Blog Detail

dokter gigi anak

Dear Parents, Ketahui Beberapa Hal Berikut Ini Saat Berkunjung Ke Dokter Gigi Anak

Halo, Sahabat Audy!

Buat anda yang berstatus sebagai orang tua, ada baiknya mulai memahami dan memerhatikan keadaan dan kesehatan gigi si kecil ya. Meskipun belum ada permasalahan serius seperti layaknya keadaan gigi orang dewasa, Sahabat Audy juga mesti mencegah itu semua terjadi agar tidak lebih buruk ketika si kecil dalam fase tumbuh dan berkembang.

Selain mengajaknya untuk perlahan-lahan bertanggung jawab atas kesehatan dan kebersihan gigi si kecil, pastinya anda juga mesti menyiapkan kebutuhan terkait perawatan giginya. Apakah Sahabat Audy sudah merencanakan untuk rutin mengunjungi dokter gigi anak? Ada baiknya anda mengetahui beberapa hal sebelum memulai pertemuan dengan dokter gigi anak. Simak ulasannya berikut ini ya!

Pilih dokter gigi anak yang tepat dan pahami cara kerjanya

Sahabat Audy, sebelum memeriksakan si kecil, ada baiknya anda memilih dokter gigi yang memiliki spesialisasi pada kedokteran gigi anak (SpKGA). Keahlian yang dimiliki oleh seorang SpKGA adalah menangani seluruh masalah kesehatan gigi anak, mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan gigi – gigi mereka, membantu mereka menghindari masalah kesehatan gigi di masa yang akan datang dengan pendekatan sesuai psikologis anak, sehingga anak tidak akan mengalami trauma untuk pergi ke dokter gigi.

Pilihlah dokter gigi yang terpercaya dan sudah berpengalaman, baik dari rumah sakit maupun klinik gigi seperti Audy Dental. Lalu, mulailah rencanakan appointment untuk nantinya bisa berkonsultasi langsung. Sahabat Audy bisa mengajak langsung si kecil karena klinik pemeriksaan gigi anak tentunya menyesuaikan dengan ambience anak-anak sehingga tidak perlu khawatir si kecil akan rewel.

Kapan baiknya melakukan kunjungan pertama?

Sahabat Audy, melakukan kunjungan anak ke dokter gigi sebaiknya dimulai pada umur 6 bulan semenjak gigi pertamanya tumbuh dan sebelum ulang tahun pertamanya. Bagi anak – anak terlebih pada umur balita, mengunjungi dokter gigi untuk pertama kalinya bisa jadi hal yang menakutkan. Walaupun anak belum sepenuhnya mengerti, alat – alat yang terlihat aneh hingga suara alat yang nyaring bisa menimbulkan ketakutan tersendiri. Namun, orang tua perlu menanamkan pada anak bahwa pergi ke dokter gigi merupakan hal yang sangat bermanfaat dan bisa menjadi menyenangkan.

Kunjungan pertama ke dokter gigi anak biasanya singkat dan dokter hanya melakukan beberapa perawatan ringan. Kunjungan ini memberikan anak Sahabat Audy kesempatan bertemu dengan dokter gigi dengan cara yang menyenangkan. Sebagian dokter gigi biasanya mempersilakan orang tua untuk duduk di ruang perawatan dan menemani anaknya selama proses berlangsung. Sebagian lainnya justru meminta orang tua untuk menunggu di luar ruangan selama masa perawatan agar hubungan antara anak dan dokter gigi dapat terbangun secara lebih dekat.

Audy Kids perawatan gigi anak

Setelahnya, lakukanlah kunjungan rutin

Setelah terbiasa pada kunjungan pertama, Sahabat Audy nantinya disarankan untuk melakukan kunjungan secara berkala untuk mengantisipasi banyak hal yang terjadi pada perkembangan gigi anak. Selama pemeriksaan gigi si kecil, dokter gigi anak akan mengecek beberapa bagian detail seperti berikut, diantaranya:

  1. Memeriksa pertumbuhan dan perkembangan gigi anak, dari mulai area rahang dan langit-langit mulut
  2. Memeriksa apakah ada cedera pada mulut, gigi berlubang, atau masalah pada area mulut lainnya.
  3. Membersihkan gigi si kecil
  4. Mengedukasi orang tua tentang cara merawat gigi anak.

Nah, terkhusus Sahabat Audy sebagai orang tua, maka dokter gigi anak akan memberikan edukasi sebagai berikut:

  • Mempraktikkan kebersihan mulut yang baik untuk gigi dan gusi dan rongga gigi anak.
  • Mengawasi kebiasaan si kecil yang berhubungan dengan mulut misalnya mengisap jempol dan mengisap atau menggigit bibir.
  • Memperhatikan kondisi tumbuh gigi pada anak.
  • Memberikan nutrisi yang tepat untuk kesehatan gigi anak.
  • Rutin menjadwalkan pemeriksaan gigi si kecil. Biasanya dokter menganjurkan untuk datang setiap 6 bulan sekali. Hal ini selain dilakukan untuk memantau perkembangan gigi juga dimaksudkan untuk membangun kedekatan dan kepercayaan anak terhadap dokter gigi.

Nah, begitulah Sahabat Audy!

Jika anda ingin memeriksakan kondisi kesehatan gigi si buah hati atau bertanya terkait seputar perawatan gigi anak, anda dapat langsung berkunjung ke cabang klinik Audy Dental terdekat di kota Anda, yang sudah memiliki dokter gigi spesialis anak dan tentunya fasilitas yang juga ramah anak.

Ayo, segera periksakan gigi si buah hati, Sahabat Audy!

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.