Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum dan Sesudah Cabut Gigi

Ketika gigi bermasalah dan tidak bisa dipertahankan, pilihan terakhir yang bisa dilakukan adalah mencabutnya. Rasanya memang menakutkan, tapi operasi cabut gigi termasuk proses yang cukup singkat dan sederhana. Meskipun terbilang sederhana, operasi cabut gigi perlu perencanaan yang tepat. Apabila tidak direncanakan dengan tepat bisa membuat proses pemulihan lebih lambat dan masalah gigi pun bisa lebih parah.

Operasi pencabutan gigi biasanya disebabkan oleh berbagai masalah. Beberapa diantaranya seperti adanya penyakit gusi, infeksi gigi, cedera gigi, komplikasi gigi bungsu, gigi yang mati atau busuk, gigi berlubang dengan kondisi yang sudah parah. Cabut gigi juga memiliki beberapa risiko yang perlu diperhatikan seperti di bawah ini:

1. Kemerahan maupun pembengkakan di area yang dibedah
  2. Demam disertai menggigil
  3. Pendarahan hingga lebih dari 1 jam

Untuk mencegah hal ini terjadi ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah operasi pencabutan gigi.

Persiapan Sebelum Pencabutan Gigi

Sebelum melakukan pencabutan gigi, prosedur yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan rontgen terlebih dulu. Tahap ini berguna untuk mengecek kelengkungan maupun sudut akar gigi. Selain itu, kamu juga perlu menginformasikan pada dokter terkait obat apa yang dikonsumsi setiap hari. Jika kamu memiliki kondisi medis seperti gangguan liver, hipertensi, diabetes, jantung, penyakit tiroid hingga gagal ginjal kronis perlu diinformasikan pada dokter. Sebelum melakukan pencabutan gigi, dokter perlu memastikan seluruh kondisi stabil.

Perawatan Pasca Pencabutan Gigi

Setelah melakukan operasi pencabutan gigi, pasien perlu mengganti kasa yang digunakan untuk menghentikan pendarahan. Selain itu, pasien juga disarankan untuk minum obat pereda nyeri. Pasien juga boleh mengompres dengan es area yang mengalami pembengkakan. Jangan lupa untuk tetap rutin menjaga kebersihan gigi pasca pencabutan dengan menggosok gigi dan usahakan agar cukup istirahat minimal selama 24 jam.

Setelah melakukan pencabutan gigi, sebaiknya pasien tidak mengkonsumsi makanan asam, pedas/panas, ataupun keras yang bisa membuat gusi iritasi. Konsumsi makanan lembut seperti sup, jelly, bubur, oatmeal maupun puding. Konsumsi juga minuman seperti jus, smoothies dan protein shake karena ini memiliki gizi yang tinggi. Jangan gunakan sedotan saat minum karena bisa menyebabkan dry socket. Ini bisa menimbulkan komplikasi.

Apabila Sahabat Audy ingin melakukan operasi pencabutan gigi, kamu bisa datang langsung ke klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu. Di Audy Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh dokter gigi yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.