangigi.com

Pasang gigi palsu jadi gampang sakit

Sudah menjadi anggapan umum ketika pasang gigi palsu dianggap menurunkan imunitas tubuh. Padahal ini reaksi seperti demam dan radang tentu saja merupakan hal yang wajar di awal-awal pemasangan gigi palsu implan. Lantaran gigi palsu tersebut dianggap benda asing dan tubuh tentu perlu melakukan adaptasi. 

Namun, sebenarnya hal ini tidak perlu dikhawatirkan lantaran hal tersebut hanya terjadi pada awal-awal pemasangan saja. Tentu dokter pasti akan meresepkan obat yang diperlukan untuk menangani reaksi tersebut. 

Pasang gigi palsu implan membuat bau mulut tidak sedap

Hal berikutnya yang membuat orang enggan memasang gigi palsu adalah mitos bau tidak sedap selepas memasang gigi palsu. Padahal hal yang satu ini tergantung kepada bagaimana kita menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut. Lantaran bau tidak sedap ini muncul dari sisa-sisa makanan yang berubah menjadi plak dan kemudian menempel pada sela-sela atau sisi gigi. 

Implan gigi buat badan langsing

Kalau yang satu ini memang bisa dipastikan tidak ada kaitannya, ya Sahabat AUDY. Padahal dengan adanya gigi palsu yang dipasang tentunya meningkatkan kenyamanan kita saat mengunyah makanan dan tentunya membuat kita makan semakin lahap. Kecuali kalau merasakan tidak nyaman ketika mengunyah ya, jika karena itu Sahabat AUDY jadi malas makan segera konsultasikan ke dokter gigi spesialis yang menangani.  

Dapat merusak gusi dan tulang

Tidak sedikit juga yang percaya bahwa pasang gigi palsu implan justru merusak gigi dan tulang. Hal itu tentu tak terlepas dari bayangan bahwa gigi implan berbentuk seperti sekrup yang kemudian ditanam di rahang kita. Untuk itu, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Karena bahan dan bentuk dari gigi implan sudah dirancang sedemikian rupa untuk tidak merusak gusi dan tulang rahang. 

Selain itu bahan dari gigi implan yaitu titanium, dijamin menjadi bahan yang paling sedikit efek sampingnya pada tubuh. Sahabat AUDY hanya perlu memastikan pemasangan gigi palsu dilakukan oleh dokter gigi spesialis yang ahli dan berpengalaman.

Pasang gigi palsu implan bisa dilakukan di semua dokter gigi

Hal yang satu ini sepertinya lumayan menjadi anggapan umum di masyarakat. Padahal untuk melakukan pemasangan gigi implan membutuhkan proses dan prosedur yang cukup rumit. Hal itu tentunya harus ditangani oleh orang yang tepat, yaitu Dokter Gigi Spesialis. 

Tidak tanggung-tanggung, bahkan untuk pemasangan implan gigi memerlukan kolaborasi dari tiga spesialis gigi sekaligus, yaitu Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut, Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia dan Dokter Gigi Spesialis Periodonsia. Namun Sahabat AUDY tidak perlu khawatir karena di AUDY Dental Clinic tersedia berbagai dokter gigi spesialis yang berpengalaman untuk pemasangan implan gigi.  

Baca juga: Mengenal Prosthodonti, Dokter Spesialis Untuk Memasang Gigi Palsu

Biaya pasang gigi palsu implan

Ada banyak klinik gigi hingga rumah sakit yang menawarkan harga menarik untuk pasang gigi palsu implan. Di AUDY Dental Clinic sendiri biayanya bervariasi bergantung dari jenis gigi palsu dan berbagai layanan lainnya yang dibutuhkan.

Itulah tadi berbagai mitos yang menyertai pasang gigi palsu implan yang ada di masyarakat. Percayakan pasang gigi palsu implan di AUDY Dental Clinic dengan Dokter Gigi Spesialis terpercaya. Segera buat janji dengan klik tautan appointment di bagian atas halaman ini.

AUDY Dental juga menyediakan berbagai pilihan pembayaran yang dapat memudahkan Sahabat AUDY seperti fasilitas asuransi, cicilan, kredivo dan masih banyak lagi yang lainnya. Manfaatkan juga berbagai promo yang sedang berlangsung dengan klik Promo di atas!