Blog Detail

Perawatan Gigi Tiruan

Pernah Mengalami 5 Hal Ini? Mungkin Sudah Saatnya Kamu Melakukan Implan Gigi!

Dear sahabat Audy,

Mengurus gigi memang kadang terasa mudah. Saking mudahnya, banyak orang malah meremehkan perawatan gigi. Akibatnya, gigi malah menjadi rusak dan membutuhkan perawatan lebih.

Memang nggak semua masalah gigi diakibatkan karena kelalaian kita sendiri. Contohnya, masalah gigi yang seringkali dilakukan akibat kecelakaan atau masalah kesehatan gigi lainnya.

Karena itulah diperlukan solusi seperti implan gigi agar gigi tetap terlihat cantik. Nah, apa sih implan gigi itu? Implan gigi adalah proses pemasukkan logam titanium ke dalam rahang gigi untuk menggantikan akar gigi yang rusak yang harus dicabut.

Yuk, simak beberapa tanda-tanda kamu harus melakukan implan gigi!

1. Gigi keropos atau retak

implan gigi

Sumber: Dove Dental Care

Solusi untuk gigi keropos atau retak memang nggak hanya dengan implan gigi. Namun, kalau kerusakan gigi sudah cukup parah, maka satu-satunya solusi yang bisa dilakukan hanyalah dengan implan gigi.

Pada umumnya, dokter gigi akan mencoba untuk ‘menyelamatkan’ struktur gigi sebaik mungkin. Tapi, ada saatnya implan gigi menjadi solusi terbaik untuk mengganti gigi yang sudah keropos.

2. Gigi palsu yang tidak nyaman

implan gigi

Sumber: socialdentsandona

Tanda kedua yang harus kamu perhatikan adalah penggunaan gigi palsu alias dentures. Ketika kamu memakai gigi palsu, kamu akan merasa ada benda asing yang memenuhi mulut yang membuat tidak nyaman.

Nggak hanya itu, kamu juga harus bertahan dengan kawatnya di mulut yang bisa mengganggu estetika saat senyum atau bicara.

Nah, terkadang untuk menghindari ketidaknyamanan seperti ini, banyak orang mulai beralih ke implan gigi. Bagaimana nggak? Kamu cukup melakukan perawatan layaknya gigi normal setiap harinya. Dan implan gigi tidak terasa seperti pakai gigi palsu. Rasanya sama seperti gigi asli. Jadi kamu seperti tidak sedang memakai apa-apa di mulutmu.

Selain itu, terkadang gigi palsu juga bisa menjadi kendor akibat pergerakan atau pertumbuhan tulang rahang. Situasi seperti ini bisa mengganggu rutinitas makan kamu, maka dari itu terkadang lebih baik langsung melakukan implan gigi saja.

3. Kesulitan mengunyah makanan

implan gigi

Sumber: Food Insight

Alasan yang satu ini bisa juga disebabkan karena gigi bolong. Nggak hanya itu saja, gigi geraham yang dicabut pun bisa menyebabkan kesulitan pada saat mengunyah makanan.

Memang kamu nggak harus melakukan implan gigi ketika ada gigi kamu yang baru dicabut. Tapi, jika kamu sudah mulai merasa tidak nyaman pada saat makan, jangan ragu untuk melakukan implan gigi.

4. Ekspresi wajah yang cenderung masuk ke dalam

implan gigi

Sumber: Utah Oral & Facial Surgeons

Jangan anggap remeh! Ketika kamu bercermin dan melihat ekspresi wajah yang sedikit out of place, gangguan pada mulut atau gigi bisa jadi penyebabnya.

Hal ini diakibatkan oleh masalah tulang pada bagian rahang dan dagu. Umumnya yang menjadi akar dari masalah ini adalah karena pemasangan gigi palsu. Gigi palsu nggak menstimulasikan pertumbuhan tulang, sehingga tulang pun terus mengalami penyusutan.

Berbeda dengan gigi palsu, implan gigi menggunakan bahan titanium yang dapat menjadi satu dengan sel-sel tulang.

5. Rasa minder akibat kerusakan gigi

implan gigi

Sumber: WCBraces

Infeksi yang mengharuskan kamu mencabut gigi kamu juga merupakan tanda-tanda kamu harus melakukan implan, lho.

Nggak hanya semata-mata karena alasan kesehatan saja, tapi juga estetika kamu. Memang ada beberapa orang yang nggak terlalu mempedulikan penampilan wajah. Tapi, sebagian besar orang khususnya anak muda akan merasa minder ketika senyum indah terganggu oleh gigi yang rusak atau ompong.

Untuk menghindari hal ini, kamu bisa melakukan implan gigi. Dijamin senyum akan terlihat lebih menawan kalau gigi kamu lengkap bukan?


Untuk melakukan dental implan memang memerlukan bantuan Prosthodontist atau Dokter Spesialis Bedah mulut profesional. Jika kamu masih belum menemukan tempat atau klinik yang bisa mengimplan gigi dengan sempurna, coba kunjungi Audy Dental.

Di sini, kamu nggak hanya bisa melakukan implan gigi saja, lho. Klinik Audy Dental juga menawarkan beberapa servis gigi lainnya, termasuk pemasangan behel gigi. Yuk, langsung saja dicek!

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.