Mengapa Perawatan Saraf Gigi Perlu Dilakukan Berulang Kali?

Saat gigi mengalami masalah, penting sekali untuk segera memeriksakannya ke dokter. Jika mengalami gigi berlubang yang sudah meluas hingga ke bagian saraf gigi, kamu perlu melakukan perawatan saraf gigi atau dikenal juga dengan sebutan perawatan saluran akar gigi.

Saluran akar gigi ini terletak di area rongga pulpa yang ada pada bagian tengah gigi. Di dalam saluran akar gigi terdapat pembuluh darah dan saraf. Fungsi dari urat saraf ini sebagai sistem sensorik yang bisa merasakan makanan atau minuman panas maupun dingin. Saat perawatan saluran akar dilakukan, saraf gigi dan rongga pulpa dibuang dan dibersihkan. Kemudian ditutup agar tidak kembali terjadi infeksi.

Jika tidak segera ditangani ini bisa berbahaya. Sebab, bakteri akan berkembang di dalamnya hingga mengakibatkan infeksi meluas. Dari infeksi inilah bisa menimbulkan abses. Selain itu, ada beberapa gejala yang bisa terjadi, di antaranya seperti:

1. Timbul rasa nyeri hebat pada gigi
  2. Bengkak yang meluas ke area wajah
  3. Munculnya cairan nanah berwarna kuning
  4. Tulang rahang di sekitar gigi hancur

Proses Perawatan Saluran Akar

Perawatan saluran akar gigi ini dilakukan langsung oleh dokter gigi. Mulai dari foto rontgen untuk mengetahui penyebaran infeksi, diagnosis penyakit, dan panjang akar gigi. Pada beberapa kondisi, perawatan saraf gigi didahului dengan penyuntikan anestesi lokal untuk mengantisipasi rasa nyeri saat melakukan tindakan. Ini juga bertujuan agar pasien lebih rileks.

Secara umum, prosedur perawatan saluran akar memerlukan kunjungan beberapa kali hingga benar-benar tuntas. Apabila masih terasa sakit di kunjungan pertama, berarti saluran akar belum steril. Oleh karena itu, perlu pembersihan ulang dan pemberian medikasi hingga keluhan hilang. Biasanya perawatan ini memerlukan 3-4 kali kunjungan untuk gigi depan dan 5-6 kali kunjungan untuk gigi belakang.

Upaya ekstra memang diperlukan agar proses perawatan bisa benar-benar efektif dan efisien. Berhasilnya perawatan gigi tentu akan berdampak pada kesehatan gigi di kemudian hari.

Apabila Sahabat Audy ingin melakukan perawatan saraf gigi, kamu bisa datang langsung ke klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu. Di Audy Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh dokter gigi yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.