Blog Detail

implan gigi audy dental

Implan Gigi, Itu Seperti Apa Sih?

Hai, Sahabat Audy!

Apakah kamu sempat terbayang dengan proses implan gigi? Agak asing ya sepertinya, karena mungkin kita lebih sering mendengar tentang pemasangan gigi palsu daripada tentang proses implan gigi. Untuk Sahabat Audy yang memiliki susunan gigi yang sudah tidak lengkap, ada baiknya untuk mengetahui sedikit informasi tentang implan gigi yang bisa jadi alternatif untuk memperbaiki tampilan sekaligus fungsi dari gigi kamu.

Seperti apa sih implan gigi itu?

Pada dasarnya, implan gigi merupakan sebuah proses dari pemasangan sekrup titanium yang ditanam pada rahang gigi untuk menjadi penyangga gigi pengganti, yang juga memiliki fungsi yang sama seperti akar gigi. Pemilihan bahan titanium untuk proses implan gigi karena ketahanan dan kekuatannya kurang lebih sama seperti baja tetapi hanya memiliki 60% berat dari baja.

Implan Gigi Audy Dental
Implan Gigi

Proses implan dapat dilakukan baik di tulang rahang atas maupun rahang bawah yang nantinya akan beradaptasi dan menyatu dengan tulang rahang seperti gigi yang normal. Adapun perbedaan mendasarnya dengan proses pemasangan gigi palsu yakni pada sekrup titanium yang ditanam pada rahang tersebut. Dengan menggunakan bantuan sekrup, maka gigi yang ditanam dapat memberikan hasil yang cukup natural karena memiliki tumpuan sehingga lebih stabil saat digunakan.

Keunggulan implan gigi

Dari beberapa aspek, implan gigi memiliki keuntungan lho Sahabat Audy, antara lain:

  • Daya tahan yang baik, karena telah diketahui dari bahan titanium yang dipilih untuk proses implan tersebut. Dengan perawatan berkala, implan gigi bahkan bisa bertahan seumur hidup.
  • Meningkatkan fungsi lisan. Ketika kamu memilih memasang gigi palsu, biasanya hal itu berpengaruh langsung pada gangguan pengucapan secara lisan karena berpotensi bergeser atau tergelincir. Sedangkan dengan pemasangan implan yang memiliki tatakan gigi, maka gigi yang ditanam akan lebih stabil dan dapat membuat kamu berbicara dengan lebih baik.
  • Mengunyah makanan dengan lebih mudah. Bila gigi palsu sangat dikhawatirkan bisa tergeser sehingga menimbulkan rasa nyeri saat mengunyah, lain halnya dengan pemasangan gigi implan yang lebih stabil sehingga membuat proses mengunyah jadi lebih nyaman.
  • Menjaga keutuhan gigi. Dalam beberapa kasus gigi yang sudah tercabut, maka pemasangan gigi palsu bisa berpotensi membuat susunan gigi asli juga dikorbankan untuk dicabut agar menyesuaikan dengan gigi palsu yang akan dipasang. Berbeda dengan itu, proses implan gigi tentunya hanya berfokus pada gigi tertentu yang ingin ditanam tanpa mengorbankan gigi asli yang lain.
  • Meningkatkan rasa percaya diri. Tentu saja, dengan kenyamanan yang ada pada implan gigi dibandingkan dengan pemasangan gigi palsu tadi, kamu akan merasa jauh lebih percaya diri karena tidak ada masalah berarti dalam proses adaptasinya.

Harga implan gigi

Tentunya, setelah pemaparan fungsi dan keunggulan dari proses implan gigi, Sahabat Audy mungkin bertanya-tanya, berapa sih harga dari implan gigi? Mungkin tidak salah juga kalau kamu mengira kalau harga implan gigi sedikit lebih mahal dibandingkan dengan pemasangan gigi palsu. Untuk pasarannya, harga implan gigi berkisar dari Rp15-17 Juta tergantung pada kasus dan tingkat kesulitannya tersendiri.

Apakah cukup mahal, Sahabat Audy? Tentunya relatif ya, bila dibandingkan dengan fungsi dan keunggulan yang dimiliki oleh pemasangan implan gigi itu. Bila berminat, maka Sahabat Audy bisa langsung saja mendatangi klinik gigi Audy Dental yang memiliki cabang terdekat di kotamu, ya. Dengan memilih Audy Dental, maka kamu juga memilih jasa dari dokter gigi yang berpengalaman dan profesional serta ditunjang juga dengan peralatan yang mutakhir di bidangnya.

Tunggu apalagi, Sahabat Audy? Segera berkunjung ke Audy Dental ya!

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.