Blog Detail

bau mulut

Kamu Perokok? Berikut 5 Alasan Kamu Harus Rutin Berkunjung ke Dental Gigi

Halo, Sahabat Audy!

Apakah kamu adalah seorang perokok? Tentu kamu mengetahui, kalau kebiasaan merokok akan berdampak buruk pada kesehatan mulut juga gigi. Tanpa disadari, bila Sahabat Audy tidak rutin berkunjung ke dental gigi, maka itu sangat berbahaya dan membuat kamu beresiko mengalami banyak masalah pada kesehatan, terutama berdampak langsung pada gigi. Mengobati rasa nyeri akibat gigi yang sudah rusak parah pastinya akan menyita waktu dan juga mengeluarkan biaya yang mahal. Pastinya lebih baik mencegah daripada mengobati kan, Sahabat Audy?

Berikut lima alasan kamu harus rutin berkunjung ke dental gigi, khususnya untuk Sahabat Audy yang memiliki kebiasaan merokok. Simak sampai selesai ya!

Nafas mulai terasa tidak sedap

Beberapa hal yang terasa dari setiap orang yang merokok adalah bau mulut yang khas. Pada prosesnya, asap rokok akan memiliki endapan yang tertinggal di dalam mulut dan akhirnya larut bersama sekresi air ludah. Meskipun bukan salah satu penyebab utamanya, merokok secara tidak langsung akan memengaruhi ekosistem mulut sehingga menyebabkan adanya bau tidak sedap.

Selain itu, asap rokok juga menjadi salah satu penyumbang aroma tak sedap pada badan kamu karena kebiasaan merokok itu membuat asap terbiasa ada di sekeliling badan sehingga lama-kelamaan akan menempel pada pakaian hingga badan kamu, Sahabat Audy. Tentunya, kalau kamu adalah seorang perokok berat maka hal itu biasanya sulit dihindari.

Bibir jadi menghitam

Aduh, ini juga yang bikin nggak keren. Sahabat Audy mungkin akan melihat warna bibir lama kelamaan menjadi menghitam. Hal ini terjadi karena nikotin mempengaruhi melanosit (sel penghasil melanin pada kulit) sehingga menyebabkan hiperpigmentasi pada bibir yang semula memerah menjadi perlahan menghitam. Hal ini secara nggak langsung akan berpengaruh pada warna bibir sekaligus kesegaran tampilan wajah kamu, Duh, bahaya!

Gigi Kamu Mulai Menguning

Tentu saja, ini adalah efek paling kentara dari akibat merokok yaitu warna gigi menjadi kekuningan. Hal itu bisa terjadi karena ada kandungan karsinogenik yang terkandung dalam asap rokok yang mengendap di lapisan gigi. Yang pasti, efek itu bisa diukur dari seberapa intensitas Sahabat Audy ketika merokok setiap hari, juga pada merk rokok yang bersangkutan apakah memiliki kandungan tembakau dan tar yang berbeda-beda. Bagi beberapa perokok, efek dari gigi kuning ini pastinya sangat mengganggu penampilan sehari-hari. Yakin bisa betah dengan warna gigi yang berubah begini?

Duh, gigi menjadi berpotensi berlubang

Permasalahan gigi kuning datang bersamaan dengan efek dari kacaunya ekosistem mulut. Ketika asap masuk ke dalam mulut, maka gigi akan bereaksi terhadap senyawa yang bersumber dari tar. Ketika menjadi asap, kandungan tar inilah yang nantinya membuat endapan plak di selaput gigi yang menyebabkan gigi cepat berlubang. Kalau sudah berlubang, maka gigi akan lebih mudah menjadi sensitif dan bisa jadi penyebab rasa nyeri yang mengganggu hari-hari kamu, Sahabat Audy. Masih mau didiamkan saja, nih?

Lebih parah lagi bila terjadi Periodontitis

Senyawa karsinogenik dan radikal bebas yang terkandung dalam asap rokok tentunya akan masuk ke dalam saluran pernafasan dan jaringan tubuh secara umum, Sahabat Audy. Hal ini akan berefek langsung pada resiko masalah yang lebih besar, seperti meningkatnya resiko kanker mulut, resiko sinusitis, peradangan kelenjar ludah, bahkan terjadinya periodontitis. Wah, apa sih itu?

Periodontitis adalah radang pada gusi yang terlambat diobati, yang dipicu oleh penumpukan plak sehingga menyebabkan banyaknya perkembangbiakan bakteri. Nah, bakteri itu nantinya akan mengifeksi celah gusi hingga merusak jaringan dan tulang di dalam gusi. Gejalanya juga akan lebih parah, seperti terjadinya gusi berdarah, penyusutan pada gusi, keluarnya nanah pada bagian gigi maupun gusi, sehingga menyebabkan gigi menjadi tanggal. Bahaya banget lho, Sahabat Audy!

Nah, itulah resiko yang mungkin kamu hadapi sebagai seorang perokok. Well, kamulah yang akhirnya menentukan keputusan dan bertanggungjawab atas kondisi tubuh kamu. Sebelum gejala-gejala di atas semakin memburuk, ada baiknya kamu segera memeriksakannya ke dental gigi dan rutin menjadwalkan pemeriksaaan agar gejala tersebut bisa dikontrol dan dicegah secara berkala.

Bila Sahabat Audy ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik seputar permasalahan bau mulut hingga perawatan gigi, maka tepat bila kamu berkunjung ke Audy Dental karena selain memiliki fasilitas yang lengkap, pemeriksanaan di Audy Dental juga ditangani oleh dokter gigi yang profesional dan berkompeten di bidangnya.

Yuk, segera datangi cabang Audy Dental di kotamu ya!

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.