3 Alasan Tak Perlu Takut Implan Gigi Geraham!

Kehilangan gigi geraham baik itu karena tanggal ataupun dicabut tentunya menimbulkan rasa tidak enak ya. Untuk makan makanan yang keras rasanya jadi lebih sulit hingga bahkan menurunkan nafsu makan. Kadangkala terpikir untuk melakukan Implan Gigi, namun masih ada rasa takut yang membuat terus menunda-nunda sampai sekarang. Bagi Sahabat AUDY yang masih ragu untuk melakukan treatment implan gigi, beberapa hal ini mungkin bisa membuatmu semakin yakin untuk memilih implan gigi. 

Rasa takut yang dialami ketika membayangkan pemasangan gigi palsu permanen, sebenarnya hal yang wajar. Membayangkan ketika ada sebuah benda asing yang dipasang seperti sekrup di dalam tulang rahang kita tentunya bukan hal yang mudah. Belum lagi terbayang dengan berbagai resikonya yang biasanya didengar dari mulut-ke mulut.

Hal-hal tersebut kemudian membuat kita kemudian memilih untuk pasang gigi palsu sementara. Padahal, memasang gigi palsu permanen memiliki banyak keunggulan dibandingkan non permanen. Salah satunya adalah bahan yang lebih tahan lama, serta pengunyahan dan perawatan yang lebih mudah.

Proses Implan Gigi Permanen oleh Dokter Gigi Spesialis 

Untuk yang belum tahu, memang ada beberapa syarat untuk pemasangan implan gigi, yang pertama adalah kesehatan rongga mulut. Hal ini tentunya dapat diketahui dari pemeriksaan gigi baik itu melalui penglihatan visual ataupun ronsen gigi. Berikutnya tentu usia dan riwayat kesehatan pasien. Dimana anak-anak dan pasien diabetes tidak dapat melakukan pemasangan implan gigi. 

Secara garis besar, sebenarnya proses pemasangan implan gigi sangatlah mudah dipahami. Yang akan kami bagi menjadi beberapa poin di bawah ini.

  • Pencabutan gigi atau sisa akar gigi
  • Pemasangan implan pada tulang rahang
  • Pemasangan Abutment atau penghubung antara implan gigi dan mahkota gigi
  • Pemasangan mahkota gigi yang telah dicetak sebelumnya.

Semua tindakan operasi di atas tentunya dilakukan dengan bius (anestesi) lokal. Sehingga pasien tidak akan merasakan sakit ketika dilakukan tindakan tersebut. Jadi sebenarnya proses untuk implan termasuk yang cepat walaupun harus menjalani operasi kecil.

Baca juga: Mengenal Proses Implan Gigi dan Prosedurnya

Alasan Tidak Perlu Takut pasang Implan Gigi Geraham 

Setelah mengetahui syarat dan proses dari implan gigi tersebut, apakah masih belum yakin untuk melakukannya? Untuk Sahabat AUDY yang belum yakin, beberapa poin ini bisa membuat rasa takutmu hilang ya!

Rasa Sakit dan Efek Samping Minimal

Seperti telah disebutkan di atas, semua tindakan operasi yang dilakukan tentu menggunakan anastesi lokal. Jadi tidak perlu khawatir akan merasakan rasa sakit yang hebat ketika rongga mulut dipersiapkan untuk implan gigi. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan pada saat ini sudah sangat aman sehingga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Jadi tidak perlu khawatir lagi tentang alergi, infeksi dan lain sebagainya

Tingkat Keberhasilan Tinggi 

Dilansir dari sumber, tingkat keberhasilan untuk sebuah operasi implan gigi memiliki tingkat keberhasilan hingga 90-95% dalam 10 tahun terakhir. Dan tergantung dari cara kita merawatnya, sebuah gigi implan dapat bertahan hingga lebih dari 20 tahun lamanya. Jadi tidak perlu khawatir tentang tingkat keberhasilannya, apalagi kalau memilih untuk melakukannya di Klinik Dokter Spesialis Gigi. 

Biaya yang Dikeluarkan Sesuai dengan Hasil

Terakhir, tentunya kita berbicara tentang biaya yang mana untuk pemasangan implan gigi geraham masih cukup mahal untuk beberapa kalangan. Maka dari itu kita harus bisa memilih rumah sakit ataupun klinik gigi tempat yang tepat agar hasil yang didapatkan sesuai dengan ekspektasi. Pada intinya, selalu pilih layanan kesehatan yang memiliki dokter gigi spesialis implan gigi yang sudah ahli di bidangnya. 

Baca juga: Frequently Asked Questions (FAQ): Implan Gigi

Implan Gigi Geraham di Klinik Dokter Spesialis Gigi Terbesar

Layanan untuk Implan gigi sebenarnya dapat dilakukan di rumah sakit atau klinik mana pun yang memiliki layanan dokter gigi spesialis bedah mulut, spesialis prostodonsia, atau spesialis periodonsia. Untuk Sahabat AUDY yang tidak mau repot, cukup kunjungi cabang AUDY Dental Clinic terdekat di kotamu ya!

Dengan lebih dari 22 cabang yang tersebar di Jabodetabek, dokter spesialis berpengalaman di AUDY Dental Clinic siap untuk memberikan layanan implan gigi geraham untuk Sahabat AUDY. Di AUDY Dental Clinic juga memiliki berbagai alat untuk pemeriksaan dan tindakan yang lengkap.

Soal harga, klinik ini juga menyediakan berbagai layanan pembayaran, seperti cicilan tanpa kartu kredit, cicilan melalui Blibli dan bank favorit Sahabat AUDY, serta tentu saja asuransi. Untuk mengetahui pricelist gigi tiruan lebih lengkap, klik di sini yaa! 

Jadi jangan takut lagi, ya untuk implan gigi geraham dan segera melakukan perjanjian dengan dokter gigi spesialis AUDY.