Mengenal Pasak Gigi, Penguat Gigi setelah Perawatan Saluran Akar

prosedur implan gigi

Masih cukup banyak orang yang masih sungkan memeriksakan gigi ketika giginya dirasa bermasalah, meskipun belum terasa signifikan. Hati-hati lho Sahabat Audy, jangan sampai dibiarkan begitu lama karena gigi akan mengirimkan sinyal nyeri ke kepala ketika permukaannya sudah terkikis mengenai saraf dan akhirnya terinfeksi. Infeksi yang sudah mengenai sistem saraf gigi akan menyebabkan nyeri yang berkepanjangan. Ngga pengen itu terjadi kan, Sahabat Audy?

Nah, mengatasi masalah dari infeksi itu ternyata nggak semudah itu karena untuk mengetahui kondisi gigi kamu yang sebenarnya itu mesti melalui prosedur perawatan saluran akar gigi atau saraf gigi. Wah, apa ya itu?

Perawatan saluran akar gigi merupakan prosedur perawatan untuk memperbaiki kondisi gigi yang rusak atau terkena infeksi. Perawatan ini dilakukan agar dapat mengatasi masalah gigi tanpa perlu dicabut sehingga kondisi mulut dapat berfungsi dengan baik, mengunyah dan menggigit dengan nyaman tanpa rasa nyeri. Selain itu, perawatan ini juga berguna untuk melindungi penampilan gigi kamu agar tetap alami.

Tujuan utama dari perawatan saluran akar gigi adalah ‘mengawetkan’ gigi yang busuk dengan mengangkat pulpa dan serabut saraf yang nantinya dapat mencegah infeksi sehingga struktur gigi lama bisa tetap digunakan. Tetapi di beberapa kondisi, keadaan gigi pasien sudah mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga dikhawatirkan tidak cukup kuat. Di situasi demikian, gigi tersebut mesti direstorasi dengan memasang mahkota pasak gigi seperti memasang gigi palsu.

Apa itu pasak gigi?

Pasak gigi atau juga disebut Dental Pin & Post, merupakan salah satu jenis penunjang gigi yang digunakan pada gigi yang sudah melalui perawatan saluran akar. Memiliki dua bagian penting, yaitu pasak di bagian bawah dan core di bagian atas.

Pasak gigi dapat menjadi pilihan yang baik sebagai penguat pada crown atau tambalan gigi ketika bagian gigi asli sudah rapuh akibat infeksi (berupa lubang gigi) dan ruangan mahkota gigi asli yang memendek. Pasak gigi bisa menjadi alternatif perawatan sebelum pemasangan gigi palsu lain seperti dental crown atau dental bridge.

implan gigi

Nah, kalau Sahabat Audy berniat berkonsultasi untuk melakukan prosedur perawatan saraf gigi sekaligus memasang pasak gigi sebagai penjunjang restorasinya, maka kamu bisa langsung mendatangi klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu ya. Tentunya, servis perawatan gigi dan yang lain sebagainya didukung juga oleh dokter yang profesional serta fasilitas yang modern dan canggih.

Tunggu apalagi, Sahabat Audy? Segeralah berkunjung ke klinik Audy Dental!