Blog Detail

prosedur veneer gigi

Jangan Sampai Salah Kaprah, Baca Dulu Prosedur Veneer Gigi yang Tepat!

Dear sahabat Audy,

Ingin punya gigi yang cantik layaknya para selebriti? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan gigi yang putih dan rapi adalah dengan melakukan perawatan veneer gigi.

Secara sederhana, veneer merupakan suatu pelapis permukaan gigi yang ditempel secara permanen untuk menutupi kekurangan gigi dan mempercantiknya.

Apakah kamu berencana melakukan veneer gigi dalam waktu dekat? Agar kamu tambah yakin sebelum memulainya, ada baiknya kamu cari tahu dulu prosedur veneer gigi yang harus kamu lalui.

Nah, untuk mendapat jawaban lengkap dan pasti, coba baca prosedur veneer gigi menurut Drg Aynie Yunita, SpKG berikut ini. Dokter Aynie Yunita sendiri adalah salah satu dokter spesialis konservasi gigi yang ahli dalam perawatan veneer gigi.

1. Konsultasi dulu dengan doktermu

prosedur veneer gigi
Via – True Dental

Sama halnya dengan perawatan gigi lain, prosedur yang pertama kali wajib kamu lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter pilihanmu. Dalam prosedur veneer gigi ini, dokter akan memeriksa kondisi gigimu dan menentukan langkah apa saja yang harus diambil.

Misalnya saja, dokter menemukan bahwa susunan gigi kamu terlalu berantakan, maka veneer bisa dilakukan setelah gigimu dibehel sebelumnya. Atau mungkin dokter menemukan adanya lubang gigi dengan saluran akar yang bermasalah di gigimu.

Kalau itu terjadi, maka kamu harus melakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu sebelum kamu bisa memulai proses perawatan veneer gigi.

2. Menentukan material

prosedur veneer gigi
Via – 3 Benefits

Prosedur veneer gigi yang selanjutnya adalah menentukan material untuk veneer gigimu.

Ketika kamu ingin memberikan lapisan veneer pada gigimu, ada dua material yang bisa kamu pilih, yaitu komposit atau porselen. Komposit bersifat direct atau langsung dipasang pada gigimu. Sementara itu, porselen harus diproses dulu pembuatannya di lab sebelum bisa dipasang pada gigimu.

Penentuan material untuk veneer ini juga akan mempengaruhi durasi proses pemasangan veneer. Jika kamu memilih material komposit, kamu bisa langsung melakukan pemasangan veneer pada saat itu juga.

Bila kamu memilih porselen, maka kamu perlu menunggu dulu sekitar satu atau dua minggu selagi veneer porselenmu dicetak di lab. Selama proses pencetakan tersebut, gigimu akan dipasang veneer sementara.

3. Menentukan warna dan jumlah gigi

prosedur veneer gigi
Via – Savernake

Banyak orang yang sering salah kaprah soal veneer. Mereka menganggap bahwa lapisan veneer harus dipasang pada semua gigi dan warnanya selalu putih mentereng. Padahal, hal tersebut tidaklah benar, lho.

Veneer bisa dilakukan hanya pada satu atau dua gigi yang keadaannya renggang, terlalu banyak tambalan, ataupun terdapat bercak kecoklatan/kehitaman dengan kondisi yang parah.

Jadi, kamu nggak perlu khawatir semua gigimu harus diveneer. Veneer hanya akan dipasang pada gigi yang membutuhkan atau gigi yang kamu inginkan saja, kok.

Lalu mengenai warna, kamu juga nggak perlu khawatir bila warnanya putih mentereng. Pasalnya, warna veneer gigi bisa disesuaikan dengan keinginanmu.

Kamu bisa meminta dokter untuk menyamakannya dengan warna asli gigimu atau beberapa tingkat lebih cerah daripada warna asli. Jika kamu melakukan bleaching pada gigimu yang lain, warna veneer gigi juga bisa mengikuti warna gigi aslimu yang di-bleaching.

Jika kamu ingin melakukan smile make over secara total, pemasangan veneer juga disesuaikan mengikuti bentuk senyum kamu atau smile line. Apabila bentuk senyumanmu tidak lebar, maka kamu hanya perlu veneer 16 gigi, yakni 8 gigi atas dan 8 gigi bawah. Namun, jika kamu punya smile line yang lebar, maka kamu perlu veneer 20 gigi, yakni 10 atas dan 10 bawah.

4. Pemasangan veneer

prosedur veneer gigi
Via – Rozenberg

Sebelum pemasangan veener, gigi kamu akan dikikis terlebih dahulu, sehingga sebagian permukaan gigi kamu akan hilang dan digantikan oleh veneer yang akan dipasang.

Oleh karena itu, kamu nggak boleh pasang veneer di sembarang tempat, percayakan gigimu di dokter gigi yang sudah berpengalaman dan ahli dalam perawatan veneer.

Menurut dokter Aynie, veneer ini sifatnya estetik dan mengandung seni. Setiap dokter punya cara yang berbeda-beda dan menghasilkan lapisan veneer yang berbeda pula. Jadi, keterampilan dan pengalaman dokter harus betul-betul diperhatikan.

Selama gigi kamu dilapisi veneer oleh expert, kamu tidak akan merasa sakit dan tidak ada efek sampingnya. Bahkan, dalam beberapa menit saja, gigi kamu sudah bisa digunakan untuk makan seperti sebelumnya.


Ternyata tidak terlalu rumit ya prosedur yang perlu diikuti untuk mendapatkan veneer gigi? Hanya dengan empat langkah saja, kamu bisa mendapatkan gigi putih menawan tanpa perlu merasa sakit.

Tapi ingat, pilihlah dokter yang sudah berpengalaman dan ahli dalam urusan veneer gigi supaya lapisan veneer-mu terlihat alami .

Bagi kamu yang mencari dokter-dokter yang handal dan terpercaya dalam perawatan veneer, kamu bisa menemukan mereka di Audy Dental.

Kalau kamu ingin memasang lapisan veneer gigi, melakukan perawatan gigi yang lainnya, atau hanya sekedar ingin bertanya soal isu gigi apapun, langsung saja hubungi kami!


Baca juga: Yuk, Hilangin Bau Mulut Dengan 5 Tips Ini!


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.