Berbagai Jenis Behel Yang Ada Saat Ini

Sebelum memutuskan untuk memasang behel, ada baiknya kamu membaca artikel ini. Behel ada berbagai macam lho… Masing-masing punya keunggulannya sendiri-sendiri. Berikut ulasannya:

Behel Metal

Behel metal (stainless steel) adalah tipe behel yang paling populer saat ini. Jika kamu memilih behel metal, Audy dental memiliki beberapa macam merk buatan USA yang paling nyaman, efisien, up-to-date, dan berteknologi tinggi dari berbagai macam behel yang tersedia. Pemilihan behel yang berkualitas sangat penting karena behel akan tetap stay menempel di gigi kamu selama masa perawatan yang umumnya berkisar 1-2 tahun atau bahkan lebih (pada kasus berat). Kualitas behel juga menentukan efisiensi jangka waktu perawatan. Oleh karena itu, pastikan behel metal yang kamu miliki memenuhi standar kualitas jangka panjang.

Bagi kamu yang suka berekspresi dengan warna dan trend saat ini, berbagai pilihan bentuk dan warna karet bisa diganti tiap kunjungan. So, feel free untuk mengekspresikan dirimu di setiap kunjungan kontrol behel.

Behel Estetis/Sewarna Gigi

Behel estetis/sewarna gigi bisa menjadi alternatif buat kamu yang tidak ingin behel terlalu terlihat. Fungsi behel estetis sama dengan behel metal. Seperti behel metal, behel estetis juga sangat nyaman dan efisien menggerakkan gigimu. So, it’s all about taste! Pengen yang metal atau yang sewarna, keputusan ada di tangan kamu! ^__^

Invisalign

Invisalign adalah teknologi untuk merapikan gigi tanpa kawat dan tanpa terlihat. Orang tidak akan mengetahui kamu sedang dirawat orthodonti. Alatnya terdiri dari beberapa seri alat berbentuk plastik transparan yang bisa dilepas pasang. Invisalign dibentuk sesuai dengan susunan gigimu secara 3 dimensi dengan menggunakan teknologi computer dan akan diganti setiap 2 minggu. Bentuk alat akan sedikit demi sedikit diubah untuk menggerakkan gigi sesuai dengan tujuan akhir yakni gigi tersusun rapi dan indah. Namun, invisalign penggunannya terbatas, hanya dapat digunakan pada kasus-kasus ringan dan sedang. Pada kasus yang parah, invisalign bukan merupakan solusi ideal. Oleh karena itu, konsultasikan ke dokter gigi orthodonti untuk mengetahui apakah kamu bisa dirawat dengan invisalign atau tidak.

Sistem Damon

Behel damon mirip dengan behel metal namun memiliki pengunci kawat sendiri (self-ligating) sehingga penggunaan karet tidak diperlukan. Damon memiliki keunggulan lebih higienis, lebih nyaman, lebih cepat pergerakan giginya dan lebih sedikit frekuensi kontrol yang diperlukan dibandingkan dengan behel pada umumnya.

 

Behel Lepasan

Behel tipe ini umumnya digunakan pada anak-anak di usia 8 -12 tahun atau pada kasus-kasus ringan. Behelnya bisa dilepas pasang dan memiliki plat akrilik dibagian dalamnya. Behel dipakai setiap hari dan dilepas saat makan.

Share on:
Facebook Twitter Plusone Pinterest Email