Blog Detail

Yuk, Kenali Profesi Seorang Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut

Hai, Sahabat Audy!

Bagi kamu yang rasanya masih awam dengan beberapa spesialisasi dari bidang kedokteran gigi, mungkin kamu masih mengira kalau dokter gigi itu bisa melakukan banyak hal ketika memeriksa gigi, memperindah tampilan gigi, bahkan hingga membedah keseluruhan bagian mulut. Ternyata nggak begitu lho Sahabat Audy, karena seorang dokter gigi juga memiliki spesialisasinya sendiri yang berbeda-beda. Jadi, dokter spesialis gigi yang bertemu dengan kamu di ruang konsultasi dan di ruang perawatan bisa jadi berbeda orangnya, tergantung apa masalah pada gigi yang ingin kamu atasi.

Untuk Sahabat Audy yang ingin berkonsultasi mengenai berbagai masalah pencabutan gigi dan operasi gigi maupun rahang, maka pastikan kamu direkomendasikan menemui dokter gigi spesialis bedah mulut. Apakah kamu mengenal salah satu profesi ini. Sahabat Audy?

Tentang Keprofesian Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut

Memiliki gelar SpBM, dokter gigi spesialis bedah mulutadalah dokter yang memiliki latar belakang pendidikan dokter gigi, yang nantinya menyelesaikan spesialisasi di bidang ilmu bedah mulut. Pendidikan dokter gigi spesialis bedah mulut ditempuh selama 8-10 semester untuk mendapat gelar dokter gigi secara umum terlebih dahulu, lalu nantinya melanjutkan pendidikan spesialisasi bedah mulut selama kurang lebih 12 semester.

Keahlian yang dimiliki oleh seorang SpBM adalah melakukan tindakan bedah rahang, penanaman implan gigi, operasi gigi bungsu dengan berbagai faktor penyulit, operasi tumor dan keganasan pada kepala, leher, dan rongga mulut, tindakan perawatan celah bibir dan langit – langit mulut, bedah koreksi asimetri wajah, bedah sendi rahang, dan sebagainya. Wah, spesifik banget ya Sahabat Audy!

Memiliki pengetahuan untuk melakukan diagnosis, melakukan pencegahan, maupun perawatan yang lebih baik, dokter gigi spesialis bedah mulutjuga biasanya berkolaborasi dengan dokter spesialis lain yang terkait, seperti misalnya dokter bedah THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan), dokter bedah plastik, hingga dokter onkologi yang berkaitan dengan penyakit kanker.

Nah Sahabat Audy, ruang lingkup penyakit yang dapat ditangani oleh dokter gigi spesialis bedah mulutini memang cukup luas, tapi yang biasanya langsung dikonsultasikan oleh pasien yang dirujuk ke spesialisasi ini biasanya akan berkutat pada bentuk perawatan seperti:

  1. Implan Gigi, yaitu sebuah proses dari pemasangan sekrup titanium yang ditanam pada rahang gigi untuk menjadi penyangga gigi pengganti, yang juga memiliki fungsi yang sama seperti akar gigi. Proses implan dapat dilakukan baik di tulang rahang atas maupun rahang bawah yang nantinya akan beradaptasi dan menyatu dengan tulang rahang seperti gigi yang normal.
  2. Operasi gigi bungsu, merupakan proses ekstraksi (pencabutan) gigi geraham yang tumbuh terakhir, yang biasanya terjadi di akhir usia remaja pada usia 17 tahun hingga masa dewasa muda pada usia 25 tahun. Hal ini sering terjadi sebab tidak adanya ruang yang cukup untuk pertumbuhannya, dan akhirnya menekan di ruang tumbuh gigi yang sudah eksis sehingga akan terasa sangat menyakitkan.
  3. Operasi rahang, yaitu operasi yang dilakukan untuk memperbaiki kelainan pada bentuk rahang bagian atas (maksila) atau pada rahang bagian bawah (mandibula). Dengan melakukan operasi rahang ini, dokter spesialis bedah mulut dapat mengatur posisi rahang agar dapat berfungsi lebih baik, terutama kelainan gigi atau rahang yang sulit ditangani dengan bedah ortodontik.

Nah, setelah Sahabat Audy mengetahui salah satu profesi dokter spesialis ini, apakah kamu mulai berniat mencari informasi dokter spesialis bedah mulut yang terbaik?

Tenang, Sahabat Audy bisa langsung saja mendatangi klinik gigi Audy Dental yang memiliki cabang terdekat di kotamu, ya. Dengan memilih Audy Dental, maka kamu juga memilih jasa dari dokter spesialis gigi yang berpengalaman dan profesional serta ditunjang juga dengan peralatan yang mutakhir di bidangnya.

Tunggu apalagi, Sahabat Audy? Segera berkunjung ke Audy Dental ya!

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.