Mengenal Penyebab dan Perawatan Gusi Turun

Resesi gingiva atau gusi turun, ternyata tidak boleh dianggap remeh, lho! Ini merupakan masalah kesehatan mulut yang serius yang bisa mengakibatkan hilangnya gigi. Masalah ini bisa diobati dengan beberapa cara, dilihat dari keparahan yang terjadi.

Munculnya resesi gingiva bisa diakibatkan oleh berbagai hal seperti kebersihan mulut yang kurang terjaga, kesalahan menyikat gigi, hingga faktor genetik. Resesi gingiva juga termasuk salah satu gejala penyakit gusi (periodontitis). Selain itu, kondisi ini juga bisa meningkatkan risiko gigi sensitif. Resesi gingiva ini membuat akar gigi terlihat sehingga dapat menyebabkan sensitivitas gigi dan memicu kerusakan gigi lebih lanjut. Hal ini bisa terjadi karena longgarnya perlekatan tulang dan gusi. Apabila dibiarkan, tulang dan jaringan keratinisasi berisiko mengalami kerusakan permanen.

Perawatannya bisa dilakukan dengan cara beda ataupun non-bedah. Semakin dini diagnosis dan penanganannya, semakin cepat kondisi ini teratasi. Dalam kategori ringan, resesi gingiva masih bisa diobati oleh dokter gigi dengan pembersihan secara mendalam. Pembersihan ini bisa dilakukan dengan cara scaling gigi dan root planing. Nantinya plak dan tartar yang terdapat pada gigi maupun permukaan akar bisa dibersihkan. Akar yang terlihat akan diperhalus agar plak sulit menempel.

Tindakan terkompleks yang bisa dilakukan adalah dengan cangkok gusi. Ternyata, jaringan lunak seperti gusi ini juga bisa dicangkok. Pencangkokan ini dilakukan untuk kebutuhan rekonstruksi gingival graft atau defek gusi.

Untuk mencegah gusi turun, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin. Setidaknya setiap enam bulan sekali. Cara mengidentifikasi tanda awal adalah dengan mengecek ada tidaknya karang gigi yang bisa mengakibatkan gusi turun.

Apabila Sahabat Audy ingin mencegah atau mengatasi masalah gusi turun, kamu bisa datang langsung ke AUDY Dental terdekat di kotamu. Di AUDY Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh Dokter Gigi Spesialis yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.

Yuk, segera berkunjung ke AUDY Dental sekarang!