Blog Detail

Audy Kids

Dear Parents, Ini 5 Tips Agar Si Kecil Tidak Rewel Ketika Periksa Gigi

Halo, Sahabat Audy!

Apa kabarnya si kecil di hari ini? Semoga selalu sehat, ya. Sebagai orang tua, baik Ayah ataupun Ibu, tentunya tugas bersama untuk memonitor perkembangan si kecil yang semakin hari tentu saja semakin bertumbuh-kembang. Ketika sudah tampak mulai tumbuh gigi, mungkin sudah saatnya untuk memeriksakannya ke dokter gigi lho, Sahabat Audy.

Tentunya, menjaga kondisi gigi si buah hati sangat penting penting untuk kesehatan dan penampilannya ketika bertumbuh-kembang. Seiring dengan berkembangnya ilmu kedokteran gigi, maka peruntukan pencegahan gigi khusus pada anak sudah semakin baik. Sebagai orang tua, tentunya Sahabat Audy tidak perlu khawatir untuk membawa si buah hati memeriksa gigi saat ini karena sudah ditangani oleh dokter spesialis anak yang paham akan kondisi psikologis si anak.

Umumnya, memeriksa gigi untuk anak setidaknya dua kali dalam setahun, dengan dianjurkan dimulai pada usia 1 tahun ketika gigi pertamanya tumbuh. Awal yang mungkin tidak mudah untuk anak, karena ia masih harus beradaptasi dengan berbagai alat kedokteran yang ia lihat di sekelilingnya. Karena itulah Sahabat Audy, pastikan bahwa dokter yang akan anda temui adalah dokter gigi anak yang sudah berpengalaman agar siap mengatasi reaksi anak ketika berada di kursi periksa dan ruang tunggu.

Duh, tapi bagaimana ya kalau si kecil tetap rewel sebelum bertemu dengan dokter gigi? Mungkin ini adalah tips yang Sahabat Audy bisa gunakan untuk mengalihkan perhatian si buah hati, diantaranya sebagai berikut:

Mengundang dokter gigi ke rumah

Sebagai awalan, ada baiknya Sahabat Audy membuat appointment dengan dokter gigi yang bisa bertamu ke rumah. Tujuannya tentu saja agar si kecil dapat ditemani oleh orang tuanya sambil mengenal terlebih dahulu dokter gigi yang ditemuinya. Dokter gigi masih akan memeriksa secara umum untuk nantinya dibawa pada ruang perawatan di klinik. Di kesempatan ini juga, si buah hati dapat dikenalkan pada alat-alat kedokteran dengan lebih kasual dan nyaman.

Memeriksa, sambil bermain

Sahabat Audy, adakalanya memang si buah hati lebih menginginkan suasana bermain bahkan saat giginya diperiksa. Oleh karena itu, coba kondisikan dan komunikasikan dengan dokter gigi anak yang bertugas memeriksa si buah hati, agar suasananya dapat dibuat seriang dan senyaman mungkin. Sahabat Audy juga harus aktif untuk mengondisikan anak, terutama saat berada di ruang periksa.

Memberikan sugesti positif

Sebelum nantinya masuk ke ruang periksa, Sahabat Audy dapat memberikan sugesti positif pada anak. Hal ini penting, agar meyakinkan dan memberanikan si anak untuk menghadapi alat-alat kedokteran dan suasana ruang periksa. Usahakan sambil membangun kenyamanan si anak, contohnya dengan senantiasa memeluknya.

Tetap rileks

Kalau tips ini, lebih berperan pada Sahabat Audy sendiri lho. Usahakan tampakkan sikap yang rileks walaupun si anak rewel dan bahkan menangis saat masuk ke ruang periksa. Bagaimanapun, si anak akan mencerminkan dirinya pada sikap orang tuanya. Usahakan anda sendiri harus rileks dan percayakan pada dokter gigi anak yang menangani permasalahan itu. Bila klinik dan dokter gigi yang Sahabat Audy pilih itu adalah yang terbaik, maka tak perlu khawatir dan yakinilah tidak akan terjadi sesuatu yang fatal bagi si anak.

Memberi anak imbalan

Tidak salah kok memberi si buah hati imbalan tertentu, Sahabat Audy. Selain memotivasi, hal tersebut juga akan membuatnya jadi fokus untuk menjalani pemeriksaan dan perawatan gigi. Siapa sih yang tidak senang diberi hadiah? Tapi ya, tentunya anda sendiri ya yang tahu apa yang disukai oleh si buah hati. Agar semuanya lancar, ada baiknya memberi hadiah ketika proses pemeriksaan dan perawatan sudah selesai.

Audy Kids

Nah, untuk loyal costumer yang berdomisili di sekitar kota Bandung dan mempunyai si kecil yang punya keluhan tentang gigi maupun gusi dan berniat melakukan pencegahan pertama atau pemeriksaan rutin, maka bisa berkunjung ke klinik Audy Dental Bandung yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto No. 47A. Tentunya, klinik Audy Dental mengedepankan kualitas pelayanan untuk melayani Anda sahabat Audy, khususnya untuk kesehatan gigi si kecil dengan service dari dokter gigi anak yang terbaik.

Yuk, berkunjung ke Audy Dental!

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.