Mengenal Jenis dan Harga Gigi Palsu, Pilihan yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Anggaran

Mengenal Jenis dan Harga Gigi Palsu,

Bagi Sahabat AUDY yang giginya sudah mulai lepas dan ompong, pemasangan gigi palsu bisa jadi solusi terbaik untuk membantu memaksimalkan aktivitas dalam mulut. Harga gigi palsu berbeda-beda tergantung jenisnya sesuai bahan atau materialnya.

Pada dasarnya gigi palsu tidak hanya sebagai penunjang penampilan saja, tetapi memiliki fungsi mengganti gigi yang hilang dan mencegah munculnya masalah gigi lainnya.

Berikut ini kami sudah merangkum untuk memberikan penjelasan tentang jenis gigi palsu beserta harganya.

Jenis-Jenis Gigi Palsu

Gigi palsu atau yang dikenal juga dengan istilah gigi tiruan merupakan solusi bagi banyak orang yang kehilangan gigi secara permanen. Kehilangan gigi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penyakit gusi, kecelakaan, atau proses penuaan.

Oleh karena itu, gigi palsu dibuat sesuai dengan kebutuhan pasien. Di bawah ini ada beberapa jenis gigi palsu yang harus Sahabat AUDY ketahui.

1. Gigi Palsu Tetap (Fixed Dentures)

Gigi palsu tetap, atau disebut juga dengan jembatan atau mahkota, adalah jenis gigi palsu permanen yang melekat pada gigi asli atau implan. Proses pemasangannya melibatkan pemotongan gigi yang masih ada untuk memberikan tempat bagi jembatan atau mahkota baru.

Meskipun prosesnya lebih invasif, gigi palsu tetap memberikan kestabilan dan fungsionalitas yang tinggi. Namun, mereka juga cenderung lebih mahal.

2. Gigi Palsu Cekat (Removable Dentures)

Gigi palsu cekat adalah opsi yang dapat dilepas dan dipasang kembali. Mereka terdiri dari basis akrilik yang menempel pada gusi dan gigi palsu yang terbuat dari bahan yang mirip dengan gigi asli.

Gigi palsu cekat lebih ekonomis dan memungkinkan pemakainya untuk membersihkannya dengan mudah. Namun, mungkin tidak sekokoh gigi palsu tetap dan perlu penyesuaian lebih sering.

3. Gigi Palsu Fleksibel (Flexible Dentures)

Gigi palsu fleksibel adalah inovasi terbaru, terbuat dari bahan yang lentur dan nyaman, sehingga dapat menyesuaikan bentuk dan gerakan mulut dengan lebih baik.

Gigi palsu ini biasanya lebih ringan dan sangat nyaman digunakan seperti gigi palsu konvensional. Meskipun harga gigi palsu ini relatif mahal, banyak orang memilihnya karena kenyamanan dan penampilannya yang lebih alami.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Gigi Palsu

Jika Sahabat AUDY berniat untuk memasang gigi palsu, ada baiknya Sahabat AUDY mengetahui dan memahami harga dari gigi palsu yang diinginkan. Sementara untuk harganya bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini.

1. Bahan Baku

Bahan baku yang digunakan untuk membuat gigi palsu memiliki dampak langsung pada harganya. Gigi palsu yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi cenderung lebih mahal. Gigi palsu keramik atau porselen, misalnya, cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bahan akrilik.

2. Proses Pembuatan

Proses pembuatan juga mempengaruhi harga dari gigi palsunya. Gigi palsu tetap, yang melibatkan pengerjaan lebih rumit dan canggih, umumnya lebih mahal daripada gigi palsu cekat. Proses ini melibatkan pencetakan, pewarnaan, dan penyesuaian untuk mencapai tampilan yang sebaik mungkin.

3. Tingkat Kustomisasi

Tingkat kustomisasi gigi palsu juga dapat mempengaruhi harganya. Gigi palsu yang dirancang khusus agar cocok dengan bentuk dan warna gigi asli seseorang mungkin butuh upaya serta keterampilan tambahan, yang bisa mempengaruhi biaya akhir.

4. Tempat Pembuatan dan Pemasangan

Tempat pembuatan dan pemasangan gigi palsu juga berdampak pada harga akhirnya. Di tempat-tempat dengan biaya hidup tinggi atau di fasilitas medis yang memiliki reputasi baik, harga gigi palsu cenderung lebih tinggi.