Layanan Kesehatan Gigi Anak Di Audy Dental

Spesialistik kedokteran gigi anak merupakan bagian dari praktek kedokteran gigi yang berfokus pada kesehatan gigi dan mulut anak.  Tim dokter gigi spesialis anak Audy Dental telah melewati program studi dan pengalaman praktek yang mempersiapkan tim kami untuk memenuhi kebutuhan bayi, anak-anak dan remaja, termasuk anak dengan kebutuhan perawatan kesehatan khusus.

Pengalaman perawatan gigi anak yang menyenangkan ke klinik kami akan menanamkan rasa percaya dan kebiasaan yang akan bertahan seumur hidup mereka. Tujuan kami, adalah untuk membantu semua anak merasa senang mengunjungi dokter gigi dan membantu mengatasi masalah gigi dan mulut anak Anda. Perawatan gigi anak yang dapat dilakukan di klinik kami antara lain:

1. Pemeriksaan rutin (routine dental check-up)

Membiasakan anak periksa ke dokter gigi sejak dini merupakan strategi yang baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Dengan pemeriksaan rutin, masalah gigi dan mulut anak dapat segera ditangani sehingga tidak menimbulkan kondisi yang lebih parah. Dalam pemeriksaan rutin, kadang diperlukan pemeriksaan penunjang dengan menggunakan rontgen digital berdosis rendah. Tim dokter gigi anak akan memastikan kondisi gigi dan mulut anak Anda dimonitor secara detail.

2. Dental health education

Melalui Dental health education ini, anak-anak diajarkan mengenai cara menyikat giginya dengan benar, cara menjaga kebersihan mulut yang baik, kebiasaan makan yang dapat menyebabkan gigi berlubang, juga pentingnya check up reguler untuk menjaga kesehatan gigi dan kesehatan mulut yang baik.

3. Pembersihan rutin (oral prophylaxis)

Tujuan dari oral prophylaxis adalah untuk membersihkan plak dan noda/stain yang sering menempel pada permukaan gigi anak. Permukaan gigi yang bersih merupakan bagian dari kesehatan gigi dan mulut anak yang baik.

4. Aplikasi fluoride

Fluorida topikal merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk mencegah gigi berlubang dan menambah kekuatan gigi, pemakaiannya dengan cara diaplikasikan pada permukaan gigi. Fluoride sangat baik untuk digunakan pada anak-anak dengan faktor resiko gigi berlubang yang tinggi.

5. Penambalan sederhana dengan bahan tambal sewarna gigi

Lubang pada gigi anak perlu ditambal sebelum semakin membesar dan menyebabkan rasa sakit pada gigi anak Anda. Penambalan sederhana dapat dilakukan di Audy Dental dengan menggunakan bahan tambal sewarna gigi.

6. Aplikasi sealant untuk pencegahan gigi berlubang

Sealant merupakan bahan tambal pencegahan untuk menutup permukaan gigi yang berfisur/berkelok dalam sehingga sisa makanan menjadi lebih mudah dibersihkan dan anak terhindar dari resiko gigi berlubang.

7. Perawatan saluran akar dan mahkota gigi

Pada anak dengan lubang gigi yang besar dan dalam, yang sering disertai dengan keluhan sakit maupun pembengkakan, diperlukan perawatan saluran akar untuk membersihkan saluran akar gigi anak yang terinfeksi. Setelah perawatan ini selesai dilakukan, dilanjutkan dengan restorasi mahkota gigi anak.

8. Ekstraksi

Pada kasus kerusakan gigi yang meluas hingga tidak memungkinkan restorasi, pencabutan/ekstraksi menjadi pilihan perawatan agar kerusakan gigi tidak menjalar ke jaringan sekitar gigi anak.

9. Space maintainer

Kehilangan gigi dini di dalam rongga mulut anak perlu dirawat dengan pemasangan space maintainer untuk menjaga ruang gigi yang hilang sebagai tempat tumbuhnya gigi pengganti.

10. Perawatan trauma dan darurat

Pada kasus trauma seperti gigi yang patah maupun hilang karena terbentur, jatuh, maupun kecelakaan, diperlukan perawatan yang tepat untuk mencegah kerusakan gigi yang lebih parah. Tim dokter gigi anak Audy Dental akan dengan sigap menangani kasus trauma gigi anak Anda.

11. Perawatan orthodonti

Perawatan orthodonti sejak usia anak sangat baik dilakukan mengingat anak berada dalam puncak usia pertumbuhan dan perkembangannya. Susunan gigi yang rapi tentunya akan meningkatkan rasa percaya diri anak Anda dan meningkatkan kesehatan gigi dan mulutnya. Audy Dental menyediakan berbagai jenis perawatan orthodonti untuk anak  seperti alat orthodonti lepasan, behel metal, behel estetik, behel damon, hingga teknologi terbaru yaitu Invisalign.

12. Perawatan gigi untuk anak dengan kebutuhan khusus

Anak dengan kebutuhan khusus seperti anak dengan autism, ADHD, Down syndrome, maupun kondisi lain memerlukan penanganan khusus dari dokter gigi anak. Tim Audy Dental memiliki perhatian khusus akan hal ini dan siap membantu anak Anda dalam perawatan kami.

Audy Dental Ramah Anak

Audy Dental School Program

Share :
Facebook Twitter Plusone Pinterest Email