Blog Detail

Catat, 5 Bahan Ini Bisa Jadi Cara Memutihkan Gigi Yang Simpel Lho!

Halo, Sahabat Audy!

Ada banyak sekali alternatif cara memutihkan gigi, terutama untuk kamu yang menginginkan perawatan gigi yang bisa dilakukan di rumah. Dengan berbagai cara, baik yang menggunakan bahan alami maupun yang mengandung bahan kimia, tentunya kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan tentunya rekomendasi yang cukup aman untuk kamu lakukan.

Tingkat keamanan dan efektivitas pemutihan gigi secara mandiri dibandingkan dengan perawatan di dokter relatif berbeda, Sahabat Audy. Produk pemutih gigi yang dijual bebas umumnya mengandung bahan yang lebih rendah kadarnya dibanding produk perawatan di dokter gigi. Selain itu, pengerjaan oleh dokter gigi lebih profesional dibanding dikerjakan sendiri.

Apa saja sih bahannya? Tentunya, dari banyak bahan yang tersedia, setidaknya ini lima bahan yang bisa kamu coba. Simak ulasannya berikut ini ya!

Gel Pemutih

Gel pemutih adalah gel berbahan peroksida berwarna jernih yang diaplikasikan pada permukaan gigi dengan sikat gigi kecil atau tray khusus. Kamu bisa menggunakan gel pemutih di rumah ini sesuai rekomendasi dokter gigi, atau yang disebut dengan home bleaching. Tetapi, tiap produk memiliki instruksi berbeda yang perlu diikuti dengan hati-hati, Sahabat Audy. Hasilnya dapat terlihat dalam beberapa hari dan dapat bertahan hingga sekitar empat bulan.

Baking Soda

Baking soda terbukti efektif menghilangkan noda pada gigi sehingga membuat gigi lebih cerah. Studi juga menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda lebih efektif  menghilangkan plak pada gigi dibanding yang tidak mengandung baking soda. Tetapi, penggunaan baking soda perlu dilakukan secara hati-hati karena dapat berbahaya pada gusi dan gigi yang sensitif. Sebaiknya, konsultasikan dulu dengan dokter gigi kamu, ya.

Pasta gigi pemutih

Pasta gigi pemutih mengandung bahan pemulas lembut yang membantu menghilangkan noda pada gigi. Beberapa pasta gigi yang dijual bebas dapat mengandung hidrogen peroksida ataupun karbamida peroksida yang membantu mencerahkan warna gigi satu tingkat lebih terang lho, Sahabat Audy. Pasta gigi digunakan dua kali sehari dan baru dapat menunjukkan hasilnya dalam dua hingga enam minggu. Namun, perlu diingat bahwa pasta gigi pemutih tidak dapat mengubah warna asli gigi.

Strip Pemutih

Strip pemutih berbentuk lembaran tipis yang dilapisi gel pemutih berbahan peroksida dapat diaplikasikan pada gigi sesuai instruksi yang tertera.  Hasilnya dapat dilihat dalam hitungan hari, serta diklaim dapat bertahan hingga kurang lebih 4 bulan. Ada berbagai jenis produk strip pemutih dengan instruksi berbeda-beda. Umumnya, whitening strips diaplikasikan pada gigi selama dua minggu, dua kali sehari, masing-masing selama 30 menit. Strip pemutih gigi ini dapat kamu temukan di drugstore atau di departement store tertentu. Namun, penggunaannya yang aman harus sesuai rekomendasi dokter gigi, ya.

Pembilas pemutih

Satu lagi cara memutihkan gigi adalah menggunakan pembilas gigi (mouth rinse). Pembilas pemutih mengandung hidrogen peroksida dan bahan antiseptik sehingga bekerja seperti obat kumur. Pembilas ini membantu mengurangi plak dan sakit gusi, serta menyegarkan napas. Produk ini biasa digunakan untuk berkumur sebelum gosok gigi, sekitar 60 detik sebanyak dua kali sehari. Produk ini lebih tidak berisiko dibanding produk lain, serta baru akan terlihat hasilnya dalam 3 bulan.

Nah, begitulah intermezzo nya, Sahabat Audy. Jadi, apakah kamu tertarik dan ingin lebih tahu tentang apa saja zat kimia lainnya yang berguna sebagai alternatif cara pemutihan gigi? Tentunya, kamu bisa berkonsultasi pada dokter gigi yang sudah ahli dan profesional. Jangan bingung, langsung saja datang ke cabang Audy Dental yang terdekat di kotamu ya!

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.