Konsumsi Sumber Vitamin D untuk Gigi yang Sehat

konsumsi-sumber-vitamin-d-untuk-gigi-yang-sehat

Halo, Sahabat Audy!

Vitamin D sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu penyerapan kalsium. Nah, kalsium ini memiliki peran yang cukup penting untuk menyusun dan memperkuat jaringan gigi dari dalam. Tidak hanya itu saja, vitamin D juga mampu mencegah timbulnya radang gusi dan risiko gigi berlubang.

Sumber Vitamin D

Jika bicara soal vitamin D, sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang paling mudah didapat. Walaupun hanya sebentar, paparan sinar matahari bisa menghasilkan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh. Kebutuhan harian vitamin D pun sudah bisa dicukupi. Selain matahari, ada sumber vitamin D lainnya yang bisa kamu konsumsi. Beberapa diantaranya berasal dari makanan seperti daging merah, salmon, tuna dan kuning telur.

Peran Penting Vitamin D Bagi Gigi dan Mulut

Vitamin D sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Apalagi mulut menjadi tempat yang nyaman bagi para kuman dan bakteri. Jika sistem kekebalan tubuh menurun, penyakit bisa menyerang tubuh dengan mudah. Oleh karena itu, vitamin D penting sekali untuk membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Agar beragam penyakit yang berhubungan dengan gigi dan mulut bisa dihindari. Di samping itu, vitamin D juga berfungsi untuk membentuk senyawa kalsitriol untuk menyerap kalsium yang berasal dari makanan.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, kamu perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Menyikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi berflouride
  2. Membersihkan gigi dengan benang gigi (dental floss) minimal satu kali sehari
  3. Kurangi konsumsi makanan manis
  4. Menggunakan obat kumur

Apabila Sahabat Audy ingin check-up ke dokter gigi, kamu bisa datang langsung ke klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu. Di Audy Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh dokter gigi yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.

Yuk, segera berkunjung ke klinik Audy Dental sekarang!