Kriteria Dokter Gigi Semarang yang Recommended dan Cara Mencarinya!

AUDY Dental Clinic

Menemukan Dokter Gigi terbaik untuk perawatan gigi dan mulut kita menjadi hal yang penting dalam menjaga kesehatan rongga mulut secara keseluruhan. Ada beberapa cara yang perlu diketahui bagaimana menemukan dokter yang tepat, khususnya untuk Sahabat AUDY yang berada di Semarang. Berikut tips mencari Dokter Gigi Semarang yang bagus serta rekomendasinya. 

Jumlah Dokter Gigi di Semarang Cukup Terbatas

Kesehatan gigi dan mulut, rupanya turut menjadi perhatian warga dan Pemkot Semarang. Seperti dikutip dari sumber ini yang disampaikan oleh Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu dalam sambutannya pada acara puncak HUT Persatuan Dokter Gigi Indonesia yang diadakan di Jalan Pahlawan, pada Minggu (5/1/2023).

Pada kegiatan yang dihadiri secara antusias oleh warga sekitar tersebut, beliau mengapresiasi PDGI yang turut aktif memberikan edukasi kesehatan gigi. Beliau juga berharap bahwa edukasi dan berbagai layanan konsultasi gigi gratis itu dapat terus berlanjut, tidak hanya menyasar satu kecamatan saja. Apalagi Pemkot juga memiliki target, Kota Semarang bebas gigi berlubang pada tahun 2030. 

Mencari Dokter Gigi yang bagus sebenarnya cukup mudah, apalagi kalau kita tinggal di Ibukota seperti Jakarta. Papan nama praktik dokter hampir di setiap sudut jalan tersedia. Namun, hal itu tentu berbeda ketika kita berdomisili di Kota Semarang. Walaupun tidak bisa dikategorikan kota kecil, perbandingan jumlah Dokter Gigi di kota ini dibandingkan dengan kota besar lainnya seperti Surabaya terpaut cukup jauh. 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikut adalah grafik perbandingan jumlah Dokter Gigi yang bersumber dari situs PDGI. Pada grafik tersebut, bisa terlihat bahwa jumlah dokter di Kota Semarang, terpaut cukup jauh apabila dibandingkan dengan Kota Surabaya. Maka dari itu, tentunya mencari Dokter Gigi Spesialis yang tepat di semarang bisa menjadi tantangan yang cukup menyulitkan. Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang kriteria dari rekomendasi Dokter Gigi ini!

Baca juga: Jenis-jenis Perawatan Gigi Anak yang Perlu Dilakukan

Kriteria Dokter Gigi yang Recommended

Tentunya ada banyak kriteria dari Dokter Gigi rekomendasi di Semarang yang bisa kita temukan. Apalagi setiap orang memiliki kriterianya masing-masing. Untuk Sahabat AUDY yang masih ingin mencari rekomendasi dokter, semoga setidaknya beberapa kriteria di bawah ini dapat membantu, ya!

Pendidikan dan Spesialisasi

Selalu pastikan Dokter Gigi yang akan didatangi memiliki latar belakang dan spesialisasi yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja, jika membutuhkan perawatan perataan gigi atau pemakaian behel, tentunya kita bisa mengunjungi Dokter Gigi Spesialis Ortodonti.

Pengalaman 

Selanjutnya tentu saja pengalaman dalam praktik. Walaupun tidak selalu menjadi patokan, Dokter Gigi yang berpengalaman tentu memiliki teknik dan kemampuan yang lebih mumpuni dalam menangani permasalahan gigi dan mulut. Apalagi jika Sahabat AUDY memiliki permasalahan gigi yang tidak umum dan memerlukan penanganan khusus.

Cara Komunikasi 

Yang ketiga, tentu komunikasi yang baik. Sebagai seorang dokter, selain kemampuan teknis, cara komunikasi tentunya dapat menentukan. Apalagi banyak sekali istilah tentang kesehatan yang sulit dimengerti oleh pasien orang awam. Maka dari itu seorang dokter yang baik sebaiknya bisa menggunakan berbagai perumpamaan dalam menjelaskan kondisi medis pasien. 

Alat yang Digunakan

Berikutnya tentu peralatan praktik yang digunakan. Semakin modern dan canggih berbagai peralatannya tentu mereka akan semakin mudah untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk kesehatan gigi dan mulut.

