Ternyata, Banyak Juga Tipe Dokter Gigi yang Kita Nggak Kenal

Tipe Dokter Gigi

Sumber: First Post

Mungkin kamu bingung harus pergi ke mana kalau mau mengadukan masalah gusimu yang meradang. Atau gigi bolong. Atau sakit gigi yang nggak diketahui penyebabnya.

Haruskah ke dokter gigi biasa atau dokter gigi spesialis? Kalau spesialis, spesialis apa? Apa yang membuat mereka spesial?

Dalam keadaan sakit, pasti akan makin menyiksa kalau kamu nggak tahu harus meminta pertolongan pada siapa.

Nah. Biar nggak muter-muter bolak-balik mencari penyelamat gigimu, mending kenalan dulu dengan 8 (yup, sebanyak ini) tipe dokter gigi spesialis ini! Apa aja?

1. Dokter gigi anak

Tipe Dokter Gigi

Sumber: My Baby

Dokter gigi yang satu ini punya tantangan yang besar karena pasien yang mereka tangani. Anak-anak sebagai pasien yang cenderung takut dengan dokter gigi sulit banget mau menurut.

Selain harus bisa membuat anak tenang saat diperiksa, dokter ini juga harus mampu meninggalkan kesan yang bersahabat pada si anak. Biar kedepannya nggak kapok ke dokter lagi. Makanya, mereka dibekali psikologi anak sewaktu kuliah.

2. Orthodontist

Buat kamu yang merasa gigimu nggak tertata seperti seharusnya, kamu perlu mencari ahli orthodontist. Mereka adalah dokter yang punya keajaiban estetika. Mereka adalah seniman yang bisa menyempurnakan susunan gigi kamu.

3. Endodontist

Tipe Dokter Gigi

Sumber: skyesxsquad

Kalau dokter gigi ini adalah dokter yang kamu sering temui. Mereka sangat ahli dalam menambal gigi, merawat gigi berlubang, melakukan perawatan saraf gigi (perawatan saluran akar) dan banyak lagi!

Perawatan estetika gigi seperti veneer gigi, crown gigi, dan bleaching (teeth whitening) juga termasuk beberapa keahlian dokter ini.

Mereka sering dianggap dokter gigi umum oleh masyarakat. Padahal, masih ada 5 dokter spesialis lagi yang punya keahlian khusus!

4. Periodontist

Tipe Dokter Gigi

Via – Audy Dental

Membersihkan karang gigi merupakan makanan sehari-hari untuk dokter gigi ini. Selain itu, dokter ini juga menguasai masalah-masalah pada gusi, seperti penurunan gusi, gusi berdarah, atau radang gusi.

Perawatan kecantikan gusi seperti gum lifting untuk menghilangkan keluhan gusi terlihat saat senyum juga menjadi bagian dari keahlian mereka.

Selain itu, buat kamu yang gusinya hitam karena merokok bisa datang ke dokter ini untuk mengembalikan warna gusi (gum rejuvenation/ gingival ablation)kamu menjadi pink yang sehat dan cerah.

5. Ahli bedah mulut

Tipe Dokter Gigi

Sumber: Ygeiapress

Jika kamu memiliki masalah gigi yang cukup aneh, dan dokter endodontis bingung menanganinya, dokter bedah mulut akan turun tangan!

Dokter bedah mulut merupakan ahli dalam masalah pencabutan gigi kompleks, operasi gigi bungsu, kista, tumor, ataupun rahang yang bermasalahnya.

Pokoknya, penyakit-penyakit yang butuh prosedur kompleks (seperti operasi), dokter bedah mulutlah ahlinya.

6. Prostodontist

Tipe Dokter Gigi

Sumber: istockphoto

Gigi patah atau gigi copot karena jatuh bukan jadi halangan buat kamu tampil tetap menawan. Tenang aja, kamu tinggal berkunjung ke dokter gigi prostodontis*! Mereka bisa menghilangkan rasa nggak percaya diri kamu karena gigi ompong. Mereka ini ahlinya membuat gigi palsu yang sesuai dengan rahangmu.

7. Oral medicine

Tipe Dokter Gigi

Sumber: Dental Aux Austin

Dokter gigi ini punya keahlian khusus di bidang penyakit mulut (dokter mulut), seperti sariawan, jamur pada mulut, bakteri, dan berbagai infeksi virus. Mereka ini akan bekerja sama dengan dokter gigi bedah mulut jika pasiennya membutuhkan prosedur pembedahan

8. Dental radiologist

Tipe Dokter Gigi

Sumber: Tender Care Dental

Dokter ini tidak membantu pasiennya dengan alat-alat medis, tapi dengan hasil analisis yang dia berikan. Dokter ini memiliki keahlian untuk menginterpetasi hasil radiologi gigi seorang pasien dan akhirnya memutuskan apakah gigimu perlu dibedah atau tidak.


Ternyata pekerjaan dokter gigi itu bukan hanya menambal gigi bolong, memasang kawat gigi, ataupun mencabut gigi. Mereka memiliki bidang yang dikerjakan sesuai keunggulan mereka.

Jadi, kalau ada kegelisahan di mulut, sudah tahu dong harus konsultasi ke dokter gigi yang mana?

Nah. Setelah memahami informasi tentang dokter gigi spesialis, kamu juga harus mencari dokter gigi yang memang memiliki pengalaman dan latar belakang yang bisa dipercaya! Tim dokter-dokter gigi spesialis Audy Dental salah satunya!

2 Comments
  1. Petrus Anthony Jehadu May 17, 2017 at 1:45 pm - Reply

    Dear Audydental
    Boleh minta price list utk bedah mulut dan konservasi Gigi.
    Terimakasih @[email protected]

  2. Mega Liu May 21, 2017 at 8:19 am - Reply

    Dear audydental boleh minta prce list untuk bedah Mulut email nya : [email protected]
    dan mau tanya kalau gigi bungsu lgi sakit langsung ke dokter umum nya dulu atau langsung ke dokter bedah nya ya???

Leave a Comment

Your email address will not be published.