Blog Detail

Ini 5 Obat Yang Bisa Kamu Beli di Apotik Untuk Mengatasi Keluhan Gigi Berlubang

Hai, Sahabat Audy!

Memiliki gigi yang kondisinya sudah berlubang pasti akan membuatmu serba nggak nyaman ya, terlebih bila gejalanya sering muncul ketika mengonsumsi makanan tertentu. Ngilu yang terasa pasti akan membuat kepala menjadi sakit dan konsentrasimu jadi buyar. Betah lama-lama dengan rasa sakitnya? Pastinya nggak kan.

Tenang Sahabat Audy, untuk pertolongan pertama dari keadaan kamu yang genting ini ada solusi yang mudah didapatkan dan bisa kamu cari di apotik terdekat. Beberapa diantaranya mungkin belum pernah kamu dengar istilah dan jenisnya, tapi diyakini ampuh sebagai alternatif cara mengobati gigi berlubang. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Ibuprofen

Sahabat Audy, Ibuprofen merupakan salah satu obat sakit gigi yang cukup ampuh untuk mengatasi rasa nyeri akibat gigi berlubang. Kandungan Ibuprofen bekerja dengan menghalangi tubuh memproduksi prostaglandin, yaitu senyawa yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Ibuprofen biasanya tersedia di apotik dalam bentuk kaplet dan sirup. Untuk menggunakan obat ini, Sahabat Audy harus menggunakan resep dokter untuk mendapatkan dosis pemakaian yang tepat.

Ponstan

Obat ini cocok buat Sahabat Audy yang ingin mengatasi sakit gigi dengan segera, karena Ponstan bias dikonsumsi tanpa membutuhkan resep dokter. Obat yang mengandung asam mefenamat ini bisa digunakan untuk berbagai jenis efek sakit gigi, seperti gigi berlubang, nyeri atau radang gusi, bahkan jika rasa nyeri diiringi dengan vertigo. Selain harganya yang cukup terjangkau, Ponstan juga adalah jenis obat yang bisa dikonsumsi oleh semua kalangan baik dewasa maupun anak-anak. Sahabat Audy dapat meminumnya dengan takaran sesuai umur tertentu pada saat setelah makan.

Paracetamol

Obat yang tergolong dalam NSAIDs (Nonsteroidal Anti-inflammatory Drugs) ini dipercaya mampu meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang lho, Sahabat Audy. Obat ini disebut juga dengan Acetaminophen, yang memiliki kandungan untuk mengurangi produksi zat penyebab peradangan (prostaglandin) sehingga mampu meredakan dan menghilangkan rasa nyeri yang datang seketika. Pastinya obat yang sudah familiar ini bisa jadi cara mengobati gigi berlubang yang ampuh ya, Sahabat Audy.

Antalgin

Selain Paracetamol, obat yang cukup populer secara merk adalah Antalgin, yang tersedia di pasaran dalam bentuk tablet dan injeksi (suntikan). Harganya yang cukup murah juga menjadi alasan mudahnya Antalgin ditemui di banyak apotik maupun toko obat tradisional. Kandungan obat yang merupakan jenis analgetik mampu meredakan inflamasi atau peradangan yang terjadi, terutama untuk gigi yang berlubang. Walaupun begitu, Sahabat Audy harus memperhatikan takaran penggunaan dan tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil dan orang bertekanan darah rendah.

Dentasol

Untuk Sahabat Audy yang menginginkan cara mengatasi sakit gigi yang sifatnya non-obat tablet, maka Dentasol bisa dijadikan alternatif lain karena bentuknya yang berupa obat kumur. Dentasol mengandung zat anestesi topical (bius lokal) yang bisa mengurangi rasa sakit pada daerah tertentu. Untuk pemakaiannya, Sahabat Audy hanya perlu menggunakannya sebagai obat kumur atau bisa juga mengoleskannya ke area gusi atau gigi yang sakit.

Nah, begitulah Sahabat Audy! Jenis-jenis obat di atas hanya pertolongan pertama untuk meredakan nyeri, tetapi sebaiknya Sahabat Audy tetap berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mencari solusi jangka panjang pada kasus gigi berlubang yang dimiliki. Kunjungi langsung klinik Audy Dental terdekat untuk bertemu dengan dokter gigi yang handal dan berpengalaman, serta fasilitas perawatan yang terbaik.

Yuk, periksakan gigimu segera!

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.