Baca Juga: Mengenal Dokter Gigi dan Spesialisasinya

Cara Mengetahui Dokter Gigi Rekomendasi di Semarang

Setelah mengetahui kriteria tersebut, tentu kita beralih ke cara-cara yang perlu digunakan untuk menemukan Dokter Gigi rekomendasi di Semarang, yaitu sebagai berikut.

Minta Saran dan Rujukan dari Rekan Sejawat Dokter Gigi

Perawatan gigi biasanya berlangsung secara bertahap. Dari pemeriksaan dokter umum, lalu Dokter Gigi, hingga Dokter Gigi Spesialis. Setiap selesai konsultasi, usahakan selalu minta rekomendasi hingga rujukan Dokter Gigi Semarang. Biasanya mereka akan dengan senang hati memberikan info tentang almamater hingga rekan sejawat di profesi tersebut yang bisa dikunjungi.

Tanyakan kepada Teman dan Keluarga

Hal berikutnya yang perlu dilakukan sebaiknya bertanya kepada orang terdekat yang sudah pernah mendapatkan perawatan gigi terlebih dahulu. Apalagi jika mereka memiliki permasalahan rongga mulut yang kurang-lebih sama. Tanyakan pengalaman mereka dalam menggunakan jasa Dokter Gigi tersebut mulai dari konsultasi hingga tindakan. 

Gunakan Aplikasi Kesehatan Online

Selanjutnya, yang perlu dilakukan adalah mengunduh berbagai aplikasi kesehatan online yang kini semakin menjamur. Biasanya di aplikasi ini mereka telah menyediakan daftar Dokter Gigi yang dapat disesuaikan dengan kota Sahabat AUDY, seperti Kota Semarang. Beberapa dari aplikasi ini juga sudah menyediakan tele konsultasi hingga membuat perjanjian dengan dokter yang diinginkan. Jangan lupa juga untuk mengecek review mereka, ya!

Cari di Media Sosial dan Forum Internet

Terakhir adalah berselancar di media sosial dan forum-forum kesehatan gigi dan mulut. Di luar sana banyak sekali situs yang menyediakan informasi tentang layanan dan rekomendasi Dokter Gigi Semarang, mulai dari lokasi, pelayanan, hingga harganya. Beberapa Dokter Gigi juga kini sudah memiliki akun pribadi yang aktif dalam mengedukasi tentang kesehatan gigi. Biasanya mereka juga memiliki konten yang unik tentang permasalahan gigi yang mungkin salah satunya sama dengan yang sedang dialami.

Ingat Dokter Gigi Spesialis, Ingat AUDY Dental

Itulah tadi beberapa kriteria dan cara untuk menemukan Dokter Gigi Spesialis di Kota Semarang. Memang, jumlah Dokter Gigi di kota ini yang tidak sebanyak kota lain, dapat menjadi tantangan tersendiri bagi kita untuk membuat janji konsultasi. Namun, dengan melakukan hal-hal tersebut, harapannya Sahabat AUDY dapat mempersingkat waktu dan dapat lebih fokus untuk menemukan Dokter Gigi yang sesuai dengan permasalahan gigi dan mulut yang dialami.

Jika Sahabat AUDY sedang berkunjung ke luar kota, seperti Jabodetabek, Bandung dan Surabaya, dan sedang membutuhkan perawatan gigi segera, AUDY Dental Clinic juga dapat ditemui di kota-kota tersebut. Karena AUDY Dental merupakan klinik gigi spesialis yang berpengalaman selama 14 tahun dengan 23 cabang dan terus bertumbuh. 

Baca Juga: Lokasi Cabang Klinik AUDY Dental 

AUDY Dental menyediakan berbagai layanan kesehatan gigi dan mulut mulai dari pembersihan karang gigi, perawatan gigi anak, pemasangan behel, pemasangan gigi palsu, pemutihan gigi, dan perawatan gigi lainnya dengan berbagai macam cara pembayaran! Klik daftar harga ini apabila Sahabat AUDY penasaran dengan layanan yang tersedia.

Jangan sampai menunggu sakit, lakukan perawatan gigi dan mulut secara rutin, ya Sahabat AUDY!