Blog Detail

merawat veneer

Ingin Veneer Gigimu Selalu Terawat? Ketahui Dulu Cara Merawat Veneer Gigi Ini!

merawat veneer
Via – Teeth First
merawat veneer
Via – Dental Plans
merawat veneer
Via – Vox
merawat veneer
Via – Strober Dental

Dear sahabat Audy,

Kamu mungkin sudah tahu kalau prosedur mendapatkan senyum menawan dengan veneer gigi itu mudah dan nggak memerlukan waktu yang lama. Namun, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara merawat veener gigi agar tetap awet dan terjaga? Kira-kira perawatannya ribet atau nggak, sih? Lalu, untuk menjaga dan merawat veneer agar tetap putih mengkilap itu bagaimana, ya?

Nah, agar kamu nggak penasaran dan ragu-ragu, berikut tips yang harus kamu lakukan agar veneer gigimu selalu rapi dan putih bersih. Semua tips ini didapat dari Drg Aynie Yunita, SpKG, dokter gigi spesialis konservasi gigi dari Audy Dental yang handal dan berpengalaman dalam perawatan veneer gigi. Penjelasan ini pastinya akurat dan bermanfaat untukmu!

1. Hindari makanan dan minuman berwarna pekat

Layaknya gigi asli, veneer juga bisa menguning. Untuk mencegah hal itu terjadi, kamu harus menjaga makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Ada beberapa makanan dan minuman yang bisa mengubah warna gigi, antara lain soto, kopi, teh, dan alkohol.

Sebagian dari kamu mungkin sudah tahu bahwa kopi, teh, dan alkohol itu nggak baik untuk warna alami gigi. Namun, bagaimana dengan soto?

Soto biasanya mengandung kunyit sebagai pewarna alaminya. Warna kuning dari kunyit itu nggak akan hilang meski kamu gosok gigi dan akan menempel pada veneer gigimu, membuatnya kuning. Apalagi kalau veneer yang kamu pilih memiliki bahan dasar komposit dan bukan porselen.

Akan tetapi, kamu nggak perlu khawatir. Sesekali mengonsumsi makanan dan minuman tersebut nggak akan langsung membuat gigimu menguning, kok.

2. Jangan paksa gigimu untuk menggigit sesuatu yang keras

Tanpa sadar, kamu mungkin sering melakukan kebiasaan yang merusak gigi, seperti menggigit es batu, mencoba membuka cangkang kepiting dengan gigi, menggigit kuku, menggigit pulpen, atau membuka sesuatu yang keras dengan gigi. Kebiasaan ini mungkin terasa sepele, namun justru memiliki efek yang nggak baik bagi gigimu. Menurut dokter Aynie, kebiasaan buruk ini membuat gigi berpotensi retak.

Setelah gigi kamu di veneer atau meskipun gigi kamu telah dilapisi partikel lain, potensi retak itu tetap masih ada. Kadang, nggak hanya retak, tapi juga bisa menyebabkan veneer gigimu pecah dan terlepas. Karena itu, untuk merawat veneer gigimu, pastikan untuk menghindari hal ini ya!


Baca Juga: Sebelum Veneer Gigi, Ketahui Dulu Prosedurnya yang Tepat!


3. Hentikan kebiasaan merokok

Merokok nggak hanya bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada organ-organ dalam tubuhmu, tapi juga pada gigi kamu, baik yang belum di veneer ataupun yang sudah. Kandungan nikotin dalam rokoklah penyebabnya. Nikotin akan menempel pada gigi, membuatnya terlihat kuning, dan nggak akan hilang meskipun kamu sikat gigi lebih dari dua kali sehari.

4. Poles gigi adalah solusi

Bagaimana jika veneer gigimu sudah tampak mulai menguning? Apakah itu akan terus menguning selamanya? Tenang saja, jika semua sudah terjadi, kamu bisa melakukan poles gigi.

Dokter Aynie mengatakan bahwa biasanya poles gigi untuk veneer komposit dilakukan 3 bulan hingga 6 bulan sekali. Sedangkan untuk veneer porselen yang sifatnya relatif stabil, poles gigi dilakukan 5 tahun hingga 15 tahun sekali.

Apabila veneer gigimu mengalami persoalan yang lebih serius, seperti pecah atau rusak. Kamu nggak perlu takut karena bisa dilakukan pemasangan kembali. Dokter gigi terpercaya akan menjadikan perawatan veneer gigimu mudah dan praktis. Dalam beberapa jam, veneer yang rusak bisa kembali indah seperti sedia kala.


Ternyata untuk merawat veneer gigi itu nggak susah, ya? Caranya kurang lebih sama seperti saat kamu merawat gigi aslimu yang belum di-veneer.

Hanya dengan empat cara tersebut, veneer gigimu akan selalu tampak putih bersih dan pastinya bikin kamu selalu percaya diri. Nah, sekarang, kamu sudah nggak perlu ragu lagi memasang veneer? Soalnya, prosedur pemasangan dan cara merawatnya pun mudah. Tapi ingat, pilihlah dokter yang sudah berpengalaman dan ahli dalam urusan veneer gigi supaya veneer gigimu terpasang dengan baik.

Bagi kamu yang mencari dokter-dokter yang handal dan terpercaya dalam perawatan veneer, kamu bisa menemukan mereka di Audy Dental. Kalau kamu ingin memasang lapisan veneer gigi, melakukan perawatan gigi yang lainnya, atau hanya sekedar ingin bertanya soal isu gigi apapun, langsung saja hubungi kami!

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.