Novamin: Zat Pereda Sakit Gigi Yang Harus Kamu Tahu

sakit gigi

Hai, Sahabat Audy!

Kalau kamu merasakan sakit gigi secara tiba-tiba, patut diwaspadai lho kalau gigi kamu terkena gejala gigi sensitif. Beberapa indikasi barangkali pernah kamu alami sebelum kamu merasakan adanya gejala tersebut, diantaranya mengonsumsi makanan dan minuman yang panas atau dingin, terpapar asap rokok dalam waktu yang lama sehingga mengakibatkan plak pada gigi, terkena zat manis atau asam yang ada pada minuman dan makanan, menyikat gigi terlalu keras, dan lain sebagainya.

Nah, gejala gigi sensitif terjadi ketika lapisan email gigi terkikis sehingga mengakibatkan lapisan tengah gigi (dentin) terbuka sehingga sistem syaraf gigi menjadi terbuka dan akhirnya mengirimkan sinyal nyeri ke kepala. Ketika kamu merasakan nyeri, pasti akan berefek pada mood dan aktivitas kamu lho, Sahabat Audy.

Bila berlarut-larut, langkah jangka pendek yang mesti kamu ambil diantaranya menggunakan obat atau pasta gigi yang mengandung zat pereda untuk gigi sensitif kamu. Tapi kadang kamu bingung, kamu mesti memilih produk yang mana ya? Apa saja kandungan yang cocok sebagai pereda sakit gigi karena gejala gigi sensitif itu? Setelah ini kamu harus mengetahui sebuah senyawa bernama Novamin, yang akan jadi tameng dari gejala gigi sensitifmu. Penasaran?

Apa itu Novamin

Dilansir dari berbagai sumber, salah satu kandungan senyawa yang mampu menjadi pereda sakit gigi adalah Novamin. Memiliki formula kimia yaitu CaNaO6PSi, Novamin merupakan senyawa bioaktif yang memiliki bentuk seperti hidroksiapatit yang berfungsi untuk membentuk lapisan pelindung di tubulus dentin dan memiliki struktur kimia yang mirip dengan mineral pada lapisan tengah gigi. Dari berbagai kandungannya seperti kalsium, sodium, fosfat, dan silikat maka senyawa tersebut dipercaya dapat memperbaiki lapisan yang rentan rusak pada gigi sensitif.

novamin pereda sakit gigi
Sumber: medium.com/@ravenstine

Ketika digunakan, senyawa Novamin ini sudah menyatu ke dalam pasta gigi yang khusus dirancang untuk gigi sensitif. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa pasta gigi yang mengandung setidaknya 5% dari Novamin ini akan mampu menjadi pereda sakit gigi akibat gejala gigi sensitif secara signifikan. Selain itu, Novamin juga dapat membentuk lapisan mineral gigi hingga 1.5 kali lebih kuat dari lapisan alami dentin. Kabar baik kan, Sahabat Audy? Kamu hanya tinggal mencari merk pasta gigi yang mengandung Novamin, tentunya mudah dicari dengan bantuan internet.

Tetapi, mengobati saja tidak cukup, Sahabat Audy. Dalam jangka panjang, kamu tetap harus melakukan pencegahan agar gejala sakit gigi akibat gigi sensitif kamu tidak tiba-tiba kambuh lagi. Beberapa cara yang dapat kamu jalani, diantaranya adalah menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut ketika menggosok gigi, menghindari makanan atau minuman yang panas atau dingin, dan menghindari menggosok gigi terlalu keras.

Kalau Sahabat Audy merasa bahwa gejala gigi sensitifmu sudah sulit diantisipasi, maka ada baiknya langsung dikonsultasikan dengan dokter gigi agar langsung menemui akar masalahnya. Bisa jadi, ada gigi yang sudah berlubang sehingga membutuhkan langkah pengobatan lanjutan. Untuk itu, Sahabat Audy bisa mengunjungi klinik Audy Dental terdekat untuk menemui dokter gigi yang professional dan tentunya sudah dilengkapi dengan fasilitas terbaik.

Yuk, jangan tunda-tunda lagi, Sahabat Audy!