Blog Detail

Mau Membersihkan Karang Gigi? Berikut Ulasan Yang Mesti Kamu Tahu

Hai, Sahabat Audy!

Salah satu perawatan yang umum ditemui pada praktik di klinik gigi adalah pembersihan karang gigi. Apakah Sahabat Audy termasuk orang yang berkala membersihkan karang gigi? Sebenarnya, salah satu masalah yang paling mudah disadari oleh setiap orang tentunya adalah kotoran yang menyelip diantara permukaan dan sela-sela gigi. Kebiasaan menyikat gigi minimal dua kali sehari tentunya sangat bagus, tetapi itu belumlah cukup untuk mengurangi potensi ancaman plak dan karang gigi yang terjadi karena barangkali cara dan pola menyikat gigi yang tidak bersih secara menyeluruh.

Karang gigi, adalah sebuah kondisi saat lapisan kotoran sisa-sisa makanan dan minuman yang tidak hilang secara sempurna dan mengendap dalam waktu yang lama dalam mulut. Sebelum menjadi karang gigi yang biasanya berwarna gelap menghitam, endapan kotoran pada gigi tadi awalnya membentuk plak gigi yang tercampur dengan bakteri yang berasal dari air liur. Dalam waktu yang lama, plak gigi yang tak kunjung bersih itu akhirnya mengeras dan menghitam sehingga membentuk karang gigi yang berpotensi merusak permukaan gigi bahkan hingga mahkota gigi.

plak gigi

Nah Sahabat Audy, tentunya kondisi yang buruk itu tidak ingin kamu alami, kan? Selain mengganggu penampilan, tentunya itu akan membuat banyak masalah lain seperti rasa nyeri ketika mengunyah hingga gigi menjadi sensitif setiap waktu. Untuk itu kamu mungkin harus segera bertemu dokter gigi untuk melakukan pembersihan (scaling) dengan alat yang khusus.

Scaling Gigi

Scaling gigi adalah sebuah prosedur untuk membersihkan karang gigi yang terdapat pada bagian permukaan gigi dan sela-sela gigi maupun gusi. Dalam praktiknya, dokter akan menggunakan alat yang khusus untuk membersihkan kotoran hingga ke bagian-bagian yang sulit dijangkau ketika menyikat gigi. Alat-alat tersebut diantaranya adalah scaler manual, scaler supersonik, dan scaler ultrasonik. Salah satu alat yang populer digunakan untuk membersihkan karang gigi yaitu scaler ultrasonik lho, Sahabat Audy. Kira-kira, bagaimana ya cara kerjanya?

scaling gigi di audy dental
Scaling gigi manual

Nah, alat ini merupakan alat bantu untuk melakukan scaling dengan prinsip menggunakan gelombang ultrasonik. Alat ini bekerja dengan gaya elektromagnetik yang mengalir melalui unit genggam yang menyebabkan ujungnya bergetar dengan cepat. Getarannya berkisar diantara 25.000-45.000 kali per detik sehingga masuk ke daerah ultrasonik.

Nah, ujung dari ultrasonic scaler ini akan dilewati air yang akan menciptakan gelembung kecil yang efeknya disebut kavitasi. Tak jarang, ketika proses kavitasi ini terjadi maka air yang menyemprot ke daerah gigi akan terasa sangat dingin pada daerah gigi tertentu. Cara ini sudah terbukti efektif untuk menghancurkan dinding sel bakteri yang ada pada gigi, Sahabat Audy.

scaling gigi audy dental

Utamanya, dengan getarannya yang kuat dan berulang-ulang, maka ujung dari ultrasonic scaler ini dapat memecahkan endapan plak yang mengeras pada gigi yang dapat mempermudah kerja dokter gigi dan mengefektifkan waktu kamu sebagai pasien. Walaupun terlihat rumit, proses scaling gigi tidak menakutkan seperti yang diperkirakan kok. Untuk Sahabat Audy yang tidak tahan dengan rasa ngilunya, maka nantinya akan diberikan obat bius oles di sekitar gusi.

Harga Membersihkan Karang Gigi

Setelah mengetahui ulasan lengkap terkait pembersihan karang gigi (scaling), maka Sahabat Audy pun pasti ingin tahu berapa harga untuk membersihkan karang gigi itu. Dalam kisaran tertentu, biaya yang dibutuhkan adalah Rp375.000-600.000 tergantung banyak atau tidaknya karang yang ada pada gigi. Pada tempat tertentu, dengan peralatan yang canggih dan dokter yang ahli, tentunya harganya akan lebih mahal.

Tapi tidak usah khawatir Sahabat Audy, karena dengan kisaran harga yang bersaing tersebut klinik gigi Audy Dental menawarkan jasa perawatan gigi yang baik dan terpercaya, dengan fasilitas yang tentunya mendukung hasil yang optimal.

Segera kunjungi klinik Audy Dental di kotamu ya!

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.