Blog Detail

Dear Parents, Hindari 5 Makanan Ini Agar Gigi Si Kecil Tak Cepat Rusak

Dear sahabat Audy,

Apakah sahabat Audy adalah seorang Ibu atau Ayah dari seorang balita? Tentunya sekarang sedang bahagia ya melihat perkembangan si kecil, apalagi sudah melihat gigi si kecil sedang bertumbuh. Pasti sedang lucu-lucunya ya, loyal costumer.

Nah, seiring perkembangan si kecil yang masih balita, maka ia juga akan mulai memilih beberapa makanan kesukaan. Biasanya sih, makanan kesukaan si kecil akan bersumber dari yang manis-manis. Sebenarnya makanan yang harusnya aman ini bisa menjadi berbahaya kalau sampai dikonsumsi berlebihan. Perlu diketahui juga, beberapa kandungan dari makanan minuman ini akan berpotensi merusak kondisi gigi si kecil yang belum sempurna lho. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman manis yang berpotensi merusak gigi si kecil:

1. Permen

Mungkin loyal costumer juga mengerti ya, kalau si kecil pasti suka sekali diberi permen. Menurut data US Departement of Agriculture, kandungan gula yang terdapat per 100 gram permen berkisar dari 52 gram. Gula yang banyak terkandung pada permen akan mudah menyebabkan karies pada gigi si kecil. Kalau terlalu sering dikonsumsi, permen akan membuat gigi si kecil gampang berlubang.

2. Coklat

Tidak banyak yang tahu, kalau coklat yang banyak ada di campuran makanan ringan berpotensi bukan coklat murni karena coklat murni tentunya memiliki harga yang mahal. Coklat yang dicampur ke makanan lain seperti kue, makanan ringan, dan minuman biasanya banyak mengandung jenis gula yang tinggi kalori dan pewarna maupun perisa menyerupai coklat. Lagi-lagi, apabila dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan kerusakan pada gigi si kecil.

3. Soda

Untuk kondisi gigi si kecil yang sedang bertumbuh, maka minuman soda akan jadi berbahaya lho, loyal costumer. Soda itu mengandung gula berkarbonasi yang mempercepat perkembangan bakteri pada gigi. Oleh karena itu, minuman seperti soda mungkin lebih baik dihindarkan pada si kecil. Kalaupun meminumnya, harus dengan takaran yang tidak banyak dan menggunakan sedotan.

4. Minuman kemasan

Lagi-lagi, mayoritas kandungan dari minuman kemasan adalah berhubungan dengan gula yang berpotensi membuat karies pada gigi. Hal itu tentunya membuat gigi yang sedang tumbuh bisa rusak sejak awal. Lebih baik konsumsinya dibatasi ya, loyal costumer.

5. Es krim

Es krim biasanya jadi makanan favoritnya si kecil ya loyal costumer, apalagi ketika cuaca sedang gerah dan panas. Waktu yang paling pas buat makan eskrim memang disaat seperti itu. Tapi, sebisa mungkin konsumsi untuk si kecil dibatasi dan dihindari karena giginya belum bisa beradaptasi langsung dengan temperatur es krim yang begitu dingin. Hal itu bisa menjadikan radang pada gusi, juga berpotensi membuat gigi si kecil menjadi sensitif di kemudian hari.

6. Makanan bertekstur keras

Hindari makanan yang masih memiliki tekstur terlalu keras karena gigi si kecil masih belum mampu memprosesnya. Sayang lho, loyal costumer, karena nanti susunan giginya akan menjadi rumpang dan bahkan bisa copot. Untuk itu, loyal costumer bisa berkonsultasi dengan dokter atau klinik gigi terdekat untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang cocok dengan usia si kecil.

Tentunya, efek samping dari beberapa makanan tadi bisa dicegah dengan mulai menerapkan aktivitas menggosok gigi minimal dua kali sehari, terutama sebelum tidur.

Nah, untuk loyal costumer yang berdomisili di sekitar Bandung dan mempunyai si kecil yang punya keluhan tentang gigi maupun gusi dan berniat melakukan pencegahan pertama atau pemeriksaan rutin, maka bisa berkunjung ke klinik Audy Dental yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto No. 47A. Tentunya, klinik Audy Dental mengedepankan pelayanan kualitas untuk melayani loyal costumer, khususnya untuk kesehatan gigi si kecil.

Atau mungkin loyal costumer sendiri yang ingin memeriksa gigi, dengan memasang behel atau veneer gigi? Jangan ragu, anda bisa membawa si kecil datang ke klinik karena suasananya dibangun dengan nyaman dan kids friendly. Bila ada pertanyaan yang hendak ditanyakan, maka loyal costumer bisa menghubungi dengan di nomor telpon (022) 8732-7952 atau Whatsapp di 0821-3062-2226

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.