Blog Detail

behel gigi

Jangan asal melakukan pemasangan kawat gigi

Jangan asal melakukan pemasangan kawat gigi

 

Memasang behel memang harus siap merogoh kocek karena harga pemasangan kawat gigi berkisar dari jutaan rupiah hingga belasan juta rupiah, belum termasuk biaya kontrol bulanan. Untuk mengakalinya, banyak orang yang memakai behel karena kebutuhan atau sekadar ikut tren pergi ke tukang gigi atau sembarang dokter gigi dengan alasan daftar harga kawat gigi yang jauh lebih murah. Padahal, tidak semua dokter gigi—apalagi tukang gigi—bisa memasangkan behel dengan benar. Dokter khusus yang dapat melakukannya adalah dokter gigi spesialis orthodonti (Drg Sp Ort) atau orthodontis. Jika tidak ditangani oleh profesional di bidangnya, pasang kawat gigi ini tak cuma hasilnya tetap tidak rapi tetapi yang terburuk juga bisa menyebabkan infeksi.

Berbeda dengan dokter gigi umum, orthodontis mempelajari pertumbuhan serta perkembangan tulang rahang dan wajah yang dapat memengaruhi posisi gigi. Kedokteran gigi terbagi menjadi beberapa bagian. Konservasi gigi, misalnya, fokus menangani masalah penambalan gigi, perawatan saluran akar gigi, dan perawatan lainnya untuk mempertahankan gigi. Ada pula pedodonti, pendidikan untuk spesialis gigi anak. Setiap bagian memiliki kompetensi masing-masing. Ketika seorang spesialis mengerjakan perawatan di luar spesialisasinya, sebetulnya ia tak memiliki kompetensi dibidangnya.

Jika pemasangan kawat gigi dikerjakan bukan oleh orthodontis maka bisa saja ada prosedur yang terlewat. Contoh yang dapat terlewat adalah prosedur foto ekstra dan intra oral atau rontgen sebelum perawatan. Atau, kasus lainnya ketika dokter tersebut melakukan prosedur rontgen lengkap namun tidak menjadikannya sebagai acuan perawatan kawat gigi. Pemasangan kawat gigi membutuhkan keahlian khusus dan harus dilakukan oleh dokter spesialis orthodonti. Sebab, ada teknik dan prosedur yang harus dipenuhi dalam proses perawatan. Pemasangan kawat gigi yang asal-asalan, alih-alih membuat gigi menjadi rapi, malah bisa menyebabkan susunan gigi yang tidak karuan.

behel gigi 1

Nah, jadi untuk kamu yang berminat untuk melakukan pemasangan kawat gigi, jangan sembarangan dan tergoda dengan daftar harga kawat gigi yang murah ya, salah-salah bisa berbahaya dan malah menimbulkan penyakit baru untuk kesehatan gigi dan mulutmu. Langsung saja datang ke dokter orthodonti terdekat dan terpecaya seperti di Audy Dental yang memiliki harga kawat gigi yang terjangkau dan pastinya ditangani oleh ahlinya!

 

Baca juga:

Manfaat dan Biaya Veneer Gigi

Tips Merawat Behel Gigi

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.